Penyebab Pompa Air Tidak Mengeluarkan Air


Penyebab Pompa Air Tidak Mengeluarkan Air

Penyebab pompa air tidak mengeluarkan air kerap terjadi baik disadari atau tidak mengenai penyebabnya. Secara umum bangunan pasti membutuhkan pompa air untuk digunakan baik itu hotel, rumah dan jenis bangunan lainnya.


Tanpa adanya pompa air maka kebutuhan air di suatu bangunan tidak bisa terpenuhi. Hal tersebut sangat merugikan karena air adalah sumber kehidupan, dengan bantuan mesin maka kebutuhan untuk mendapatkan air jauh lebih mudah.


Penyebab Pompa Air Tidak Mengeluarkan Air Secara Normal


Pompa air kerap bermasalah tidak bisa mengeluarkan air atau volume air yang keluar hanya sedikit. Permasalahan ini sangat mengganggu dan tidak bisa didiamkan dalam jangka lama. Pasalnya air sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa tergantikan.


Berikut deretan penyebab pompa air tidak mengeluarkan air atau volume airnya kecil:


1. Volume Airnya Berkurang

Hal yang harus disadari dan di cek terlebih dahulu adalah apakah volume airnya masih tersedia atau tidak. Terlebih di musim kemarau cobalah untuk mengecek kondisi air di dalam sumur, karena jika tidak ada air didalamnya atau surut pasti pompa tidak bisa mengeluarkan air atau hanya sedikit yang keluar sesuai volumenya.


Solusi terbaik jika kondisi airnya masih namun pipa tidak bisa menjangkau, maka perpanjang pipa hisap supaya lebih dekat dengan sumber air. Semakin menyentuh air maka akan semakin mudah pipa dan mesin pompa menarik air.


2. Tusen Klep Tidak Berfungsi

Untuk mengetahui apakah tusen klep bermasalah atau tidak coba dengan memancing menggunakan air. Fungsi tusen klep yakin mencegah air supaya tidak masuk lagi ke sumber airnya sehingga tidak ada udara di dalam mesin pompa hingga bisa menyedot dengan mudah.


Coba periksa kembali jika air tidak mengalir apakah di dalam tusen ada batu atau ganjalan lainnya. Ganjalan dari benda padat seperti batu ini bisa membuat tusen klep tertutup dan pompa berhenti mengeluarkan air.


3. Pipa Hisap Bocor

Untuk mengetahui apakah masalah ada di pipa hisap atau tidak maka coba untuk melepaskan pipa hisap pada pompa air. Tes dengan meniup pompa hisap tersebut akankah keluar atau tidak udara yang bisa dirasakan.


Jika ada udara yang keluar maka dipastikan jika pipa hisapnya bocor. Cari sumber kebocoran dan tutup memakai karet jika ada. Penyebab pompa air tidak mengeluarkan air satu ini sangat sering terjadi.


4. Seal Pompa Air Bermasalah

Selanjutnya bisa juga masalah di bagian seal pompa air dan permasalahan ini cukup sering terjadi. Ciri dari permasalahan bagian seal ini yakni adanya air yang keluar melalui bagian leher di pompa air yang letaknya ada di bagian penghubung antara Dinamo motor listrik pompa dan Impeller.


Jika pada bagian tersebut ada air yang menetes maka dipastikan jika kerusakan ada di bagian ini. Untuk mengatasinya buka bagian seal yang letaknya dalam kepala pompa air sehingga ketika ingin membukanya pertama kali harus membuka impellernya dulu lalu pengunci spi, lalu sealnya.


Itulah sekumpulan penyebab pompa air tidak mengeluarkan air. Jika ingin mencari salah satu toko terbaik penyedia mesin pompa bisa dilihat di http://indahjaya.com . Indah Jaya menyediakan lengkap pompa air yang juga memberi kualitas terbaik dengan harga kompetitif.