top of page

Perkakas Bengkel: Jenis dan Fungsinya untuk Pekerjaan di Bengkel Mobil dan Sepeda Motor



Mobil dan motor merupakan 2 kendaraan yang memang sudah sangat menjamur saat ini, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Itu karena keduanya memiliki kegunaan yang sama, yakni bisa membawa orang ke suatu tempat dengan cepat. Namun mobil dan motor juga memiliki perbedaan yang bisa menjadi kelebihan serta kekurangan mereka, yakni motor efisien tetapi lebih beresiko, sementara mobil lebih aman tetapi kurang efisien saat macet.


Namun baik itu motor atau mobil, adalah 2 kendaraan yang harus rutin ada di bengkel, baik untuk merawat ataupun reparasi saat keduanya dalam kondisi rusak atau sebagainya. Bagaimana bengkel bisa melakukannya? Itu karena selain adanya mekanik yang handal, bengkel pun juga memiliki banyak peralatan atau perkakas yang bisa memungkinkan itu terjadi, yaitu perkakas yang seperti akan kami jelaskan di artikel berikut ini!


Perkakas Bengkel yang Memang Perkakas Tepat untuk Bengkel Mobil atau Motor

Bengkel adalah tempat yang tepat untuk motor atau mobil melakukan perawatan ataupun perbaikan, sehingga agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan itu, perkakas bengkel tepat diandalkan. Hal itu memang wajar, karena memang tidak ada manusia yang mampu membuka komponen atau part pada kendaraan roda 2 atau 4 tanpa bantuan alat lain seperti perkakas. Begitu juga dengan sebaliknya, yakni memasang komponen atau part pada kendaraan apapun. Namun, perkakas yang tepat untuk bengkel sendiri adalah perkakas yang tidak boleh sembarangan, yaitu perkakas yang memang sudah menjadi perkakas wajib ada di bengkel.


Inilah Beberapa Jenis dan Fungsi Perkakas Bengkel untuk Bengkel Mobil dan Motor

Nah berikut ini merupakan perkakas bengkel yang memang sudah wajib atau umum ditemukan di bengkel mobil, begitu juga dengan bengkel motor:

  • Kunci Pas: Adalah kunci yang memiliki banyak ukuran, yang mana memang kunci pas sangat berguna untuk membuka atau mengencangkan baut yang berbentuk segi enam. Bentuk kunci pas ini sendiri seperti garpu dengan kegunaannya di dua ujung kunci.

  • Kunci Busi: Kendaraan tentunya memiliki komponen busi, maka kunci ini perlu ada di bengkel. Nah seperti namanya, kunci ini dikhususkan untuk busi. Gunanya yaitu untuk mengencangkan busi kendaraan jika renggang. Nah kunci busi hanya dibuat menyesuaikan dengan jenis kendaraannya, jadi ada perbedaan pada jenis kendaraan dengan businya.

  • Kunci Ring: Kunci ini merupakan kunci bengkel yang ada di bengkel motor atau mobil. Kunci atau perkakas ini sangat berguna untuk membuka dan mengencangkan baut, yakni dengan cara pengerjaannya yang bisa diputar searah jarum jam. Faktanya, kunci ring bisa dipergunakan ketika baut memang berada di area yang sempit. Hal itu karena memang bentuk ujungnya seperti ring dengan gagang yang lebih panjang dibanding kunci pas.

  • Kunci Nepel: Merupakan perkakas bengkel atau kunci yang bisa merenggangkan ataupun mengencangkan baut yang bentuknya hexagonal. Kenyataannya kunci ini cukup sama dengan kunci pas tetapi cukup berbeda. Perbedaannya yakni bisa dilihat di bagian tiap ujungnya.

  • Kunci Shock: Atau bisa dipanggil kunci sok, merupakan kunci bengkel yang bisa digunakan untuk melepas atau mengencangkan baut. Namun kunci ini bisa digunakan apabila pekerja tidak menemukan baut yang sesuai dengan kunci pas, sehingga dengan begitu maka kunci ini bisa dianggap sebagai kunci alternatif yang tepat.

  • Kunci L: Adalah kunci yang berbentuk huruf “L”, yaitu dengan kegunaan melepaskan atau mengencangkan baut yang berbeda dengan baut pada umumnya.


Jadi itulah perkakas bengkel untuk bengkel motor dan bengkel mobil, yang mana ada jenis dan fungsinya. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah jika Anda tertarik dengan perkakas, baik untuk bengkel motor atau mobil ataupun untuk bidang lain, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page