Inilah Perbedaan Mur dan Baut yang Mungkin Tidak Anda Sadari



Baut adalah komponen yang dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa komponen hingga menjadi satu bagian, tetapi itu tidak memiliki sifat permanen. Sama halnya dengan mur, ia merupakan komponen yang dapat menjadi suatu pengikat, itu karena ia memiliki lubang berulir. Mur dan baut hampir memiliki kegunaan yang sama, sehingga itu membuat banyak orang beranggapan bahwa keduanya sama.


Sering dianggap sama, mur dan baut sebenarnya berbeda sekali, mulai dari bentuk dan sebagainya yang pastinya sulit diketahui oleh orang biasa. Nah maka dari itu melalui artikel ini kami akan bantu anda semua dalam memahami perbedaan dari mur dan juga baut, yang mana agar nantinya tidak ada lagi yang lain yang tidak mengetahui perbedaannya. Oleh karena itu bagi anda yang ingin tahu perbedaan keduanya, maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Perbedaan dari Mur dan Juga Baut


Baut dan Mur Saling Terkait

Tentunya bagaimana bisa jika mur dan baut itu disamakan, hal itu karena memang kedua komponen tersebut saling terkait satu sama lain. Untuk baut mungkin ia bisa digunakan sendiri, tetapi tidak akan bisa menghasilkan kuncian yang sangat kuat seperti yang didapatkan ketika memasangkannya dengan mur. Lalu untuk mur, tentunya ia tidak akan bisa berfungsi jika tidak ada baut, karena darimana mur dapat dipasangkan tanpa ada batang yang mengikat.


Posisi dan Ulirnya

Baik mur dan baut, keduanya jelas memiliki ulir yang tentunya akan berfungsi untuk mengunci keduanya agar tidak gampang terlepas. Nah ulir tersebut yang nantinya akan menjadikan keduanya memiliki kemampuan yang baik dalam menyatukan dua material, sehingga nantinya tidak akan gampang goyah. Untuk Mur, ulirnya akan berada pada bagian dalam, sehingga itu jelas tidak akan mudah terlihat dari luar. Sementara untuk baut, ulirnya sendiri yang akan berada di luar. Jadi dengan begitu, maka baut akan masuk ke cincin dari mur, tetapi itu bila diputar, maka ulir keduanya akan saling menyatu membentuk ikatan yang kuat.


Panjang Ulirnya

Selain posisinya yang berbeda, panjang dari ulir mur dan baut ternyata juga sama berbeda. Nah untuk mur, panjang dari ulirnya akan mengikuti seberapa panjang bagian silindernya itu. Lalu sedangkan untuk baut, maka akan ada variasi yang cukup berbeda. Nah dari beberapa jenis baut tentunya memiliki ulir dari bagian bawah kepala hingga ujungnya. Lau pada varian yang lain hanya memiliki ulir di setengah panjang dari batangnya. Jika ada yang berbeda-beda, tetapi itu tetap tidak mengubah fungsi yang memang sudah dihadirkan dengan kesamaan yang sama.


Ukurannya

Tidak hanya bentuk yang jelas berbeda, ada juga ukuran mur dan baut yang jelas membedakan keduanya. Sudah cukup umum diketahui, untuk mur sendiri ia cenderung memiliki ukuran yang sama, alias tidak terlalu panjang daripada baut. Sedangkan untuk baut sendiri, yang mana ia terdiri dari bagian kepala dan batang yang berulir, tentunya itu akan memiliki berbagai macam ukuran yang berbeda. Kesimpulannya, ukuran baut pasti lebih panjang jauh daripada mur, yang mana mur hanya sebatas bentuk tanpa adanya batang layaknya yang ada di baut.


Jadi itulah perbedaan mur dan juga baut yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan bisa membuat anda semua tidak lagi menyamakan kedua komponen tersebut. Nah jika anda tertarik dengan perkakas yang cocok untuk baut dan mur seperti obeng, maka yang terbaik serta berkualitas dari kami adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com