top of page

Mengatasi Partikel Kasar: Teknik Perawatan Pompa Celup Slurry.



Slurry dalam artiannya bisa dijelaskan sebagai lumpur, jadi pompa celup slurry adalah pompa celup lumpur. Pompa celup slurry merupakan pompa lumpur yang dikembangkan setelah kinerja mud pump tidak optimal dalam pengangkutan lumpur yang mengandung partikel padat. Tentunya itu dengan desain, konstruksi dan perakitan pompa celup yang berbeda dari biasanya karena memang pompa celup ini untuk media/partikel padat seperti lumpur.


Tentunya dengan peranannya tersebut, pompa celup slurry sangat dibutuhkan dalam mengatasi partikel kasar yang memang secara umum sering ada di sektor konstruksi. Tapi ada juga di sektor pekerjaan lain yang memang membutuhkan kekuatan pompa untuk bisa mengatasi partikel dengan tingkat kepadatan cukup kasar seperti lumpur. Karena bekerja dengan kasar, maka pompa celup slurry sudah seharusnya sering dirawat dengan benar serta tepat.

Inilah Teknik Perawatan Pompa Celup Slurry yang Bisa Mengatasi Partikel Kasar

Seperti dengan banyak mesin lainnya atau pompa lainnya, pompa celup slurry juga membutuhkan perawatan rutin untuk berfungsi secara optimal dan andal, terutama ketika digunakan untuk mengatasi partikel kasar. Nah jadi tanpa perawatan yang tepat, pompa celup tersebut dapat mengalami kegagalan bencana yang memang dapat mengakibatkan perbaikan tidak terjadwal, itu juga dengan potensi cedera serta downtime fasilitas.


Hal ini semakin parah apabila pompa celup tersebut tidak terawat dengan baik maka dampaknya dapat kehilangan 15% penuh efisiensinya. Alhasil itu bisa membebani pemilik pompa dalam mengurangi output dan sebagainya yang merugikan. Jadi perlu dilakukan beberapa perawatan tepat bagi pompa slurry, tapi dengan teknik serta penerapan yang memang sesuai agar pompa celup tersebut tidak mengalami kendala lain yang lebih serius adanya.

Menggunakan Pompa Celup Slurry dengan Benar

Salah satu teknik perawatan pompa celup slurry yang tepat adalah dengan menggunakan pompa tersebut secara tepat dan benar. Anda perlu tahu, bahwa mengangkut bubur atau lumpur itu memiliki tantangan yang berbeda untuk bahan yang berbeda. Bahkan itu juga tidak mudah sama sekali, ini karena lumpur cair sangat sulit untuk dipompa dan dipindahkan tergantung pada ketebalannya.


Masalah yang ada pun bisa menyebabkan keausan pada pompa celup slurry yang digunakan, sehingga dengan begitu maka Anda harus berhati-hati agar tidak ada penghalang yang dihasilkan dan juga bahwa garis pembuangan di pompa celup slurry telah mengalir dengan baik. Tentunya ini juga berdampak untuk membuat pekerjaan menggunakan pompa celup slurry lebih cepat untuk memindahkan padatan lebih efisien.

Rutin Melakukan Lubrikasi pada Pompa Celup Slurry

Lubrikasi adalah teknik pelumasan atau pendinginan yang dilakukan pada mesin dan komponen-komponen didalamnya untuk menjaganya supaya tidak mengalami gesekan (friction) dan keausan (wear) sehingga selalu dalam kondisi yang prima. Nah tentu ini juga penting pada pompa celup slurry.


Alasannya karena pompa celup slurry sering berkaitan dengan pekerjaan yang cukup kasar, jadi membutuhkan pergerakan yang tidak seret pada mekanisme pergerakan pompa tersebut. Nah Anda bisa melakukan pelumasan pada bagian rotasi yang bergerak pada komponen pompa, seperti motor penggerak atau bagian lainnya seperti bantalan dan sebagainya.

Melakukan Pemeriksaan Komponen Pompa Celup Slurry Secara Terjadwal

Tentu komponen yang bermasalah atau rusak akan mempengaruhi kinerja dari pompa itu sendiri, bahkan parahnya bisa membuat kerusakan lain bila dibiarkan begitu saja. Jadi ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan pompa celup slurry dengan terjadwal secara tepat. Ini meliputi fisik, bagian luar atau dalam pompa tersebut. Bila ditemukan ada masalah, maka segera ganti komponen tersebut dengan yang memang sesuai.


Itulah artikel dari kami yang membahas perawatan pompa celup slurry yang bisa mengatasi partikel kasar. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Untuk pompa celup yang memang terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan pompa celup dari Tsurumi. Anda bisa dapatkan itu dan ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page