Inilah Penyebab Selang Menjadi Bau dan Menjadi Tidak Awet



Selang merupakan salah satu komponen yang secara tidak langsung akan membawa cairan berupa air atau sebagainya pada suatu permukaan tertentu, dan biasanya selang merupakan komponen pelengkap bagi pompa, keran, ataupun sebagainya yang ada. Tentunya selain daripada selang pada septic tank, biasanya selang-selang yang digunakan akan mengeluarkan bau tidak sedap, padahal tidak bersangkutan langsung dengan kotoran.


Nah apa saja yang menyebabkan selang mengeluarkan bau, tentunya itu beragam, dan pastinya selang berbau secara tidak langsung akan menunjukan bahwa selang tersebut akan menjadi tidak awet. Maka dari itu agar selang tidak berbau, anda perlu tahu beberapa penyebabnya, yang mana penyebabnya bisa anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Inilah Beberapa Penyebab yang Bisa Membuat Selang Anda Menjadi Bau dan Tidak Awet

Berikut adalah penyebabnya selang bisa menjadi bau dan tidak awet, dan beberapa penyebab yang akan kami jelaskan bisa anda waspadai agar tidak mengenai selang yang anda punya.

  • Selang jarang dibersihkan atau dirawat. Meskipun selang tidak menyedot bahan-bahan kotoran, tetapi kemungkinan ada saja lumut pada selang, hal itu biasanya terjadi karena selang sudah berusia lama dan terus terkena air tanpa henti. Maka dari itu, anda perlu bersihkan rutin selang yang anda punya, agar lumut tidak membuat bau atau mampet pada selang, yang mana bisa menyebabkan selang menjadi tidak awet.

  • Selang bocor juga bisa berdampak pada bau, yang mana jelas pada lubang bocor tersebut maka akan ada kemungkinan kotoran ataupun serangga masuk. Dan selanjutnya jelas akan bisa membuat kotoran tersebut menumpuk, sehingga membuat bau dan selang menjadi tidak awet.

  • Selang yang berhubungan dengan filter, jelas bisa membuat bau pada selang. Maka dari itu, coba perhatikan apakah filter anda yang berhubungan dengan selang ada kotoran mampet atau tidak. Jika ada, maka segera bersihkan agar selang nantinya tidak rusak, dan bisa awet dan tahan lama, dan yang lebih penting tidak berbau.

  • Meski tidak digunakan secara langsung pada cairan kotor, tetapi jika selang berada pada lingkungan kotor, maka hal itu juga yang menjadi alasan mengapa selang menjadi bau. Oleh karena itu, perhatikan tempat selang anda berada, yang mana jangan sampai bersentuhan langsung dengan kotoran atau limbah.

  • Selang anda sudah melar, terutama selang karet atau selang industri. Nah selang yang sudah melar bisa anda atasi dengan beberapa cara, hal itu agar longgar pada selang tidak kemasukan kotoran yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

  • Selang yang secara tidak langsung pernah digunakan untuk menyedot limbah dan kotoran. Mungkin anda tidak tahu, tetapi kemungkinan bisa saja ada orang yang meminjam selang anda untuk hal itu. Namun meski sudah dibersihkan, kotoran kemungkinan masih saja tersisa, sehingga bau tetap datang pada selang tersebut.

  • Tempat menaruh selang berada dalam ruangan atau tempat yang bau, karena walaupun hanya udara, tetapi itu juga bisa mempengaruhi kondisi bau pada selang. Selain itu, selang yang dipenuhi dengan udara kotor dan berbahaya, bisa juga berpotensi membuat selang cepat rusak dan tidak awet atau tahan lama.

Jadi itulah penyebab selang bisa menjadi bau dan bahkan bisa menjadi tidak awet atau tahan lama. Selain penyebabnya, faktor pemilihan selang juga penting, karena bagi kami selang terbaik dan terpercaya adalah selang Toyox. Anda bisa memiliki selang Toyox ataupun mengetahui lebih lanjut mengenai selang Toyox, dengan hanya mengunjungi-nya di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat bagi anda, terutama bisa membuat anda semakin paham dan waspada pada penyebab yang bisa membuat selang menjadi bau. Anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, baik menggunakan media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.