Inilah Perawatan Pompa Sumur Bor atau Submersible yang Wajib Anda Perhatikan



Air bersih adalah salah satu hal atau faktor yang perlu diperhatikan dengan seksama, dimana tanpa air terutama yang bersih akan menimbulkan masalah, seperti penyakit dan sebagainya. Tentunya hingga saat ini, banyak sekali cara dalam menemukan air bersih, dimana salah satunya adalah dengan pompa celup untuk air pada sumur bor yang ada.


Meskipun begitu, layaknya perawatan pada pompa lain, pompa sumur bor atau pompa celup sendiri juga perlu diperhatikan, seperti salah satunya yaitu perawatannya. Oleh karena itu bagi anda yang tidak tahu dan ingin tahu tentang perawatan tepat bagi pompa sumur bor atau pompa submersible (celup), maka anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!

Perawatan Pompa Sumur Bor atau Submersible yang Wajib Anda Perhatikan

Perawatan pompa sumur bor atau submersible yang wajib anda ketahui dan perhatikan, salah satunya yang terpenting ada di anjuran penggunaannya. Oleh karena itu anda perlu tahu juga anjuran penggunaannya, yang mana itu bisa anda ketahui di bawah ini!

Inilah Anjuran Penggunaan Pada Pompa Sumur Bor atau Submersible

  • Kinerja pompa submersible harus sesuai dengan nominal yang ditunjukkan pada Name Plate pada pompa, jangan sampai berbeda.

  • Maksimum pengoperasian motor pada pompa akan sebanyak 20 kali/jam

  • Maksimum pompa terendam di kedalaman air adalah 70 m

  • Lalu untuk minimum terendam di kedalaman air yaitu 5 m

  • Pompa yang masuk dalam air, maka air tersebut harus memiliki maksimum temperatur air yang berada pada 40 °C

Dan itulah anjuran penggunaannya pada pompa sumur bor atau submersible, tetapi yang paling utama bisa anda ketahui melalui petunjuk yang ada pada pompa atau bisa juga dari pusat pompa celup yang anda beli tersebut. Nah setelah anjuran penggunaan, maka berikutnya adalah perawatan pompa sumur bor atau submersible yang perlu anda ketahui.

Inilah Perawatan Pompa Sumur Bor atau Submersible yang Wajib Anda Ketahui

  • Pompa submersible atau pompa celup jelas tidak membutuhkan program perawatan khusus. Namun sebagai tindakan pencegahan terhadap terjadinya kerusakan, disarankan untuk memeriksa tekanan pompa dan arus listrik yang masuk secara berkala.

  • Apabila ada turunnya tekanan pompa, maka itu terkadang bisa dinilai merupakan gejala dari berkurangnya air hingga level terendah.

  • Untuk prosedur pemeriksaannya, maka anda bisa lakukan pemeriksa resistansi isolasi pompa secara teratur. Resistansi isolasi biasanya harus melebihi 1MΩ ketika motor mendekati suhu kerjanya yang sedang berjalan.

  • Prosedur pemeriksaan juga termasuk dalam pemeriksaan level permukaan air, yang mana itu harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa pompa selalu terendam dengan benar dan tepat.

  • Konsultasi Lah dengan seseorang yang tepat, karena perawatan pada pompa sumur bor atau submersible harus berada di tangan yang tepat dan juga ahli di bidangnya.

Dan itulah beberapa hal dalam perawatan pompa sumur bor atau pompa submersible (celup) yang wajib anda ketahui dan perhatikan. Tentunya dengan menyimak artikel dan isinya diatas, pastinya anda semua semakin tertarik untuk memiliki pompa celup. Bagi anda yang memang ingin memiliki pompa celup atau ingin menggantinya dengan yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi. Untuk produk Tsurumi, maka anda bisa miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel kami yang bermanfaat dan berguna pada kali ini, semoga anda pelajari agar anda bisa tahu tentang perawatan yang tepat bagi pompa sumur bor atau pompa submersible (celup). Untuk semakin bermanfaat lagi artikel kami ini, maka kami anjurkan kepada anda agar anda bagikan atau share artikel ini kepada yang lainnya, baik menggunakan media sosial ataupun media lainnya.