top of page

Mencegah Kerusakan: Tips Perawatan untuk Pompa Celup Drainase



Drainase saat ini memang dikenal sebagai sebuah konstruksi yang menjadi media untuk mengalirkan air dari satu titik ke titik lain. Jadi karena begitu, maka konstruksi tersebut dinilai sangat penting untuk membantu proses pengaliran air seperti curah hujan agar tidak terjadi genangan bahkan hingga bencana banjir. Nah adapun itu bisa dilakukan dengan sempurna dari pompa air seperti salah satunya adalah pompa jenis celup.


Sistem drainase yang tidak ada bisa mengakibatkan masalah seperti banjir akan datang lebih mudah jika terjadi curah hujan. Bahkan genangan air pada area tertentu pun akan sulit kering jika tanpa bantuan dari sistem drainase. Nah oleh karena itu, drainase yang juga bisa membantu mengalirkan air ke area badan air terdekat, adalah sistem penting yang juga turut menggunakan pompa air seperti celup yang memang harus terawat adanya!

Inilah Tips Perawatan Pompa Celup Drainase agar Bisa Mencegah Kerusakan

Secara garis besar jenis-jenis drainase yang ada saat ini telah dibagi menjadi dua jenis, yaitu ada drainase jenis alami dan drainase jenis buatan manusia. Untuk drainase yang dibuat oleh manusia akan dibagi menjadi beberapa tipe lagi. Lalu pada setiap jenis drainase yang ada di sekitar kita sebenarnya memiliki karakteristik dan juga kegunaan yang berbeda-beda. Nah apapun drainase yang ada, tentu peranan pompa air seperti pompa celup memang penting adanya.


Pompa celup untuk sistem drainase sendiri memang berguna adanya, karena ia dapat digunakan untuk memindahkan air dari area yang rendah atau tergenang menuju area yang lebih tinggi atau sistem pembuangan yang tepat. Peranan penting pompa celup tersebut akan sia-sia jika pompa celup untuk drainase rusak atau mengalami beberapa kendala yang beragam adanya. Ini disebabkan secara besar pastinya oleh perawatan yang tidak dilakukan atau dilakukan secara salah sehingga pompa celup drainase tidak berguna sebagaimana adanya.


Jadi agar dapat mencegah kerusakan pada pompa celup untuk drainase serta bisa membuat pompa celup dapat berfungsi atau berguna sebagaimana adanya, maka pompa celup untuk drainase harus dirawat dengan benar dan tepat. Nah adapun itu adalah sebagai berikut:


  • Untuk mencegah kerusakan pada pompa celup drainase, maka Anda bisa melakukan pengecekan rutin. Pemeriksaan rutin adalah kunci untuk mendeteksi masalah awal pada pompa celup drainase Anda. Jadi dengan begitu, maka coba periksa pompa celup drainase tersebut secara teratur untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan, korosi, atau kebocoran yang dialaminya.

  • Jika seal pada pompa celup drainase memang bermasalah atau sudah waktunya diganti, maka segera ganti dengan benar. Alasannya karena seal adalah komponen kunci dalam pompa celup untuk drainase, yang mana itu bisa mencegah air masuk ke dalam motor pompa tersebut. Jadi pastikan dengan tepat untuk mengganti seal sesuai jadwal yang ditentukan oleh produsen atau panduan perawatan pompa tersebut.

  • Mencegah kerusakan pada pompa celup untuk drainase juga salah satunya adalah merawat motor pompa celup tersebut. Ini karena motor adalah jantung pompa celup, sehingga harus selalu dipastikan tetap bersih dan bebas dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda bisa melakukan pelumasan sesuai panduan produsen pompa celup tersebut.

  • Terapkan pembersihan reguler pada pompa celup drainase Anda. Karena drainase itu juga rentan terkena kotoran dan endapan yang dapat mengganggu kinerja pompa celup drainase. Jadi bersihkan seluruh unit secara berkala pada pompa celup drainase Anda.

  • Apabila ditemukan saringan yang tersumbat, maka segera atasi karena saringan tersumbat dapat mengurangi aliran air. Anda bisa ganti saringan sesuai kebutuhan dan pastikan aliran air tetap lancar.

  • Karena pompa celup rentan terhadap lonjakan listrik, maka Anda bisa pasang perangkat proteksi yang sesuai untuk melindungi motor dari kerusakan akibat lonjakan listrik di pompa celup drainase tersebut.

  • Anda harus selalu memeriksa kabel dan konektor pompa celup drainase tersebut, yang mana harus pastikan semua kabel dan konektor dalam keadaan baik. Kabel yang rusak dapat menyebabkan matinya pompa.


Nah sekian artikel dari kami mengenai informasi serta tips dalam melakukan perawatan pada pompa celup drainase agar bisa terhindar dari kerusakan. Semoga bermanfaat bagi Anda serta semuanya. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas yang memang bisa diandalkan pada sistem drainase, maka kami rekomendasikan pompa celup dari Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page