top of page

Yuk Simak Peralatan Bengkel Dinamo yang Wajib Dimiliki Agar Selalu Menguntungkan



Tentunya Anda pasti sudah sering dengar nama dinamo. Dinamo atau istilah lainnya disebut sebagai generator, adalah sebuah mesin listrik yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Nah konsep kerja dari dinamo sendiri sama dengan generator lainnya, yaitu memutar kumparan di dalam medan magnet atau memutar magnet di dalam kumparan. Kemudian layaknya kendaraan, dinamo pun ada bengkelnya.


Dinamo memiliki bengkelnya sendiri, tetapi bengkelnya tersebut termasuk sebagai bengkel yang memang dikhususkan bagi perangkat elektronik atau kelistrikan. Jadi cukup berbeda dengan bengkel otomotif yang cenderung menggunakan alat perkakas berat. Meski begitu, bengkel untuk dinamo pun juga harus memiliki peralatan yang tepat, terutama peralatan yang selalu menguntungkan seperti peralatan yang ada di bawah ini!


Inilah Peralatan Untuk Bengkel Dinamo yang Wajib Dimiliki

Alat Gulung Dinamo

Dinamo akan selalu berkaitan dengan tembaga pada dinamo, terutama pada kegiatan menggulung dinamo. Nah jadi bagi Anda yang ingin menggulung dinamo, maka ada baiknya Anda atau bengkel dinamo menggunakan kincir yang ada pada alat gulung dinamo. Hal itu berguna untuk mempercepat proses gulung dinamo. Selain itu, alat ini bisa digunakan untuk ukur kumparan, agar nantinya pas dengan ukuran keren Stator.


Obeng

Beberapa part yang tersambung pada dinamo, umumnya akan terpasang suatu baut ataupun sekrup. Jadi ada baiknya bengkel dinamo memiliki obeng, baik itu plus dan minus, ataupun lainnya dengan berbagai ukuran serta jenisnya. Karena kegunaan utama obeng, adalah melepas serta memasang baut ataupun sekrup.


Tang

Tang adalah alat yang dapat mencapit segala sesuatu yang keras, yang mana dengan alat ini maka dapat mempermudah segala macam jenis pekerjaan yang berkaitan dengan dinamo. Tang pun bisa dipilih dan disesuaikan jenisnya pada pengerjaan yang ada di bengkel dinamo.


Solder

Perlu ada di bengkel dinamo, karena solder atau patri lunak adalah paduan logam yang mudah meleleh, yang mana ia bisa digunakan sebagai logam pengisi untuk menyambungkan dua material logam. Pada proses penyolderan, solder bisa dilelehkan atau dilebur agar dapat dibubuhkan pada sambungan yang akan terikat setelah solder mendingin dan memadat.


Pinset

Merupakan perkakas tangan yang dapat digunakan untuk menjepit benda terlalu kecil yang susah dipegang dan digenggam dengan jari manusia, yang mana itu akan cukup umum ditemukan di dinamo. Pinset sendiri akan berbentuk penjepit kecil yang umumnya digerakkan oleh ibu jari dan jari telunjuk.


Avo Meter

Avometer merupakan alat elektronik yang juga harus ada di bengkel dinamo, itu karena ia berfungsi untuk mengukur Ampere (arus), Volt (tegangan) dan juga bisa Ohm (tahanan). AVometer tentu sangat penting untuk dimiliki bagi bengkel dinamo. karena ia sangat berfungsi untuk memeriksa berbagai kerusakan pada dinamo atau alat kelistrikan lainnya.


Tespen

Berikutnya ada alat elektronik yang juga harus dimiliki bengkel dinamo, Tespen. Nah alat ini ternyata bisa sangat berfungsi untuk melepas baut min yang berukuran kecil, layaknya obeng min tetapi dengan ukuran lebih kecil.


Isolasi

Karena biasanya dinamo akan berkaitan dengan kabel atau kelistrikan lainnya, maka ada baiknya isolasi seperti selotip khusus dan sebagainya diperlukan. Itu karena ia bisa berguna dalam menutupi kupasan-kupasan kabel yang ada.


Cutter atau Gunting

Karena bengkel dinamo juga akan berkaitan dengan kabel ataupun tembaga yang harus dipotong dengan sesuai, maka cutter, gunting, atau pisau sebagainya sangat diperlukan ada di bengkel dinamo.


Tool Box

Nah agar rapi dan tidak berpotensi hilang atau rusak, maka ada baiknya perkakas untuk bengkel dinamo itu semuanya disimpan pada tempat yang sebenarnya. Tempat yang memang dianjurkan dalam menyimpan peralatan bengkel dinamo adalah tool box.


Itulah peralatan bengkel dinamo yang wajib dimiliki bagi para bengkel dinamo. Kiranya artikel ini jadi manfaat bagi Anda semua, serta bisa menambah wawasan Anda terkait dengan peralatan bengkel dinamo. Bilamana Anda tertarik dengan perkakas seperti untuk dinamo atau sebagainya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page