top of page

Peran Penting Kunci Sok Set dalam Pekerjaan Mekanik



Seorang yang memiliki peran untuk memelihara serta melakukan perbaikan pada mesin mobil atau motor ketika terjadi kerusakan, itu adalah seorang yang berprofesi sebagai mekanik. Mekanik berasal dari kata mekanika, yang mana itu mempunyai pengertian, ilmu yang mempelajari fungsi dan cara kerja mesin. Jadi dapat disimpulkan jika mekanik adalah orang yang mempunyai pemahaman mengenai mekanika.


Mekanika bukan hanya sebatas mesin kendaraan, tetapi jenis mesin lainnya. Jadi dengan alasan tersebut, maka mekanika jelas juga memiliki arti gerakan benda dan efek gaya yang timbul. Namun dari banyaknya pemahaman, mekanik lebih dikenal sebagai montir, yakni orang yang bekerja dengan menangani berbagai macam tipe kendaraan. Dengan pengerjaan tersebut, maka mekanik membutuhkan set peralatan, seperti salah satunya set kunci sok.


Inilah Peran Penting dari Kunci Sok Set dalam Pekerjaan Para Mekanik


Kunci socket atau socket wrench atau biasa juga disebut sebagai kunci shock/sok, adalah salah satu perkakas atau peralatan wajib para mekanik. Itu karena kunci sok terutama dalam satu set lengkapnya, dapat digunakan untuk melakukan pengerjaan bongkar pasang, mengendurkan, hingga mengencangkan mur dan baut yang keras atau sulit diakses oleh para mekanik.


Adapun ciri dari set kunci ini yakni ada dalam wadah lengkap dengan berbagai ukuran shock yang tersedia. Untuk ciri dari kunci sok sendiri, ia memiliki bentuk silinder dan terbuat dari bahan baja tensil tinggi yang dilapisi nikel. Pada bagian stangnya pun dapat diganti-ganti atau diperpanjang dengan menambah sambungan shock. Sementara pada bagian ujungnya memiliki dimensi heksagonal atau segi enam.


Kunci set sok jelas salah satu peralatan wajib yang harus dipunyai oleh para mekanik, baik itu dalam bidang otomotif, kelistrikan, atau mekanik lainnya. Alasannya karena kunci sok set memiliki peran penting, seperti melepas, memasang, mengendurkan, serta mengencangkan mur dan baut pada komponen kendaraan, atau bisa juga pada komponen lain yang memang dibutuhkan pembongkaran atau perbaikan.


Kunci sok biasanya terdiri atas tiga bagian utama, yaitu soket, pegangan (stang), dan perpanjangan (extension bar). Socket adalah bagian yang menempel pada baut atau mur, dan dapat berbentuk segi enam, segi dua belas, atau bulat. Untuk stang adalah bagian yang dipegang oleh tangan untuk memutar socket. Sedangkan extension bar digunakan untuk memperpanjang jangkauan agar bisa mencapai baut atau mur. Umumnya pada area sempit dan terbatas, terkadang digunakan sliding t-handle atau universal joint.


Jadi kesimpulannya, peran penting dari set kunci sok dalam pekerjaan mekanik antara lain:


  • Mencengkram baut dan mur, karena ujung kunci sok didesain secara khusus untuk dapat mencengkeram baut dan mur berbentuk heksagonal.

  • Dapat menjangkau baut dan mur di area yang sulit dicapai. Itu bisa terjadi karena memang bentuk kunci sok yang memungkinkan, serta memiliki daya cengkram yang lebih baik untuk meminimalisir risiko kunci tergelincir karena berada dalam jangkauan yang sulit.

  • Kunci sok juga memiliki peran penting pada pengerjaan mekanik dalam hal membongkar, memasang, serta mengendorkan dan mengencangkan komponen mur dan baut. Alasannya karena memang kunci sok lebih fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai jenis baut dan mur.


Itulah peran penting dari kunci sok set dalam pekerjaan mekanik. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua untuk mengenali kunci sok. Jika Anda tertarik dengan kunci sok atau mungkin kunci lainnya, maka Anda semua bisa mendapatkan yang terbaik serta berkualitas di perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page