Perbedaan Genset Bensin dan Diesel yang Wajib Diketahui


Perbedaan Genset Bensin dan Diesel yang Wajib Diketahui

Genset kini menjadi sumber daya yang banyak digunakan masyarakat saat keadaan darurat. Jenis genset yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu genset bensin serta genset diesel. Keduanya banyak digunakan masyarakat karena memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan penggunanya. Lantas, apa saja perbedaan genset bensin dan diesel tersebut?


Antara genset bensin dan diesel memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Bahkan, mulai dari komponen hingga spesifikasi kedua jenis genset tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok.


Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari kedua jenis genset tersebut, maka berikut ini adalah informasi yang wajib untuk disimak!


Perbedaan Genset Bensin dan Diesel


Genset bensin dan genset diesel merupakan dua jenis genset yang paling banyak digunakan, baik bagi masyarakat ataupun industri. Sebagai sumber energi dalam keadaan darurat, keberadaan dua jenis genset ini sangatlah penting.


Maka dari itu, bagi Anda yang hendak mengetahui berbagai macam perbedaan dari genset bensin dan diesel, berikut adalah informasinya.


Genset Bensin

Sesuai namanya, genset bensin adalah genset yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Jenis bahan bakar bensin ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, harganya pun tergolong sangat terjangkau.


Cara kerja dari genset bensin yaitu menggunakan metode pembakaran yang disuplai dengan listrik bertegangan tinggi. Listrik bertegangan tinggi tersebut kemudian memicu percikan bunga api di celah busi sehingga memulai pembakaran bensin kemudian membuat genset menjadi aktif.


Tentunya setiap jenis genset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah keuntungan serta kekurangan penggunaan genset bensin sebagai sumber energi dalam kondisi darurat.


Kelebihan

  • Menghasilkan kebisingan suara yang lebih rendah

  • Adanya performa horse power yang tergolong besar

  • Harga jual genset di pasaran relative murah

  • Boros bahan bakar


Kekurangan

  • Daya tahan mesin bensin kurang karena lebih cepat panas

  • Kurang memadai apabila digunakan untuk keperluan yang membutuhkan kapasitas besar atau lebih dari 10.000 Watt

  • Perawatannya mesin bensin lebih susah untuk dilakukan


Genset Diesel

Setelah membahas tentang genset bensin, kini saatnya untuk membahas genset diesel. Dengan begitu, Anda menjadi memahami perbedaan genset bensin dan diesel secara jelas.


Berbeda dengan genset bensin, bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan genset diesel yaitu solar. Cara kerja dari genset solar ini adalah dengan mengubah bahan bakar solar tersebut menjadi energi mekanik untuk proses pembakaran. Untuk memulai pembakaran, mesin diesel menggunakan udara yang dikompresi.


Selain itu, untuk mengoperasikan mesin diesel tidak diperlukan campuran udara beserta bahan bakar di luar silindernya. Silinder yang dimiliki oleh genset jenis ini biasanya berjumlah 2 hingga 16, tentunya bergantung pada merek serta tipe gensetnya.


Seperti genset diesel bensin, jenis genset ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan genset diesel.


Kelebihan

  • Torsi yang dimiliki lebih besar

  • Efisiensi bahan bakar tergolong tinggi

  • Perawatannya mudah

  • Kokoh dan tahan banting

  • Bahan bakar yang digunakan lebih murah

  • Bisa digunakan pada kapasitas tinggi

Kekurangan

  • Mesin menghasilkan suara yang bising

  • Harga lebih mahal

  • Memiliki dimensi ukuran yang besar

  • Gas buang dari mesin diesel lebih banyak


Bagi Anda yang sedang membutuhkan genset bensin ataupun genset diesel untuk kebutuhan, maka Anda bisa mengunjungi PT Surya Indah Sentra Gumilang melalui websitenya di https://www.indahjaya.com/. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam menyediakan berbagai peralatan teknik berkualitas, termasuk genset. Tunggu apalagi? Segera hubungi PT Surya Indah Sentra Gumilang dan dapatkan genset terbaik dengan harga terjangkau!


Demikian informasi mengenai perbedaan genset bensin dan diesel yang dibingungkan oleh banyak orang. Setelah membaca keseluruhan artikel di atas, pasti Anda sekarang telah mampu membedakan keduanya.