Perbedaan Pompa Hidrolik dan Pompa Listrik Untuk Operasikan Pompa Lumpur



Membahas pompa satu per satu, jelas akan sangat banyak dan memakan waktu, itu karena diketahui hingga saat ini bahwa pompa memiliki beberapa jenis dan juga ragamnya. Meski begitu pompa dengan berbeda jenis masih bisa di compare dengan pompa lain, hal itu agar mengetahui mana yang terbaik dan cocok untuk kebutuhan yang ingin digunakan.


Seperti halnya dengan pompa hidrolik dan juga pompa listrik, dimana kedua pompa tersebut akan menjadi topik utama dalam artikel ini untuk kami bahas kepada anda semua. Kami akan bahas kepada anda, mengenai perbedaan dari kedua pompa tersebut, terutama untuk pengoperasian pada pompa lumpur. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak tahu dan ingin tahu, maka ketahuilah dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Pompa Hidrolik Untuk Operasikan Pompa Lumpur

Pengertian pompa hidrolik atau hydraulic pump sendiri dikenal sebagai salah satu komponen yang berguna mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik. Pompa tersebut juga sering dijumpai untuk mengangkat barang-barang berat, yang mana dengan memanfaatkan sebuah energi lalu mengubah energi mekanik menjadi sebuah energi hidrolik.


Jadi lebih jelasnya, pompa hidrolik itu memiliki fungsi sebagai komponen pemindahan energi dari satu sumber (fluida) untuk diubah menjadi tenaga hidrolik, dimana itu terjadi dengan terciptanya tenaga hidrolik sehingga mesin dapat bekerja secara optimal. Atau lebih tepatnya, hidrolik itu memang dirancang untuk menghasilkan torsi tingkat tinggi dalam paket yang jauh lebih kecil.


Dalam mengaplikasikannya papa pengoperasian pompa lumpur, tentunya itu bisa menyebabkan perubahan beban mendadak, dikarenakan memang beban lumpur sendiri cukup besar dan padat. Namun meski begitu, sistem pada pompa hidrolik biasanya akan hidup kembali tanpa kerusakan, sehingga jauh lebih memiliki anggaran yang lebih kecil dibanding pompa lain, tetapi tetap memiliki biaya perawatan yang cukup mahal terutama ketika rusak.


Secara umum, unit daya dari pompa hidrolik itu relatif mudah dihubungkan ke pompa lumpur dengan beberapa aksesori lainnya. Itu karena ia menyertakan pengatur dan fitur bawaan lainnya yang membantu skala mesin diesel sesuai permintaan pompa dengan beberapa suku cadang tambahan. Apabila lebih ada banyak kontrol yang diperlukan untuk pergerakan slurry yang presisi, programmable logic controller (PLC) dapat diintegrasikan dengan mudah.

Pompa Listrik Untuk Operasikan Pompa Lumpur

Pompa listrik jelas adalah pompa yang memang menggunakan listrik, tetapi itu bukan definisi sebenarnya tentang pompa tersebut. Pompa listrik adalah pompa yang memiliki mesin bertenaga diesel, dimana itu bervariasi dalam biaya operasi dan sebagainya yang berkelanjutan. Pompa dengan motor listrik sebenarnya tersedia secara luas dalam penggunaan standar, seperti pemompaan slurry yang juga tersedia dengan biaya yang lebih rendah.


Namun, sistem tenaga pada pompa listrik yang sebenarnya cenderung memerlukan peralatan tambahan, sehingga membuat seluruh sistem tenaga pompa akan jauh lebih mahal jika dibangun di sekitar motor listrik. Lalu untuk operasikan pompa lumpur, sebenarnya ia cenderung lebih mahal juga, itu karena memang lumpur memiliki kelebihan beban yang menyebabkan macet, sehingga akan itu akan berdampak kerusakan dan beberapa masalah.


Lalu pompa motor listrik tentunya juga memerlukan semacam pengontrol step-down yang ditempatkan di antara motor dan pompa. Dikarenakan motor A/C pada model listrik yang paling umum hanya menghasilkan jumlah daya yang tetap. Lalu karena pemindahan bubur dengan padatan campuran itu juga bisa menyebabkan perubahan cepat dalam permintaan daya. Jadi tepat sekali penggerak frekuensi variabel (VFD) seringkali diperlukan, terutama untuk motor 3 fase besar yang digunakan untuk operasi pompa.


Sekian artikel bermanfaat dari kami kepada anda, semoga bisa bermanfaat terutama bisa membuat anda mengerti tentang perbedaan pompa hidrolik dan listrik dalam mengoperasikan pompa lumpur. Terdapat beberapa pompa celup industrial merk Tsurumi yang tentunya berkualitas dan tahan lama. Mengenai produk Tsurumi, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.