top of page

Mengenal Lebih Jauh Peratalan Bengkel Spooring yang Wajib Ada Agar Tidak Repot


Apa itu spooring? Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, alias yang memang sesuai dengan settingan pabrik mobil tersebut. Nah pada umumnya, yang biasanya dilakukan spooring adalah dua roda depan, yaitu roda yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala. Hal itu penting, karena roda depan adalah roda yang berperan dalam menentukan arah dari mobil itu sendiri.


Walaupun hanya berkaitan dengan roda mobil, tetapi teknik spooring juga membutuhkan tempat seperti bengkel dalam melakukan aktivitas spooring. Namun, tempat atau bengkel saja tidak cukup untuk membuat bengkel tersebut tepat dalam melakukan spooring, karena ada juga peralatan spooring yang harus dipersiapkan. Nah peralatan spooring yang harus ada di bengkel spooring, adalah peralatan yang akan kami jelaskan di artikel ini!


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Peralatan Bengkel Spooring yang Wajib Ada

Mesin Spooring Balancing

Tentunya bengkel spooring ban mobil haruslah memiliki mesin spooring balancing, hal itu karena mesin spooring balancing berguna untuk melakukan pengaturan sudut keselarasan roda yang menggunakan teknologi inframerah, yang mana itu bisa menyimulasikan kondisi roda secara nyata. Nah ada lagi keunggulan dari mesin spooring tersebut, yaitu ia sangat bisa meminimalisir ketidakpresisian yang kadang terjadi jika memakai mesin konvensional. Nah karena perannya yang penting bagi spooring, maka ini adalah alat pertama yang harus wajib ada di bengkel spooring.


Dongkrak

Karena berkaitan dengan ban, maka tidak mungkin ban bisa dilepas tanpa adanya ban yang terangkat terlebih dahulu. Jadi untuk mengangkat mobil, maka umumnya seseorang bisa menggunakan dongkar atau bisa juga lift mobil jika memang memungkinkan. Nah dongkrak berperan penting dalam membantu melepaskan roda, begitu juga sangat berperan penting dalam memasang roda, baik itu sebelum di spooring atau tidak. Jadi sudah pasti, dongkrak dari segala jenis wajib ada di bengkel spooring.


Kunci Roda Palang

Nah tentunya tidak mungkin dalam membuka roda bisa dengan menggunakan tangan kosong, jadi membuka roda harus menggunakan kunci yang memang bisa membuka tiap mur yang terpasang pada roda, yaitu tepatnya itu adalah kunci roda palang. Nah untuk ukurannya pun bisa disesuaikan dengan keadaan atau roda yang dimaksud.


Telescopic Wheel Nut Wrench

Telescopic wheel nut wrench adalah kunci yang memang bisa digunakan bolak balik, terutama pada pelepasan dan pemasangan tiap roda mobil. Dengan kegunaannya tersebut, ia adalah kunci yang sebenarnya adalah multifungsi, sehingga kunci ini perlu ada di bengkel spooring mobil.


Drawer

Merupakan rak yang memang berguna dalam menyimpan perkakas. Nah kegunaan di bengkel spooring, selain untuk menyimpan banyak perkakas, kegunaan dari drawer sendiri dapat menjadi tempat sanggah dari monitor yang tersambung dengan mesin spooring. Jadi drawer apapun dengan ketinggian yang sesuai, sebenarnya juga perlu ada di bengkel spooring ban mobil.


Jadi itulah beberapa peralatan yang memang wajib ada di bengkel spooring. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Nah bilamana Anda tertarik dengan perkakas untuk beberapa keperluan, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page