top of page

Perkakas Kayu: Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat untuk Proyek Kayu Anda



Kayu merupakan bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras, itu karena ia mengalami lignifikasi. Kayu pada umumnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot, bahan bangunan, bahan kertas, dan banyak lagi. Nah kemudian, kayu pun sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah tangga dan sebagainya, yang mana itu bisa dibuat dengan bantuan alat khusus.


Dalam proyek yang melibatkan kayu atau pengrajin kayu, tentunya ada alat khusus atau perkakas khusus yang tepat untuk melakukannya. Nah perkakas tersebut pastinya bukan perkakas yang ada di bengkel, ataupun konstruksi. Untuk lebih jelasnya, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya, dikarenakan di artikel ini kami akan jelaskan perkakas kayu, seperti jenisnya, fungsinya, bahkan tips dalam memilih perkakas kayu yang tepat.


Mengenal Perkakas Kayu yang Memang Tepat untuk Pengerjaan Kayu

Perkakas memang banyak digunakan di beberapa sektor, tetapi itu digolongkan pada perkakas tertentu. Jadi untuk pengerjaan kayu, maka ada perkakas khusus untuk itu. Hal itu penting, karena bisa Anda bayangkan jika Anda ingin membuat sesuatu dari kayu, tetapi Anda hanya menggunakan perkakas seperti kunci pas atau kunci L yang memang ada di bengkel, sehingga dengan begitu maka semuanya akan sia-sia bahkan tidak menjadi pengerjaan yang tepat. Oleh karena itu, maka pastikan pengerjaan yang melibatkan kayu, adalah dengan menggunakan atau mengandalkan perkakas kayu.


Jenis dan Fungsi Perkakas Kayu yang Ada

Berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi dari beberapa perkakas kayu yang ada saat ini:

  • Gergaji: Tentunya pengerjaan kayu umumnya melibatkan pengerjaan potong-memotong, sehingga pastinya harus ada alat untuk memotong. Nah alat atau perkakas yang bisa digunakan atau tepat dalam memotong kayu, yakni ia adalah gergaji. Untuk gergajinya pun bisa Anda pilih sesuai kebutuhan atau keperluan yang tepat bagi kayu yang terlibat.

  • Mesin Bor: Kemudian ada juga perkakas untuk kayu yang memang termasuk sebagai perkakas elektrik, yaitu perkakas mesin bor. Tujuan dari mesin bor untuk pengerjaan kayu, yaitu untuk memberikan lubang tertentu pada kayu, yang mana itu lebih presisi serta tepat daripada menggunakan paku atau palu.

  • Alat Serut: Nah pengerjaan yang melibatkan kayu pun juga ada alat serut untuk kayu. Kegunaan dari alat ini sama dengan namanya, yakni berguna untuk menyerut kayu, dengan harapan agar permukaan kayu menjadi rata dan halus. Tentunya penyerutan ini menjadi tahapan penting sebelum kayu masuk ke tahapan finishing.

  • Profil Pahat: Ini merupakan mesin atau perkakas kayu yang juga harus dipertimbangkan ada pada pengerjaan kayu. Itu karena alat tersebut berfungsi untuk memudahkan pembuatan berbagai lubang terutama kayu-kayu tebal hingga ketebalan tertentu. Misalnya saja seperti untuk membuat lubang kunci atau lubang purusan yang dibutuhkan.

  • Alat Pahat: Berbeda dengan alat serut, alat pahat merupakan alat yang digunakan untuk pahat kayu menjadi ukuran tertentu atau bentuk tertentu. Jadi intinya, perkakas ini adalah perkakas kayu yang umum digunakan oleh pengrajin kayu untuk mengupas, membentuk, dan mengukir kayu.


Tips Memilih Perkakas Kayu yang Tepat

Inilah tips memilih perkakas kayu yang tepat agar tidak salah pilih:

  • Memilih perkakas kayu yang tepat adalah dengan melihat kondisi fisik dari perkakas tersebut. Jadi pastikan perkakas kayu tidak karatan atau memiliki kerusakan di bagian mata perkakas atau gagang perkakasnya.

  • Kemudian yang tidak boleh juga dilupakan, perkakas kayu yang Anda pilih harus perkakas yang tidak memiliki bau menyengat. Ini penting, mengingat perkakas kayu akan berkaitan langsung pada pengerjaan kayu.

  • Pastikan Anda beli atau pilih perkakas kayu dari pembeli yang memang terpercaya, begitu juga dari merek atau brand yang memang terpercaya serta berpengalaman.


Jadi itulah penjelasan perkakas kayu yang perlu Anda ketahui, baik itu fungsi, jenis, hingga tips dalam memilihnya. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan kepada semuanya. Jika Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page