top of page

Yuk Simak Peralatan Bengkel Las yang Wajib Dimiliki Agar Selalu Menguntungkan



Apa itu las? Las adalah penyambungan antara besi dan sebagainya yang memang memiliki tekstur sama, yaitu dengan cara membakarnya. Dengan manfaatnya yang seperti itu, maka banyak orang yang memang ingin berusaha las, alias dengan membuka bengkel las yang memang disinyalir sebagai salah satu usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Tentunya, ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan sebelum membuka bengkel las.


Persiapan tersebut adalah tempat bengkel las, lalu juga pasti adalah pengetahuan mengenai tata cara mengelas yang benar, serta sebagainya yang berkaitan dengan teknik las. Namun yang tidak kalah penting, yaitu dengan mempunyai peralatan bengkel las, yang mana itu akan bisa membuat proses las akan menjadi benar dan berhasil. Nah peralatan bengkel las yang benar dan bisa menguntungkan, adalah peralatan yang seperti ada di bawah ini!


Inilah Peralatan Bengkel Las yang Wajib Dimiliki Karena Menguntungkan

Mesin Las Arus Bolak-Balik

Tentunya dalam mengelas harus memiliki mesin las sendiri, yang mana itu sering disebut dengan pesawat mesin las. Kegunaannya jelas dapat digunakan pada bermacam-macam pengelasan busur listrik manual. Nah terdapat 2 jenis mesin las, seperti salah satunya adalah mesin las arus bolak-balik. Mesin arus bolak-balik adalah mesin yang terdiri dari beberapa macam pesawat mesin las, yaitu ada transformator las, hingga ada pembangkit listrik motor diesel.


Mesin Las Searah

Merupakan salah satu mesin jenis mesin las, mesin atau pesawat las arus searah ini adalah mesin yang terdiri dari pesawat transformator pembangkit listrik motor diesel, rectifier, serta pesawat yang memang bisa digerakkan oleh motor listrik.


Kabel Las

Adalah alat untuk menghantar arus dari mesin pengelasan ke benda kerja dan sebaliknya. Kabel las sendiri terdiri dari Lead dengan lapisan karet, kain, dan penguat lapisan fabric holder elektroda atau Lead elektroda. Lead dari benda kerja ke mesin dikenal sebagai Lead benda kerja. Tegangan pada Lead bervariasi antara 14 dan 80 Volt. Kemudian lead memiliki beberapa ukuran, yang semakin kecil nomornya maka semakin besar diameter Lead.


Holder Electrode

Atau pemegang kawat las, adalah peralatan las busur yang bisa dipegang oleh welder ketika mengelas. Holder juga dapat digunakan untuk menahan elektroda logam atau karbon. Nah dengan handle pemegang yang terbuat dari bahan pelapis yang mempunyai tahanan panas tinggi dan tahanan listrik yang rendah, maka itu bisa untuk menyeimbangkan pegangan tangan. Perlu Anda ketahui, ada sejumlah metode yang digunakan untuk menjepit elektroda dalam holder yang salah satunya adalah konstruksi pincher dan pegas untuk menghasilkan tekanan, sehingga dengan begitu maka bisa diperoleh sambungan yang baik.


Sikat Kawat

Merupakan sikat yang bisa digunakan untuk membersihkan benda kerja yang akan dilas dan terak las yang sudah dilepas dari jalur las oleh pukulan palu las.


Klem Massa

Alat ini adalah alat untuk menghubungkan kabel masa ke benda kerja yang terbuat dari bahan yang menghantar dengan baik seperti tembaga. Sebuah klem masa dilengkapi dengan pegas yang kuat, yang mana itu dapat menjepit benda kerja dengan baik.


Penjepit

Layaknya penjepit pada umumnya, ia bisa digunakan untuk memegang atau memindahkan benda kerja yang masih panas setelah pengelasan.


Kawat Las

Alat ini adalah alat yang penting dan tentunya perlu disiapkan sesuai dengan metode las yang digunakan, seperti pada bahan sambungannya. Nah kawat las sendiri memiliki berbagai macam bahan dan ukuran, jadi jika terjadi kesalahan pemilihan kawat las, maka itu dapat menyebabkan cacat las. Sehingga alat ini harus tepat dipilih karena bisa membawa keuntungan tetapi bisa membawa kerugian jika salah memilih.


Nah sekian artikel dari kami mengenai peralatan bengkel las yang perlu dimiliki oleh bengkel las. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Nah jika Anda menginginkan peralatan las untuk bengkel atau mungkin untuk lainnya, maka perkakas terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page