top of page

Beberapa Perawatan Wajib Pada Genset Agar Awet dan Tahan Lama





Bukan hanya tubuh jasmani dan Rohani yang perlu dirawat agar sehat, ternyata mesin atau alat teknologi juga perlu dirawat agar mereka sehat, atau setidaknya bisa awet dan tahan lama. Contohnya saja seperti mesin Genset, yang mana banyak sekali pengguna atau pemilik Genset yang lalai dalam merawat Genset, dan bahkan ada yang melantarkannya begitu saja.


Namun merawat mesin Genset juga tidak boleh sembarangan, karena jika memang begitu maka akan menimbulkan kerusakan pada Genset. Na bagi anda yang ingin tahu cara merawat atau perawatan Genset yang benar dan tepat agar Genset bisa awet dan tahan lama, maka anda bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Perawatan Wajib Pada Genset yang Bisa Bikin Genset Awet dan Tahan Lama

  • Melakukan pemanasan sebelum Genset dioperasikan, agar performa Genset bisa menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, Genset yang jarang dipakai juga perlu dipanaskan, sehingga mesin dan pelumas pada Genset tidak kaku dan dingin, yang mana itu bisa mempengaruhi pengoperasian Genset.

  • Pastikan Aki Genset dalam kondisi baik. Aki Genset harus anda rajin periksa, dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak longgar. Sistem listrik DC (Aki) harus anda pastikan juga tidak berkarat, itu karena dapat menghambat starting Genset. Selain itu, pastikan juga anda harus rajin memeriksa terminal pada baterai starting, karena kemungkinan saja ada kerusakan.

  • Lihat kondisi pada filter bahan bakar Genset, pastikan itu tidak bergesekan dengan benda apapun, itu karena nantinya akan menimbulkan kegagalan fungsi. Jika ada keretakan atau lecet pada fitting, maka langsung segera perbaiki.

  • Periksalah sistem kontrol, karena itu bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban. Dengan anda melakukan pemeriksaan secara teratur, maka pastikan juga log data dalam keadaan benar terutama selama saat pemanasan mesin. Selain itu pastikan juga anda untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automatic stand by (AUTO).

  • Memeriksa indikator mesin, dan itu dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan oli dan suhu radiator. Anda juga jangan lupa juga untuk memeriksa performa mesin saat bekerja, dengan cara anda mendengarkan bunyi mesin Genset tersebut. Apabila ditemukan masalah pada mesin, maka biasanya ada peringatan dini yang diberitahu.

  • Periksa sistem pembuangan, caranya dengan memeriksa knalpot dan asap yang dikeluarkan. Apabila ada asap yang dikeluarkan berlebih, maka kemungkinan besar itu ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor atau kualitas udara, sehingga diperlukan perbaikan secepat mungkin.

  • Periksalah tingkat level oli mesin saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel. Lalu jaga level oli sedekat mungkin dengan full pada tanda yang ada pada dipstick, dengan menambahkan oli yang berkualitas dan merek yang sama. Matikanlah mesin dan tunggu sekitar 10 menit untuk pembacaan yang akurat. Nah tujuannya itu bertujuan untuk memastikan oli bagian atas mesin mengalir ke dalam bak mesin.

  • Merawat sistem pendingin juga perlu dan harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan sirip-sirip pendingin atau radiator fin. Anda bisa menggunakan kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator. Perawatan sistem pendingin juga dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin atau coolant, dan pastikan itu dalam keadaan mesin tidak menyala.

  • Anda juga perlu perhatikan spareparts Genset, karena spareparts Genset yang sudah berumur dan mengalami kerusakan pada fisik, perlu diperiksa atau lebih baiknya lagi diganti dengan yang baru.

  • Selanjutnya yang sering dianggap sepele, yaitu menjaga kebersihan yang ada pada sekitar Genset. Karena lingkungan yang kotor bisa menyebabkan kotoran masuk pada mesin Genset, yang mana jelas akan membuat Genset bisa rusak atau terkena masalah lain.

Dan itulah beberapa perawatan wajib pada Genset, yang mana bisa anda tiru dan juga lakukan pada mesin Genset anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya. Nah bagi anda yang tertarik memiliki Genset atau mengganti Genset lama anda, maka kami rekomendasikan Genset Tenka, yang mana itu bisa anda miliki dan ketahui lebih detail di IndahJaya.com

Comentarios


bottom of page