Inilah Beragam Penyebab Pompa Celup Mengalami Korosi yang Wajib Dihindari



Korosi atau karat, adalah kerusakan atau kehancuran material akibat adanya reaksi kimia di sekitar lingkungannya. Secara umum, korosi bisa dibedakan menjadi beberapa korosi, seperti ada korosi basah dan juga korosi kering. Korosi sendiri sebenarnya disebabkan adanya faktor kimia fisika, metalurgi, elektrokimia dan termodinamika, tetapi paling umum dan diketahui banyak orang, korosi atau karat timbul karena dekat dengan lingkungan kotor.


Material apapun, alat atau mesin pastinya bisa terkena korosi atau karat, dimana salah satunya pompa air yang memang cenderung dekat dengan air. Jika pompa air cenderung mudah terkena karat, maka itu juga berlaku dengan pompa celup yang bahkan bisa dicelup dalam air atau tanah. Tentunya jangan sampai pompa celup mengalami korosi karena dampaknya bisa merusakan pompa. Oleh karena itu anda perlu memahami penyebab korosi pada pompa celup yang ada di bawah ini!


Inilah Beragam Penyebab Pompa Celup Mengalami Korosi yang Wajib Dihindari

  • Pompa celup melakukan kontak langsung dengan oksigen dan air. Nah korosi pada pompa celup dapat terjadi apabila terdapat oksigen dan air pada sekitar lingkungan pompa celup ditaruh. Nah semakin banyak jumlah oksigen dan air yang kontak dengan komponen pompa celup, maka korosi atau karat akan semakin cepat terjadi pada pompa celup.

  • Bukan hanya oksigen atau air yang tidak berwujud, kotoran atau debu pun memang faktor yang umum bisa menyebabkan karat pada suatu benda. Semakin banyak zat kotor yang menumpuk pada mesin pompa celup, maka semakin cepat juga pompa celup mengalami korosi atau karat.

  • Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pompa celup bisa terkena korosi apabila pompa celup dekat dengan keberadaan zat kimia fisika, metalurgi, elektrokimia dan termodinamika.

  • Pompa celup yang terkena langsung dengan panas matahari, pada dasarnya akan membuat suhu pompa celup mudah memanas. Nah panas sendiri tentunya bisa memungkinkan memunculkan korosi atau karat pada pompa celup. Maka dari itu, pastikan pompa celup tidak terlalu ditaruh di tempat terbuka di bawah sinar matahari.

  • Adanya larutan pH asam yang dekat dengan pompa celup bisa juga menyebabkan pompa celup mengalami karat. Perlu anda ketahui, larutan asam atau yang memiliki pH lebih kecil dari 7 mampu membuat korosi lebih cepat terjadi dibandingkan larutan yang tidak asam.

  • Adanya mikroba pada mesin pompa celup. Poin ini sebenarnya memang mengacu pada peletakan pompa celup yang benar, karena pompa celup yang tidak diletakan pada tempat yang tidak sesuai, bisa saja membuat pompa celup mengalami karat. Itu karena tempat yang kotor, tentunya pastinya bisa mengandung mikroba seperti hiobacillus thiooxodans dan Thioobacillus ferroxidans yang dapat menyebabkan korosi atau karat pada pompa celup.

  • Komponen atau part pompa celup yang terbuat dari bahan campuran, sehingga pada part yang terkena korosi, maka lama kelamaan korosi tersebut dapat menyebar pada seluruh mesin pompa celup.


Itulah beragam penyebab pompa celup mengalami korosi. Nah saran dari kami, penting sekali anda tidak menaruh pompa celup yang dekat dengan limbah kotor, atau jangan dekat juga dengan laut atau terkena air laut. Untuk pencegahannya agar pompa celup tidak korosi atau mudah korosi, anda bisa menyemprotkan cairan khusus yang dapat merawat komponen pompa celup jauh dari korosi.


Sekian dari kami, kiranya anda semua dapat waspada terhadap penyebab korosi pada pompa celup, karena korosi jelas akan merusak komponen-komponen pada pompa celup. Bilamana anda ingin memiliki pompa celup terbaik, berkualitas, dan awet serta tahan lama, maka Tsurumi adalah rekomendasinya. Mengenai pompa celup Tsurumi, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.