Mengenal Perbedaan Antara UPS dan juga Genset yang Wajib Untuk DIketahui



Teknologi terutama dalam elektronik, pastinya hampir semua membutuhkan tenaga listrik, karena tanpa itu maka tentu sistem kelistrikan tidak bisa berjalan. Meskipun ada yang menggunakan baterai, tetapi tetap semua ada kapasitasnya dan harus di charge jika memang kapasitasnya sudah habis. Nah maka dari itu penting sekali pasokan listrik untuk memungkinkan elektronik menyala.


Pasokan listrik tentunya berasal dari PLN, tetapi jika tidak ada dari PLN, maka salah satu pilihan utamanya adalah dengan mengandalkan Genset. Namun selain Genset, ternyata ada juga alat yang juga dapat memberikan suplai listrik cadangan, dimana alat itu adalah UPS. Nah apa perbedaan UPS dengan Genset, semua itu akan kami coba jelaskan kepada anda di bawah ini. Maka dari itu simak selengkapnya!


Mengenal Perbedaan Antara UPS dengan Genset yang Wajib Untuk Diketahui


Proses Menyalurkan Listrik

Mesin Genset sendiri bisa menyalurkan listrik setelah listrik padam dengan proses penyambungan arus menggunakan tombol khusus, sehingga aktivitas kelistrikan yang menggunakan listrik terpaksa terhenti sementara menjelang Genset mengambil alih. Alias perangkat yang membutuhkan listrik tetap akan mati saat mati lampu, selama Genset belum dinyalakan.


Nah UPS sendiri berbeda dengan Genset, yang mana ia lebih sigap saat keadaan mati lampu, Itu karena UPS memiliki cara kerja sistem yang dapat secara otomatis akan langsung menyalurkan arus listrik setelah terjadi pemadaman listrik. Jadi dengan begitu, maka anda masih bisa terus menggunakan elektronik dengan UPS, sebelum kapasitasnya habis atau mati lampu kembali menyala.


Waktu Pemakaian

Tentunya waktu pakai dari mesin Genset memiliki waktu pakai yang cukup lama, dimana itu sesuai dengan kapasitas bahan bakarnya. Meskipun saat digunakan Genset kehabisan bahan bakar, maka Genset masih bisa dinyalakan hanya dengan mengisinya terlebih dahulu untuk melanjutkan penggunaannya.


Lalu untuk UPS, sayangnya ia hanya memiliki jangka waktu menyala tidak lama, yaitu hanya tergantung pada kapasitas baterai yang dimilikinya. Jika itu sudah habis, maka tentu ia harus melakukan pengisian daya baterai kembali hingga UPS kembali penuh. Perlu kalian tahu, cara kerjanya itu mirip dengan power bank untuk mengisi daya suatu baterai.


Penggunaannya

Kebanyakan Genset saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari kebutuhan rumah tangga, pabrik, hingga proyek skala besar. Nah itu berbeda dengan UPS yang hanya terbatas pada beberapa kegiatan insidental saja, seperti acara-acara yang tidak makan waktu lama, dan sebagainya.


Disamping itu Genset tentunya masih bisa dipakai untuk sumber energi utama berbagai kebutuhan, sehingga tak perlu bergantung pada listrik PLN. Sedangkan UPS tentu sangat tergantung pada listrik PLN, karena UPS memiliki kapasitas yang tentunya saat habis juga memerlukan listrik untuk menchargenya.


Jadi itulah beberapa perbedaan dari Genset dan UPS, mana yang terbaik? Tentunya keduanya terbaik, itu karena keduanya bisa dikondisikan pada beberapa keadaan sesuai kebutuhan. Genset dapat berguna sebagai alat pembangkit listrik yang dapat beroperasi cukup lama, dan ia tidak tergantung dengan listrik karena jika habis bahan bakar ia hanya perlu mengisinya. Sementara UPS bisa diandalkan jika memang kebutuhan anda dalam menggunakan elektronik tidak mau sampai terputus karena adanya pemadaman listrik.


Nah sekian dari kami yang membahas perbedaan antara UPS dengan Genset. Tentunya baik UPS dan Genset bisa dikondisikan pada beberapa keadaan, oleh karena itu bila anda tertarik untuk memiliki dan menggunakan Genset maka pilihlah yang terbaik dan berkualitas seperti Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.