Beberapa Penyebab Pompa Celup Sering Rusak yang Wajib Diwaspadai



Pompa celup air atau bisa disebut juga sebagai submersible pump, adalah pompa yang sangat memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pompa air lain, seperti jet pump atau sebagainya. Dan submersible pump atau pompa celup sendiri, adalah jenis pompa yang dapat mendorong sumber air ke permukaan, hal itu karena adanya perangkat Impeller yang memutar di dalam casing.


Namun meski begitu, layaknya pompa-pompa air pada umumnya, pompa celup juga cenderung bisa sering rusak. Nah kerusakan tersebut sebenarnya bisa karena faktor pompa, atau bisa juga kebanyakan dari faktor luar pompa. Dan untuk mengetahui penyebab-penyebab yang bisa membuat pompa celup cepat rusak, maka anda bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Inilah Penyebab yang Bisa Bikin Pompa Celup Sering Rusak dan Wajib Diwaspadai

Berikut adalah penyebab yang bisa bikin pompa celup anda cepat rusak, yang dimana penyebab tersebut kurang lebih sama dengan pompa air pada umumnya.

  • Masalah instalasi bisa membuat pompa anda cepat rusak, hal itu karena Instalasi pompa tidak boleh sembarangan, dan harus benar-benar diperhatikan agar nantinya tidak terjadi kebocoran. Biasanya pemasangan pipa yang tidak kencang juga adalah sumber penyebab utama kebocoran pada pompa celup, baik dibongkar atau dipasang bodi dari pompa celup.

  • Pipa yang bocor juga bisa membuat pompa celup anda mudah rusak, hal itu karena bisa berdampak pada pompa yang sering menyala sendiri padahal tidak ada air yang mengalir, dan jelas jika dibiarkan itu akan merusak pompa anda.

  • Tegangan yang naik dan turun, baik dari pemadaman listrik atau konslet. Nah jika terjadi demikian, maka jelas sekali bisa membuat dinamo pada pompa celup anda rusak, yang mana itu bisa menjalar ke kerusakan yang lainnya.

  • Kabel-kabel pada putus, baik itu kabel power atau yang lainnya. Bisa karena tekanan yang kuat, atau sambungan yang terlalu kendor sehingga membuat gesekan pada kabel. Nah cobalah periksa kabel-kabel pada pompa celup anda, dan pastikan kulit dan sebagainya masih aman dan tidak terkelupas, karena jika tidak begitu maka akan terjadi konsleting yang bisa menyebabkan pompa celup yang semakin rusak.

  • Kapasitor juga perlu diperhatikan, dan apabila itu rusak maka jika dibiarkan maka akan membuat pompa anda mati total karena dinamonya yang tidak bekerja. Jadi perbaiki, atau bisa saja ganti dengan yang baru.

  • Lingkungan yang kotor. Meskipun pompa celup berada di dalam air atau terpendam, tetapi anda perlu merawatnya agar endapan kotoran tidak menumpuk pada pipa pompa celup atau filternya, sehingga tekanan yang diberikan tidak terlalu besar dari pompa celup anda.

Nah jadi itulah beberapa penyebab yang cukup umum terjadi pada pompa celup, sehingga bisa membuatnya rusak parah. Dan jika anda sudah tahu penyebabnya, maka tentunya anda tidak perlu ragu untuk mempunyai pompa celup. Dan rekomendasi pompa celup terbaik untuk anda adalah pompa celup merk Tsurumi, karena itu berkualitas dan juga terpercaya serta berpengalaman. Dan bagi anda yang memang ingin memiliki pompa celup Tsurumi, maka anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel bermanfaat pada kesempatan kali ini, yaitu mengenai penyebab yang bisa menyebabkan pompa celup menjadi sering rusak. Semoga anda pahami dan mengerti, dan juga bagikan kepada yang lainnya melalui media yang ada, agar mereka juga bisa dapat manfaat pengetahuan dari artikel ini.