top of page

Mengenal Perbedaan Antara Waterpass Non Magnet dan Waterpass Magnet



Dari banyaknya alat ukur, tentunya alat ukur yang paling efektif dan efisien dalam mengukur segi kemiringan adalah waterpass. Hal itu tentunya benar, dikarenakan memang waterpass adalah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata secara vertikal dan juga horizontal. Nah waterpass juga memiliki beberapa jenis, yang mana salah satunya adalah yang menggunakan magnet.


Waterpass magnet memang adalah waterpass yang memiliki ciri yang hanya dimiliki oleh waterpass tersebut. Sehingga pastinya ia akan berbeda dengan waterpass lain, seperti salah satunya adalah waterpass non magnet. Baik yang magnet atau tidak, sebenarnya bagi orang awam akan sulit membedakannya. Nah maka dari itu agar tidak bingung, maka Anda bisa ketahui perbedaan keduanya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Perbedaan Antara Waterpass Magnet dan Waterpass Non Magnet

Sebelum pada perbedaan, sebenarnya waterpass magnet dan waterpass non magnet itu memiliki persamaan, yang mana persamaan itu terkadang menjadi alasan banyak orang sulit membedakan keduanya. Nah persamaannya jelas adalah kegunaan dan fungsinya, yaitu digunakan sama-sama digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, yang mana itu bisa dalam pengukuran secara vertikal dan juga secara horizontal.


Nah dengan persamaan dari fungsi dan kegunaannya itu, maka tidak heran banyak orang yang bingung melihat perbedaan dari keduanya. Nah perbedaan dari keduanya itu sebenarnya bisa dilihat dari fisik ataupun dari keunggulannya, begitu juga dengan lain sebagainya yang memang terkait. Untuk lebih mengerti apa perbedaan dari keduanya, maka silahkan Anda simak yang ada di berikut ini:

  • Perbedaannya dari waterpass magnet dan waterpass non magnet adalah pada magnetnya. Nah perbedaan ini jelas adalah yang utama dari keduanya. Untuk mengetahui apakah ada magnet atau tidak, maka Anda bisa merasakannya dengan menempelkan material yang bisa ditarik oleh magnet. Jika ia menempel, maka jelas ia adalah waterpass magnet, tetapi jika tidak maka sudah pasti ia adalah waterpass non magnet.

  • Nah perbedaanya sebenarnya bisa juga dilihat dari fisik jika Anda mau teliti. Pada waterpass magnet, tentunya akan disisipi sistem magnet, yaitu tepatnya pada bagian panjang dari waterpass tersebut. Waterpass magnet biasanya akan memiliki sisi sebelah kanan dan kiri yang dilengkapi dengan atribut seperti logam, yang mana jelas pasti bisa dipastikan bahwa itu magnet. Jika tidak, maka itu adalah waterpass biasa alias waterpass non magnet.

  • Kemudian ada juga perbedaan yang bisa Anda rasakan jika memegang waterpass magnet atau tidak. Kebanyakan waterpass magnet pastinya memiliki berat yang tidak biasa, alias lebih berat dari waterpass non magnet. Jadi ketika Anda memegang keduanya dan mendapati keduanya memiliki perbedaan berat, maka yang berat adalah waterpass magnet, sementara satunya lagi yang ringan adalah waterpass non magnet.

  • Lalu ada juga perbedaan yang sebenarnya cukup umum dapat diketahui semua orang. Nah perbedaan tersebut adalah perbedaan harga dari keduanya. Karena waterpass magnet memiliki sistem magnet, maka biasanya ia memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Sedangkan waterpass non magnet cenderung akan lebih murah, hal itu karena memang ia adalah waterpass yang biasa, alias waterpass pada umumnya.

Jadi itulah dari kami kepada Anda, yaitu mengenai perbedaan antara waterpass magnet dan waterpass non magnet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua dalam mengenali perbedaan antara waterpass magnet dan non magnet. Nah jika Anda ingin memiliki perkakas yang terbaik atau berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page