Perawatan Genset Diesel Silent dan Semua Part di Dalamnya


Genset diesel silent memiliki banyak bagian dan semuanya butuh perawatan. Jika mesin dan bagian lain tidak terawat, maka akan semakin rusak juga di kemudian hari. Akan lebih baik jika penggunanya tahu apa saja part penting di dalamnya yang butuh untuk dirawat.


Dalam mesin generator ada banyak part di dalamnya yang mungkin saja belum Anda ketahui. Generator yang silent atau suaranya lebih minim adalah impian banyak orang untuk punya. Tetapi tidak jarang ada yang menggunakan generator ini dengan cara yang tidak benar.


Maka dari itu, saat Anda ingin membeli genset sebaiknya baca spesifikasi genset diesel silent yang ada di dalamnya. Anda juga perlu tahu apa teknik penggunaan yang benar agar mesin dan part dari genset ini tidak rusak. Pemilihan bahan bakar nantinya juga sebaiknya yang sesuai.


Jika tidak, biaya untuk perbaikan genset ini tidak murah, apalagi jika sudah terkena bagian mesinnya. Bisa-bisa harganya mirip dengan genset yang baru. Dan biasanya setelah perbaikan juga hasilnya tidak akan sama dalam segi performa dibandingkan genset sebelum rusak.


Semua Part dalam Genset Diesel Silent dan Cara Merawatnya


Dengan mengetahui apa saja nilai buruk dari genset yang rusak, maka Anda sebaiknya mulai cari tahu cara agar bisa merawat genset tersebut. Jangan pernah abaikan buku panduan dan pembacaan spesifikasi part gensetnya. Dan ini adalah cara agar genset bisa tahan lama:


Cooling System


Sistem pendinginan adalah salah satu yang penting. Genset selalu panas jika sedang digunakan, sehingga harus pastikan ada sistem pendingin yang membuat suhu lebih rendah. Jika sistem ini rusak, genset diesel silent akan overheat dan berbahaya.


Sistem Distribusi Udara dan Bahan Bakar


Ada juga Fuel distribution system dan air distribution system yang letak katupnya tidak terlalu jauh. Baca dulu buku panduan terkait dimana katup ini terletak. Lebih baik jika Anda memiliki teknisi khusus untuk mengecek bagian ini karena bahan bakar.


1. Baterai


Letak baterai tentu saja yang paling mudah di temukan. Ini juga karena baterai adalah bagian yang sering diganti nantinya sehingga tidak boleh salah tempat. Mesin dan part genset diesel silent akan lebih tahan lama jika mengganti baterai dengan rutin.


2. Minyak Oli


Dalam bagian tabung minyak oli juga harus dibersihkan. Minyak oli yang sudah lama tidak digunakan juga akan membuat mesin karatan sehingga ada waktu pembersihan. Dengan minyak oli yang kotor juga akan menganggu operasi genset hingga kasar.


3. Tangki bahan Bakar


Selain minyak oli, tabung dan tangki bahan bakar juga harus dikondensasi agar tidak merusak bagian lain. Dinding dalam tangki bahan bakar ini sangat rentan dengan suhu yang berubah naik turun, sehingga harus ada pompa yang tahan akan hal itu.


4. Filter atau Penyaringan


Sistem penyaringan juga akan berperan besar dalam jalan dan kinerja genset diesel silent. Dengan filter yang rutin diganti sesuai waktu anjuran, maka jangan takut kalau mesin cepat rusak. Ada 3 lapisan filter yang wajib dimiliki dan dicek secara rutin.


5. Sistem Lubrikasi dan Penutup


Dan terakhir ada sistem lubrikasi dan bagian katup penutupnya. Sistem lubrikasi yang tidak sesuai mesin akan membuat efek korosif pada penutup karetnya. Dengan karet penutup yang rusak ini membuat karbon monoksida mengisi udara di sekitar.


Penting untuk kita tahu dan teredukasi tentang alat yang mengandalkan mesin, listirk, dan bahan bakar rentan terbakar. Ini adalah sarana untuk menghindari risiko lain. Untuk genset diesel silent, akan sangat baik dan penting untuk tahu apa saja part yang ada di dalam.