top of page

Simak Beragam Penyebab Voltase Genset Tidak Naik Beserta Solusinya



Voltase itu bisa juga dibilang sebagai tegangan listrik atau beda potensial, yaitu tegangan yang bekerja pada elemen atau komponen dari satu terminal/kutub ke terminal/kutub lainnya yang dapat menggerakkan muatan listrik. Nah voltase sendiri bisa ditemukan di hampir semua alat yang menggunakan listrik, yang mana Genset adalah salah satunya.


Sayangnya voltase pada Genset sering ditemukan mengalami beberapa masalah umum, contohnya saja seperti topik utama artikel ini, yaitu tentang masalah voltase Genset yang tidak naik. Oleh karena itu bagi anda yang memang mengalami masalah seperti itu, maka anda bisa menyimak artikel ini, hal itu karena selain kami jelaskan penyebabnya, kami juga akan sertakan solusinya.

Inilah Penyebab dan Solusi Voltase Genset Tidak Naik yang Perlu Anda Pelajari

Untuk mengetahui apakah voltase Genset tidak naik sebenarnya cukup mudah, yaitu anda hanya perlu perhatikan suara mesinnya. Apabila mesin dalam kondisi tidak stabil, maka jelas suara Genset akan terdengar naik-turun. Perlu anda ketahui, putaran mesin yang normal adalah 1500 rpm, jadi jika kecepatan putaran melebihi atau kurang dari angka tersebut maka mesin tersebut dalam kondisi tidak normal. Nah berikut ini adalah penyebab yang menyebabkan voltase Genset tidak normal atau tidak naik, begitu juga dengan solusinya:

Governor Genset Bermasalah

Governor adalah komponen pada Genset yang tugasnya mengatur aliran bahan bakar ke mesin Genset. Governor sendiri bekerja dengan merespon putaran mesin, jadi apabila ada putaran mesin yang lambat maka Governor akan membuka secara otomatis untuk melepaskan lebih banyak bahan bakar. Namun apabila putaran mesin terlalu cepat, maka Governor akan memperkecil aliran bahan bakar pada Genset. Kesimpulannya, terjadinya putaran mesin yang tidak stabil, maka pastinya itu ada pada Governor yang rusak dan itu akan berimbas ke tegangan Genset yang tidak naik.


Untuk mengatasi masalah ini, maka anda bisa memeriksa Governor pada Genset, lalu kondisikan dengan keadaan yang utuh dan telah diperbaiki. Namun bukan hanya Governor saja, rangkaian sistem penyalur bahan bakar MPU dan actuator valve pun harus anda pastikan dalam keadaan baik. Hal itu karena kestabilan putaran mesin sangat dipengaruhi dari kerja komponen-komponen tersebut. Ditambah lagi karena mereka bisa mengatur cepat putaran mesin dengan cara memperbesar atau memperkecil aliran bahan bakar secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Genset.

Generator Sedang Mengalami Masalah

Jika Generator pada Genset rusak, maka itu jelas akan membuat voltase Genset tidak naik. Nah hal itu karena memang Generator adalah bagian Genset yang memiliki peran penting, yaitu untuk mengubah energi mekanik dari mesin menjadi energi listrik. Jadi apabila terdapat bagian yang rusak atau bermasalah, maka hal itu akan sangat berpengaruh pada output tegangan listrik yang dihasilkan oleh Genset. Untuk penanganannya maka anda perlu memeriksa Generator, lalu pastikan dalam kondisi stabil dan baik.

Kabel-Kabel Pada Genset Ada yang Rusak atau Terputus

Tentunya bukan hanya alat atau mesin Genset saja, alat atau mesin lain yang menggunakan kabel pastinya juga akan mengalami masalah apabila ada kabel yang tidak tersambung atau putus. Nah maka dari itu jika anda merasakan bahwa Genset anda sedang mengalami masalah berupa voltase yang tidak naik, maka cobalah periksa setiap komponen sambungan kabel Genset anda. Pastikan semuanya tersambung dengan benar terutama di terminalnya, tetapi yang pasti pastikan tidak ada yang rusak atau terputus, karena hal itu jelas adalah penyebab voltase Genset tidak naik.

AVR Genset Bermasalah

Hal itu karena memang AVR pada Genset memiliki tugas penting, yaitu untuk mengatur tegangan Genset agar selalu stabil. Solusi dalam masalah ini, anda perlu melakukan pengaturan ulang pada AVR, hal itu agar tegangan bisa lebih stabil dan tidak naik-turun. Nah apabila pengaturan pada AVR sudah dilakukan dengan benar tetapi tegangan masih belum stabil, maka bisa jadi komponen tersebut sudah rusak dan anda harus melakukan penggantian AVR.


Itulah penyebab dan solusi voltase pada Genset yang tidak naik, semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dimana anda share melalui media yang ada dan tersedia. Bagi anda yang ingin memiliki Genset terbaik, maka kami sarankan Genset Tenka, yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page