top of page

Inilah Penyebab Selang Menjadi Mudah Bau yang Wajib Diketahui



Selang merupakan alat yang sangat berperan penting dalam mengaliri fluida ke tempat lain, baik tempat tinggi atau rendah dengan tekanan dari mesin pompa air. Nah selang pada umumnya adalah alat yang jarang rusak, karena selang hanya sebatas benda yang terbuat dari karet. Namun pada kenyataannya, selang bisa rusak dan tidak layak pakai, dimana tanda-tandanya seperti ada kerusakan fisik hingga adanya bau.


Selang yang menjadi bau bisa jadi memang dari fluida yang teraliri di dalam selang tersebut, tetapi ada juga penyebab lain yang mungkin Anda semua tidak ketahui. Nah jika selang Anda bau, maka ada baiknya Anda ketahui penyebab-penyebabnya. Maka dari itu baik Anda yang memiliki selang bau atau tidak, maka ketahuilah beberapa penyebab selang menjadi bau yang ada di artikel ini. Silahkan simak dan antisipasi penyebab-penyebabnya!


Inilah Penyebab Selang Menjadi Bau yang Wajib Diketahui dan Diantisipasi

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat selang menjadi bau, yang mana semuanya perlu Anda ketahui, hal itu penting agar nantinya Anda bisa waspada atau antisipasi agar selang berikutnya tidak lagi menjadi bau.

  • Selang bau bisa saja dari selang tersebut yang berhubungan dengan filter, Maka sebelum menyimpulkan selang bau dari faktor lain, maka coba Anda perhatikan apakah filter anda yang berhubungan dengan selang ada kotoran mampet atau tidak. Jika memang ada, maka Anda bisa atasi dengan cara membersihkan selang tersebut, yaitu dengan cara pembersihan yang memang tepat dan sesuai..

  • Kemudian selang bau bisa saja Anda yang memang tidak peka, dikarenakan memang selang berada di lingkungan kotor, sehingga tidak heran selang akan menjadi bau bahkan beberapa alat atau benda lain juga bisa menjadi bau. Untuk mengatasinya mudah, cuci selang dengan bersih sampai wangi, lalu jangan lagi taruh selang di tempat yang bau.

  • Selang yang menjadi mudah bau bisa saja dari masalah selang yang sudah melar, sehingga kotoran mudah masuk dalam selang dan lama-kelamaan menjadi bau bahkan bisa membawa bakteri penyakit. Nah Anda bisa atasi dengan beberapa cara, yang mana yang penting cara agar longgar pada selang tidak lagi membuat selang tersebut longgar.

  • Perhatikan kapan terakhir kali Anda beli selang atau membersihkannya. Itu penting agar menjadi perhitungan bagi Anda dalam merawat selang, seperti membersihkannya secara rutin dan berkala. Jadi jika selang Anda jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan atau dirawat, maka tidak heran jika selang tersebut menjadi bau atau mudah bau.

  • Selang bocor pun bisa menjadi penyebab selang menjadi bau, yang mana jelas pada lubang bocor di selang tersebut akan memicu adanya kemungkinan kotoran ataupun bakteri lainnya masuk. Sehingga dengan begitu maka dampaknya akan membuat selang tersebut menumpuk kotoran yang bisa memicu bau tidak sedap.

  • Kemudian yang mungkin Anda tidak sadar, selang bisa menjadi bau jika Anda taruh selang yang memang berada dalam ruangan atau tempat yang bau, karena walaupun hanya udara, tetapi itu juga bisa mempengaruhi kondisi bau pada selang. Lalu selang yang dipenuhi dengan udara kotor dan berbahaya pun, bisa membuat selang mudah bau dan diikuti dengan cepatnya rusak selang tersebut.


Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat selang mudah bau. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah jika selang Anda tak kunjung hilang baunya, maka rekomendasi kami adalah ganti selang Anda dengan yang terbaik dan berkualitas seperti selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa memiliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page