Perbedaan Geared trolley dan Plain Trolley dari Fungsi, Keunggulan dan Kekurangannya


Perbedaan Geared trolley dan Plain Trolley dari Fungsi, Keunggulan dan Kekurangannya

Geared trolley dan plain trolley adalah dua alat bantu yang sering ditemukan pada dunia industri. Meski memiliki fungsi yang sama namun ada perbedaan geared trolley dan plain trolley yang mendasar dan sering dibandingkan satu sama lain terkait keunggulannya.


Untuk proses pengoperasiannya trolley dan hoist adalah dua bagian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Trolley sendiri disebut sebagai alat pelengkap atau aksesoris yang sering dipakai di lapangan. Di samping ada kelebihan masing-masing, antara geared trolley dan plain trolley punya kekurangannya tersendiri.


Perbedaan Geared trolley dan Plain Trolley dari Segi Keunggulan dan Kekurangan


Geared trolley masuk ke dalam jenis trolley yang manual untuk cara pengoperasiannya. Alat ini jadi pilihan terbaik untuk industri yang tidak bisa memakai peralatan elektrik karena banyak alasan mulai dari biayanya yang lebih tinggi hingga daya listrik kurang mencukupi.


Untuk keunggulan geared trolley meski harus difungsikan secara manual menggunakan tenaga manusia yaitu:

  • Memiliki kapasitas mulai dari 0,5 ton hingga 30 ton

  • Punya kontruksi yang kokoh karena berasal dari material yang memiliki kualitas tinggi untuk bahan pembuatannya bahkan tahan lama.

  • Konstruksinya sederhana sehingga bisa mempermudah untuk dioperasikan dan mudah dalam proses perawatan tanpa membutuhkan biaya tinggi.

  • Untuk mengoperasikannya tidak sulit karena hanya dengan menarik rantai dan memutar gear pada trolley.

  • Dari segi hara geared trolley memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan trolley listrik apalagi untuk industri kecil dan menengah.

Ada kekurangan dari geared trolley yaitu:

  • Fungsinya yang manual membutuhkan tenaga lebih besar untuk mengoperasikannya.

  • Tidak bisa dipakai untuk mengangkut dan memindahkan benda yang punya frekuensi tinggi.

Perbedaan geared trolley dan plain trolley selanjutnya masuk ke pembahasan khusus plain trolley. Dilihat dari segi keunggulannya memiliki beberapa keunggulan yakni :

  • Desain plain trolley sangat sederhana sehingga pengoprasiannya juga mudah sehingga perawatannya juga mudah.

  • Daya tahannya cukup tinggi.

  • Kapasitas beban yang bisa diangkat yaitu 0,5 hingga 10 ton.

  • Harganya lebih terjangkau.

Sama dengan geared trolley kekurangan plain trolley yaitu membutuhkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya. Jadi, tenaga manusia yang dibutuhkan untuk alat ini cukup banyak meski biaya alatnya terbilang ringan.


Mana yang Lebih Direkomendasikan?


Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing-masing trolley maka waktunya menentukan mana yang terbaik. Pasalnya kedua trolley nyaris mempunyai kelebihan dan kekurangan yang nyaris sama.


Namun jika punya biaya lebih dan daya dukung yang cukup bisa saja pilihan jatuh bukan diantara kedua trolley di atas. Bisa saja yang dipilih adalah jenis trolley terbaik yaitu menggunakan tenaga listrik electric trolley.


Pada dasarnya semua punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Pilih sesuai dengan kebutuhan, daya tahan alat dan juga biaya perawatan. Ketiga komponen tersebut harus jadi pertimbangan matang ketika sedang memilih trolley terbaik untuk dipakai.


Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Jika ingin tahu lebih jelas mengenai perbedaan geared trolley dan plain trolley bisa langsung melihat di http://indahjaya.com . Menjual berbagai ragam trolley yang pastinya dengan harga terjangkau dan pilihan variatif sehingga tidak perlu membuat Anda takut salah pilih.