top of page

Panduan Komprehensif Perawatan Pompa Celup untuk Air Limbah



Air memang memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup, tapi sayang tidak semua jenis air memiliki peranan penting bagi kehidupan. Seperti halnya dengan air yang memang mengandung kotoran, senyawa berbahaya, dan sebagainya yang memang tidak baik bagi kehidupan makhluk hidup. Air yang memang berbahaya dan tidak dianjurkan untuk kehidupan, adalah air yang umumnya adalah air buatan manusia, yakni air limbah.


Air limbah adalah air buatan manusia, dikarenakan air tersebut dulunya adalah air yang mana telah mengalami penurunan kualitas karena pengaruh manusia. Namun meski begitu, air limbah seperti di perkotaan bisa dialirkan di saluran air kombinasi atau saluran sanitasi, lalu diolah di fasilitas pengolahan air limbah atau septic tank. Tentu itu dengan pengetahuan, proses, serta peralatan yang memadai layaknya pompa air yang salah satunya adalah jenis pompa celup.

Inilah Panduan Komprehensif Mengenai Perawatan Pompa Celup untuk Air Limbah

Pengertian dari pompa celup adalah pompa yang memiliki fungsi untuk memindahkan cairan atau air dari satu titik menuju titik yang lain dengan keunggulan bisa terendam. Namun apa jadinya jika pompa celup bisa digunakan untuk air limbah, baik itu mendorong air limbah, menguras, atau digunakan apapun yang terkontaminasi dengan air limbah. Nah tentu tidak menjadi masalah, secara pompa celup memiliki motor penggerak yang terletak berdekatan atau bergabung dengan bagian badan pompa tersebut yang memang rapat adanya.


Jadi pompa celup adalah salah satu pompa efektif serta efisien yang memang tepat untuk diandalkan bagi pengolahan air limbah. Namun meski begitu, pompa celup tersebut juga harus dirawat dengan benar, apalagi pompa celup memang sering terkontaminasi dengan air limbah yang memang dikenal banyak orang sebagai air kotor yang bisa membuat penyakit hingga kerusakan. Jadi Anda yang memang menggunakan pompa celup untuk air limbah, maka pastikan rawat dengan benar dan tepat seperti pada panduan kami di berikut ini:


  • Periksa selalu pipa pompa celup air limbah dan juga tempat persendiannya yang memang tidak ada fenomena yang melonggarkan. Anda bisa balikkan pompa celup air limbah tersebut dengan tangan Anda dan lihat apakah pompa tersebut fleksibel.

  • Anda harus selalu menambahkan minyak pelumas bantalan ke bantalan tubuh pompa celup tersebut. Lalu pastikan posisi minyak harus berada di garis tengah standar minyak, yang mana minyak pelumas harus diganti atau diisi ulang pada waktunya.

  • Anda juga bisa lepaskan bagian pompa pompa tersebut dari steker pengalih perhatian, pengalihan perfusi (atau slurry timbal). Pompa limbah priming sendiri

  • Sedapat mungkin harus mengendalikan aliran pompa celup air limbah dan kepala pada kisaran yang ditandai pada tanda-tanda untuk memastikan bahwa pompa celup air limbah tersebut ada pada titik efisiensi tertinggi untuk beroperasi. Ini berguna untuk mendapatkan efek hemat untuk energi maksimum.

  • Pompa celup air limbah dalam proses operasi, setidaknya harus memiliki suhu bantalan yang tidak dapat melebihi suhu sekitar 35C, dengan suhu maksimum yang juga tidak boleh melebihi 80C.

  • Apabila ditemukan suara bising pompa celup tersebut karena adanya kotoran, maka sebaiknya hentikan pengerjaan pompa celup tersebut lalu segera periksa masalahnya dan langsung perbaiki serta bersihkan dengan benar.

  • Jika pompa celup air limbah berhenti digunakan, maka Anda harus mematikannya secara benar dan berkala, barulah setelah itu matikan motor pompa tersebut.


Itulah panduan komprehensif yang menjelaskan perawatan pompa celup untuk air limbah. Sekian artikel ini, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda tertarik dengan pompa celup yang memang bisa diandalkan untuk air limbah, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada pada pompa celup Tsurumi. Untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut pompa celup Tsurumi, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


bottom of page