top of page

Perbandingan Antara Lampu LED dan Lampu Biasa: Manakah yang Lebih Unggul?



Penerangan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Karena dengan penerangan, maka sebagian mata makhluk hidup bisa melihat dengan jelas dalam keadaan gelap, baik itu pada malam hari atau memang dalam ruangan yang tertutup. Dimulai dari api, penerangan pun berubah menjadi penerangan yang menggunakan lampu, benda yang berbentuk seperti botol.


Lampu merupakan benda yang memiliki bentuk seperti botol dengan rongga yang berisi kawat kecil yang akan menyala apabila disambungkan ke aliran listrik. Nah dengan kegunaannya yang sangat dibutuhkan, lampu kian berkembang menjadi beberapa jenis, seperti salah satunya lampu LED. Antara lampu biasa dan lampu LED, banyak orang lebih memilih lampu LED, mengapa demikian? Untuk mengetahuinya maka simak perbandingannya di bawah ini!


Inilah Perbandingan Antara Lampu Biasa dan Lampu LED yang Ternyata Berbeda Sekali


Lampu LED dan lampu biasa adalah 2 lampu yang berbeda, untuk lampu biasa dia adalah lampu yang memang dikenal umum oleh banyak orang. Untuk lampu LED, jelas juga dia adalah lampu yang juga turut banyak dikenal orang juga, itu karena lampu LED memiliki banyak kelebihan yang tidak dipunyai oleh lampu biasa. Kegunaan atau segalanya dari lampu biasa pastinya akan ada di lampu LED, tetapi tidak dengan kelebihan serta keunggulan dari lampu LED yang tidak ada di lampu biasa.


Nah agar bisa tahu perbedaan yang membuat lampu LED sangat berbeda dibanding dengan lampu biasa, maka inilah kelebihan atau keunggulan dari lampu LED yang tidak dipunyai oleh lampu biasa:


  • Lampu LED adalah lampu yang jauh lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Faktanya, lampu LED setidaknya bisa bertahan 2-4 kali lebih lama ketimbang lampu biasa. Jelasnya, kemampuan bertahan rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.

  • Berbeda dengan lampu biasa yang cukup boros listrik, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu lainnya. Itu pernah teruji dari studi yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebesar 60%-70% lebih baik dari lampu jenis lainnya.

  • Nyatanya lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena memang pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0-100%). Jadi tidak bisa dilakukan pada lampu biasa, dengan lampu LED maka kalian bisa memiliki fitur dim seperti untuk lampu tidur, yakni dengan menggunakan switch yang memungkinkan untuk dimming lampu.

  • Tidak seperti lampu biasa yang tidak ramah untuk lingkungan, bahkan bisa membahayakan lingkungan sekitar. Lampu LED jelas adalah lampu yang lebih ramah lingkungan. Itu karena penggunaan energi pada lampu LED lebih rendah. Selain itu, lampu LED pun tidak menggunakan merkuri secara internal sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya untuk lingkungan.

  • Untuk lampu biasa, umumnya dia tidak akan bertahan pada cuaca, terutama dengan suhu yang ekstrim. Berbeda dengan lampu LED yang malah terkenal sangat adaptif terhadap kondisi cuaca apapun. LED bisa memungkinkan itu karena ia dapat beroperasi pada situasi temperatur berkisaran sangat luas tanpa tingkat degradasi yang signifikan pada lampu.

  • Banyak jenis lampu lain yang memiliki voltase tinggi, sehingga itu akan membuat banyak masalah yang sebenarnya bisa merugikan. Untuk lampu LED berbeda, ia adalah lampu yang dapat beroperasi tanpa menuntut penggunaan voltase tinggi. Faktanya, kebutuhan voltase yang sangat rendah tentunya berpengaruh pada efisiensi penggunaan listrik, sehingga itu akan membuat LED cocok untuk kebutuhan lampu outdoor.

  • Tidak sama dengan lampu biasa, lampu LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV. Hal ini tentunya membuat LED dapat menghindarkan penggunanya dari bahaya-bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit.


Jadi itulah perbandingan antara lampu LED dan lampu biasa, yang mana ternyata lampu LED jelas adalah yang paling unggul dibandingkan lampu biasa. Kiranya jadi manfaat serta penambah wawasan Anda semua terkait dengan lampu LED dan lampu biasa. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page