top of page

Peran Crane and Hoist dalam Konstruksi Gedung: Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya



Kontruksi merupakan suatu kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana, yang mana konstruksi juga dapat diartikan sebagai bangunan maupun satuan infrastruktur dalam satu atau beberapa area. Dalam pembangunannya, konstruksi membutuhkan proses yang panjang, begitu juga dengan beberapa peralatan yang tepat untuk konstruksi, seperti perkakas, bahan bangunan, serta peralatan pendukung lainnya seperti crane dan hoist.


Crane dan hoist memang sudah dikenal banyak orang sebagai alat yang bisa mengangkut benda berat dan banyak, sehingga perannya tersebut membuatnya sangat layak digunakan di konstruksi bangunan. Peran crane and hoist memang sangat terbaik dalam konstruksi gedung, yang mana itu dari beberapa jenisnya yang ada dengan fungsi serta manfaatnya sendiri. Untuk semakin mengenal crane dan hoist dan perannya di konstruksi gedung, maka simak artikel ini!


Mengenal Crane and Hoist dalam Konstruksi Gedung yang Sangat Bermanfaat

Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktur, yang mana struktur tersebut akan dibangun secara kesatuan sehingga menjadikan suatu tempat layaknya gedung. Dalam menjadikan itu, maka alat yang dibutuhkan adalah crane dan hoist khusus untuk konstruksi gedung, dikarenakan crane hoist dapat mengangkut benda atau material bangunan gedung dari bawah ke tempat yang lebih tinggi, sehingga dengan begitu maka pekerjaan konstruksi bangunan pun bisa berjalan lebih lancar, cepat, dan tidak memakan begitu banyak tenaga.


Inilah Jenis dan Fungsi serta Manfaat dari Crane and Hoist dalam Konstruksi Gedung

Berikut adalah beberapa crane and hoist yang sangat berperan penting dalam konstruksi gedung:


Tower Crane

Karena umumnya konstruksi gedung itu adalah konstruksi yang tinggi, maka crane yang dibutuhkan pun juga harus tinggi. Nah crane hoist yang tepat dalam berperan penting di konstruksi gedung adalah tower crane. Crane hoist ini merupakan crane yang pertama kali dikembangkan di Eropa dan digunakan untuk membangun gedung-gedung tinggi hingga pencakar langit.


Nah crane ini memiliki tinggi dari tower crane yang bisa mencapai 80 meter lebih, sementara bobotnya pun bisa mencapai 20 ton. Saat digunakan, tower crane akan dipasang secara permanen di tanah. Kemudian crane jenis ini biasanya akan ditanam pada lapisan semen super keras yang berfungsi sebagai pondasi dan jangkar untuk menahan bobot crane tersebut yang memang berat.


Mobile Crane

Ciri dari crane ini adalah bentuknya yang biasanya terpasang di atas kendaraan berat. Tujuannya agar crane hoist tersebut bisa dipindahkan dengan mudah. Nah untuk kendaraan yang dipakai pun mayoritasnya adalah truk dengan bak yang lebar. Tipe crane hoist yang dipakai adalah teleskopik, artinya bagian tiang crane menggunakan teknologi hidrolik dan bisa memanjang atau memendek, sesuai dengan ketinggian yang dibutuhkan yang memang ada di konstruksi gedung.


Rough Terrain Crane

Berbeda dengan mobile crane, crane hoist ini dipasang pada truk khusus dengan ban karet raksasa bergerigi, yang mana itu memang dirancang untuk operasi di jalan-jalan bermedan berat. Nah untuk cadik atau dayung penahan dari crane ini akan memanjang secara vertikal dan juga horizontal, yaitu agar bisa terus stabil saat dipakai di medan berat. Uniknya, pada mesin ini, crane hoist pun biasanya dipasang di bawah mobil bukannya di bagian atas.


Crawler Crane

Berikutnya ada crane hoist crawler yang bisa digunakan atau berperan penting di konstruksi bangunan. Crawler crane sejatinya adalah crane mobile yang memang tidak memerlukan cadik penahan untuk mempertahankan stabilitasnya. Alasannya karena crane hoist jenis ini menggunakan rangka khusus dan juga memakai roda dari besi dengan bantalan lebar atau jamak yang disebut sebagai continuous-track, yakni tipe roda yang juga dipakai untuk tank.


Jadi itulah peran crane and hoist dalam konstruksi bangunan gedung, baik fungsi, manfaat, hingga jenisnya. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki crane dan hoist, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai produk Elephant Hoist and Crane, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page