Simak Perawatan Pompa Celup Air Mancur Agar Tidak Mudah Rusak



Pompa celup merupakan salah satu jenis dari pompa air, yang mana ia mempunyai ciri khas berupa motor penggerak yang terletak berdekatan atau bergabung dengan bagian badan pompa tersebut. Sesuai dengan namanya, tentunya semua bagian dari pompa tersebut akan terendam di dalam air, yang mana nantinya itu akan dipompa ke berbagai tujuan dari pengaliran fluida.


Pompa celup atau pompa submersible memang memiliki cara kerja yang bisa terendam dalam air, tanah, hingga sebagainya. Namun hal tersebut tidak menjamin bahwa pompa celup bebas dari kerusakan. Oleh karena itu, pompa celup perlu sekali dilakukan secara berkala atau rutin dalam perawatannya, yang mana itu agar membuat pompa celup tidak mudah rusak hingga awet serta tahan lama.


Inilah Perawatan Pompa Celup Air Mancur Agar Tidak Mudah Rusak

Pompa celup memang memiliki banyak kegunaan atau fungsi, yang mana itu bisa melebihi dari pompa air pada umumnya. Tetapi baik itu pompa celup untuk air mancur, pompa celup untuk menguras kolam, atau pompa celup dalam sebagainya yang digunakan, tentunya pompa celup perlu dirawat sedemikian rupa agar pompa celup tidak mudah rusak hingga bisa awet serta tahan lama. Nah maka dari itu karena penting sekali merawat pompa celup, maka Anda sebagai pemilik atau calon pemilik pompa celup, wajib sekali tahu cara merawat pompa celup yang benar, yang dimana caranya ada di bawah ini!


Bersihkan Komponen Kontrol

Merawat pompa celup tentunya juga perlu menjaga kebersihan dari pompa celup, yang mana salah satunya yang penting adalah membersihkan komponen untuk panel control yang ada di pompa celup. Caranya, Anda terlebih dahulu harus tahu dimana letak panel control, lalu untuk pembersihannya, maka Anda harus memutus suplai tegangan sebelum membersihkannya. Nah selanjutnya lakukan pembersihan menggunakan cotton bud, agar tidak meninggalkan kotoran.


Tidak berhenti disitu, setelah itu Anda tentunya tidak boleh lupa dalam memeriksa pemasangan kabel yang ada. Jadi dengan demikian, maka Anda sebisa mungkin harus memastikan semua kabel di pompa sudah tersambung dengan benar atau sesuai. Saran kami, Anda bisa mencatat semua komponen yang ada pada bagian kontrol tersebut, atau memotretnya pada bagian yang bermasalah, dimana itu bisa membuat acuan untuk Anda dalam memahami kondisi pompa celup pada kedepannya.


Memeriksa Sambungan Kabel

Pompa celup yang digunakan terutama untuk air mancur, biasanya akan membuat sambungan kabel mengalami beberapa masalah, seperti putus atau tidak terpasang dengan benar, hingga lain sebagainya yang bersangkutan. Nah untuk itu, maka Anda dapat memeriksa sambungan kabel pada pompa celup, lalu Anda juga bisa melepaskan sambungan kabelnya jauh lebih dulu ketika bermasalah. Apabila Anda sudah sambungkan kembali dan sudah memastikan bahwa kabel tersebut kencang, maka jangan lupa untuk naikkan kembali MCB untuk tekanan pompa celup.


Memeriksa Kebocoran

Merawat pompa celup juga penting dalam memastikan pompa celup aman dari kebocoran. Oleh karena itu maka memeriksa kebocoran pada pompa celup wajib untuk Anda lakukan. Caranya bisa Anda lihat pada bagian casing pompa celup. Kemudian pastikan jangan sampai ada beberapa retak atau bagian lecet pada pompa celup. Apabila ada demikian, maka Anda harus sesegera mungkin memperbaiki pompa celup tersebut, dikarenakan jika dibiarkan bisa membuat air masuk ke dalam motor pompa dan bocor, yang mana dampaknya sangat merusakan dan berbahaya.


Bersihkan Selalu Impeller

Terakhir dan tidak kalah penting, yaitu Anda perlu sekali memeriksa impeller pada pompa celup, apakah itu kotor atau bermasalah. Jika kotor, maka anda bisa membersihkan impeller yang ada. Tetapi pastikan kalau pompa sudah tidak bekerja, yang mana Anda bisa menurunkan MCB untuk melakukan pemeriksaan. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melihat kinerja dari MCB dengan melihat dari setting timer, yaitu dengan cara Anda masuk ke dalam tangki air dan periksa putaran impeller pada pompa celup.


Jadi itulah beberapa perawatan yang benar pada pompa celup air mancur agar tidak mudah rusak hingga bisa awet serta tahan lama. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dan juga kepada yang lainnya. Nah jika Anda ingin memiliki pompa celup terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah Tsurumi. Mengenai Tsurumi, tentunya Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.