Yuk Simak Perbedaan Antara Genset, UPS, dan Stabilizer yang Wajib Diketahui



Energi listrik sangat diperlukan saat ini, yang mana hampir semua kebutuhan dan aktivitas yang menggunakan alat atau mesin, pastinya harus disumberi dengan tenaga listrik. Nah jika tidak ada tenaga listrik yang ada karena adanya pemadaman listrik atau hal lain sebagainya, maka pastinya akan menghentikan kegiatan yang menggunakan listrik, atau mungkin yang parahnya lagi bisa menimbulkan masalah hingga kerusakan.


Namun untuk mengatasi masalah sumber listrik yang tidak ada dari pusat PLN, maka kini untuk mengatasinya bisa menggunakan alat, seperti Genset, UPS, dan bahkan Stabilizer. Banyak orang yang masih bingung dengan ketiganya tersebut, padahal mereka bertiga memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Oleh karena itu untuk mengetahui perbedaan ketiganya tersebut, maka anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Perbedaan Antara Genset, UPS, dan Stabilizer yang Wajib Anda Pelajari


Genset

Genset adalah mesin yang menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam, dan biasanya digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik. Genset mempunyai peran penting untuk membackup listrik ketika listrik padam, terlebih lagi pada tempat-tempat besar, seperti rumah sakit, pabrik, perusahaan, perkantoran, bahkan rumah.


Selain itu, Genset banyak dipilih di tempat tidak tersedia listrik sama sekali, hal itu karena Genset sangat cocok dikarenakan bisa bekerja menggunakan bahan bakar bensin maupun solar. Namun, salah satu kelemahan Genset adalah saat terjadi pemadaman listrik, alat tersebut memerlukan waktu untuk benar-benar hidup dan dapat beroperasi menyalurkan listrik.


UPS

Uninterruptible Power Supply (UPS) atau suplai daya bebas gangguan, adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, dan untuk dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. Biasanya UPS adalah sebuah alat pe-suplai listrik sementara secara langsung ketika listrik padam.


Alat tersebut nantinya akan memberikan waktu yang cukup bagi anda untuk mematikan perangkat elektronik secara benar, hal itu agar perangkat elektronik tidak cepat rusak. Atau bisa juga bisa untuk memberikan waktu yang cukup terhadap pengguna agar dapat menyimpan data pekerjaan apapun, agar nantinya tidak terjadi kesalahan atau pengulangan pekerjaan karena sumber listrik yang mati.


Stabilizer

Stabilizer adalah suatu komponen yang memiliki fungsi untuk menjaga tegangan arus listrik agar stabil (normal), dimana arus yang stabil sangat dibutuhkan untuk berbagai peralatan elektronik. Contohnya seperti pendingin makanan atau kulkas, Air Conditioner, Komputer, dan bahkan bisa Genset.


Jadi intinya, stabilizer digunakan untuk menurunkan dan menaikkan tegangan listrik agar tetap stabil. Yang mana cukup jelas berbeda dengan Genset, karena alat tersebut biasanya digunakan untuk menjadi pendamping yang cocok untuk menemani Genset agar listrik yang dialirkan menjadi stabil.


Jadi dengan mengetahui pembahasan kami diatas, maka pastinya anda sudah dapat mengetahui perbedaan dari ketiganya. Nah bagi anda yang memang tertarik dengan salah satu alat diatas, seperti Genset, maka kami rekomendasikan Genset Tenka. Kenapa Tenka? Karena Tenka adalah produk terpercaya dan terbukti berpengalaman sebagai produk Genset yang dipercayakan di beberapa tempat besar. Dan untuk memilikinya maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, yang mana membahas perbedaan antara Genset, UPS, hingga Stabilizer. Semoga bisa bermanfaat bagi anda, terutama bisa menjadi penambah wawasan anda tentang Genset, UPS, dan Stabilizer. Jangan lupa, anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya menggunakan media yang ada dan tersedia, hal itu agar yang lainnya dapat juga manfaat dari artikel ini.