top of page

Perbandingan Teknologi: Lampu LED vs. OLED yang Harus Anda Ketahui



Perkembangan zaman yang semakin canggih telah menunjukan bahwa memang manusia adalah makhluk dengan kodrat tertinggi dibandingkan makhluk lainnya. Seperti halnya penemuan sinar dari api yang lama kelamaan terus berubah dengan menjadikannya sebagai sebuah lampu. Tidak berhenti disitu, lampu pun kian mengalami perkembangan dengan menghadirkan banyak jenis serta ragamnya dengan teknologinya sendiri.


Di era saat ini, sudah banyak jenis lampu yang diikuti dengan teknologinya tersendiri, seperti lampu LED dan OLED yang sering dibandingkan satu dengan lainnya. Banyak yang lebih memilih LED sebagai lampu terbaik dibandingkan OLED, begitu juga sebaliknya yang menyatakan lampu OLED masih lebih baik daripada LED. Nah perbandingan ini sebenarnya bisa Anda simpulkan sendiri di pembahasan kami di bawah ini!


Inilah Perbandingan Teknologi Lampu LED vs OLED yang Perlu Anda Semua Ketahui


Perbandingan Teknologi dari Lampu LED dan Lampu OLED

  • Perbedaan teknologi lampu LED dan lampu OLED ada pada dioda pemancar cahayanya. Untuk lampu OLED dia menggunakan pemancar cahaya organik, sementara lampu LED hanya dioda pemancar cahaya. Tapi hebatnya LED tidak mengandung senyawa organik seperti lampu OLED.

  • Beberapa lapisan lampu telah membuat tampilan OLED memberikan pencahayaan yang terang di suatu area. Berbeda dengan lampu LED dengan pencahayaan titik yang tidak selembut lampu OLED. Jadi mereka hanya dapat menghasilkan pencahayaan terang yang sama pada arah atau titik tertentu saja.

  • OLED tidak dapat dibuat menjadi berbagai ukuran dan bentuk karena beberapa keterbatasan dalam desain dari lampu tersebut. Berbeda dengan lampu LED yang terkenal memiliki keserbagunaan tinggi yang bisa memungkinkannya dibentuk menjadi berbagai ukuran.

  • Dalam hal urusan fleksibilitas, lampu OLED lebih fleksibel karena lembaran tipisnya dapat ditekuk sesukanya. Sementara lampu LED tidaklah demikian karena sifatnya yang cenderung kaku.

  • Lampu LED memiliki teknologi penutup fosfor, yang mana itu bisa membantunya dalam menghasilkan cahaya putih. Untuk lampu OLED dia hanya memancarkan cahaya putih alami bahkan tanpa lapisan fosfor.

Perbandingan Cara Kerja Teknologi Lampu LED dan Lampu OLED

Untuk lampu OLED yang mengandung lapisan tipis bahan semikonduktor atau disebut senyawa organik. Bisa membuat lapisan tipis tersebut ditempatkan di antara dua elemen konduktor. Jadi, kedua lapisan konduktif tersebut akan bertindak sebagai anoda dan katoda. Lalu seluruh panel diterangi saat arus mengalir saat memberi energi pada lembaran semikonduktif ini. Kemudian mereka akan mengikuti prinsip self-illumination untuk memberikan penerangan.


Untuk lampu LED, dia memiliki Dioda Pemancar Cahaya yang pada dasarnya bekerja berdasarkan prinsip electroluminescence yang terdiri dari perangkat semikonduktor. Dioda akan memancarkan cahaya ketika listrik melewati dioda pn junction. Dengan penerapan arus, dioda memungkinkan arus mengalir hanya dalam satu arah. Itu terjadi karena memiliki resistansi rendah di satu arah dan resistansi tinggi di sisi lain. Saat arus dialirkan, elektron di satu sisi dioda sambungan pn berpindah ke sisi lain hingga menghasilkan cahaya LED.


Perbandingan Mana yang Terbaik Antara Teknologi LED dan OLED?

Teknologi dalam lampu OLED maupun LED adalah cukup sama, yakni lebih ramah lingkungan daripada sebagian besar bohlam yang ada saat ini. Keduanya sebenarnya aman bagi lingkungan dan tidak mengandung unsur beracun di dalamnya. Tapi meski begitu, sebenarnya OLED lebih dapat terurai secara hayati dan mudah didaur ulang.


Namun itu berubah semenjak LED terus diperkenalkan, yang mana kini lampu LED menjadi lampu bermanfaat yang cukup terjangkau bagi banyak orang. Dengan pencapaian LED hingga saat ini, membuat lampu OLED sekarang dianggap lebih mahal dari LED karena terbuat dari kaca frit pada rongganya. Jadi sebenarnya keduanya cukup terbaik, tapi bagi kami yang cukup terjangkau serta efisien dan praktis adalah lampu LED.


Sekian artikel dari kami mengenai perbandingan teknologi lampu LED vs lampu OLED. Kiranya jadi manfaat bagi Anda untuk mengetahui mana yang terbaik serta sesuai untuk Anda andalkan. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page