Perbedaan Pompa Celup dan Pompa Satelit Kelebihan dan Kekurangannya


Perbedaan Pompa Celup dan Pompa Satelit Kelebihan dan Kekurangannya

Pompa air menjadi kebutuhan dalam kehidupan karena air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Penting untuk memahami perbedaan pompa celup dan pompa satelit supaya disesuaikan dengan kebutuhan karena jika salah justru tidak berfungsi maksimal.

Setiap pompa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan cara kerja dan fungsinya juga berbeda. Untuk tahu lebih detail lagi maka perlu penjelasan lanjutan yang akan diberikan di bawah ini.


Perbedaan Pompa Celup dan Pompa Satelit dari Segala Sisi


Dimulai dari pompa satelit terlebih dahulu dimana sebutan pompa satelit juga dikatakan sebagai electric submersible pump atas ESP. Pompa ini peletakannya ada di dalam air dan bisa rusak jika dipakai dalam kondisi tidak ada air dan terus menerus.


Pada pompa ini terdapat tinggi minimal air yang harus dipompa dan harus terpenuhi ketika sedang bekerja supaya lebih lifetime karena pola tersebut lama. Jenis pompa ini adalah tipe pompa sentrifugal yang mana cara kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan ke energi potensial (dinamis).


Cara kerja pompa satelit ialah dengan mendorong air ke permukaan. Untuk kelebihannya sendiri jenis pompa submersible yaitu:

  • Biaya perawatan mesinnya yang relatif rendah

  • Suaranya yang tidak bising karena kondisinya ada di dalam sumur

  • Mempunyai pendingin alami karena posisinya yang terendam dalam air

  • Sistem pompanya tidak memakai alat penggerak yang panjang dan bearing

Selanjutnya ke pompa celup atau yang disebut juga dengan submersible pump yang memiliki keunggulan daripada pompa air lainnya. Perbedaan cara kerja airnya ialah mendorong sumber air ke permukaan karena adanya perangkat impeller sebagai pemutar dalam casing.


Peletakannya juga berbeda karena mesin celup tidak boleh terkena air. Penggunaan mesin celup biasa ada di sumur bor, irigasi pertanian dan juga kolam tambak ataupun udang. Berikut ini keunggulan pompa celup:

  • Perawatannya yang cukup murah

  • Punya pendingin alami yang bisa stabilkan kondisi mesin

  • Mengurangi kebisingan

Pompa celup dan pompa satelit bisa dikatakan sebagai pompa yang sama bagi sebagian orang. Fungsinya bisa dipakai untuk mengalirkan air, yang mana mesin pengalir air atau bahan cair lain seperti minyak dan lainnya pasti berbeda.


Namun, ada yang menganggap bahwa terdapat perbedaan pompa celup dan pompa satelit sehingga sangat selektif dalam memilihnya.


Cara Dapatkan Mesin Pompa Terbaik


Saat ini sudah banyak yang menyediakan mesin pompa celup ataupun pompa satelit. Para penjual biasanya bersaing soal harga dan kualitas. Yang harus dipertimbangkan bagi pembeli adalah masa garansi mesin pompa karena semakin panjang semakin menguntungkan.


Cara mendapatkan toko terbaik yang menjual pompa celup dan pompa satelit bisa dengan mencari review dari internet atau bisa juga dengan meminta rekomendasi dari pihak terpercaya. Cari banyak toko sebelum menjatuhkan pilihan.


Jika ingin mencari salah satu toko terbaik penyedia mesin pompa bisa dilihat di http://indahjaya.com . Indah Jaya menyediakan lengkap pompa air yang juga memberi kualitas terbaik, harga kompetitif dan masa garansi panjang.


Setelah mengetahui perbedaan pompa celup dan pompa satelit di atas maka tentukan mana yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya langsung kunjungi website Indah Jaya dan pilih beragam jenis pompa bahkan bisa juga melihat harganya di website tersebut.