top of page

Perkakas Listrik: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang Tersedia



Listrik merupakan energi yang saat ini memang menjadi energi paling digemari, bahkan seiring perkembangannya pun tenaga dari listrik pun berkembang, contohnya seperti kini ada kendaraan dari tenaga listrik yang memang terkenal hemat bahan bakar. Nah dengan banyaknya alat atau benda yang menggunakan listrik, maka itu pun membuat tenaga listrik yang digunakan semakin besar, sehingga bisa menimbulkan masalah jika ada kesalahan.


Pada sistem kelistrikan di beberapa alat atau benda, tentunya yang bisa memperbaikinya adalah seseorang yang memang ahli di bidang kelistrikan. Namun akan sia-sia jika orang tersebut tidak menggunakan peralatan yang tepat, seperti salah satunya adalah perkakas yang memang dikhususkan untuk listrik. Di artikel ini, kami akan perkenalkan kepada Anda tentang perkakas listrik, baik itu fungsi dan jenisnya, yang mana memang itu penting untuk diketahui.


Mengenal Perkakas Listrik yang Perlu Anda Ketahui Lebih Lanjut

Bukan hanya ada pada bidang konstruksi atau otomatis, perkakas pun juga turut diandalkan di bidang kelistrikan, yang mana perkakas untuk itu adalah perkakas yang termasuk sebagai perkakas listrik. Jadi untuk memperbaiki, bongkar pasang, hingga sebagainya yang memang berkaitan dengan sistem listrik di suatu alat atau benda listrik, maka dibutuhkanlah perkakas listrik khusus. Hal itu penting, karena tanpa menggunakan perkakas listrik atau salah dalam menggunakan perkakas, maka sistem kelistrikan pun bisa menjadi kacau atau rusak.


Jenis dan Fungsi dari Perkakas Listrik yang Ada

Berikut ini adalah beberapa jenis serta fungsi dari perkakas listrik yang ada dan bisa Anda temukan:

  • Obeng: Tentunya di tiap kelistrikan, pastinya baut ataupun sekrup selalu ada. Oleh karena itu, salah satu alat atau perkakas penting di sistem kelistrikan, adalah perkakas listrik bernama obeng. Nah obeng pun perlu Anda pertimbangkan memiliki beberapa jenis, yakni yang dilihat dari mata obeng itu sendiri, seperti minus untuk minus, plus untuk plus, hingga lain sebagainya yang memang harus sesuai.

  • Tang: Tang merupakan alat atau perkakas yang dapat digunakan untuk memegang, memotong, melepas, dan memasang bahan kerja apapun pada sistem kelistrikan yang ada. Jenis tang pun ada bermacam-macam, seperti ada tang kombinasi, tang lancip, dan tang potong, hingga lain sebagainya yang memang ada di beberapa banyak tempat.

  • Cutter: Cutter termasuk sebagai alat potong layaknya pisau dan gunting, tetapi cutter jauh lebih presisi memotong lebih rapi dan rata. Nah karena kegunaannya itu, maka cutter juga penting menjadi perkakas listrik, karena umumnya pada sistem kelistrikan akan ditemukan tembaga listrik, kabel, hingga lain sebagainya yang berkaitan.

  • Solder: Atau patri lunak, merupakan paduan logam yang mudah meleleh, yang mana itu bisa digunakan sebagai logam pengisi untuk menyambungkan dua material logam. Pada proses penyolderan yang memang dibutuhkan pada listrik, solder dilelehkan atau dilebur agar dapat dibubuhkan pada sambungan yang akan terikat setelah solder mendingin dan memadat.

  • Kuas: Bukan hanya bisa digunakan untuk cat, kuas pun juga perkakas yang memang bisa diandalkan pada pembersihan di sistem kelistrikan. Maksudnya, karena umumnya sistem kelistrikan cenderung ada debu, maka untuk membersihkan debu-debu tersebut bisa mengandalkan alat pembersih seperti kuas dengan beberapa ukuran yang ada.


Jadi itulah perkakas listrik yang memang banyak jenis serta fungsi yang memang tepat diandalkan untuk pekerjaan listrik. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page