top of page

Perkakas Mekanik: Jenis, Fungsi, dan Cara Menggunakannya yang Benar



Kendaraan darat, baik itu roda 2, 4, atau lebih, merupakan alat transportasi yang memang sangat diandalkan oleh banyak manusia saat ini. Itu karena kendaraan bisa membawa kita ke suatu tempat khusus dengan lebih mudah, serta yang pasti adalah cepat. Namun walau memiliki kegunaan seperti itu, bukan berarti kendaraan bisa bebas dari masalah. Karena kendaraan pun perlu dibawa ke bengkel, seperti service, reparasi, hingga lain sebagainya.


Ketika kendaraan dibawa ke suatu bengkel, maka yang bisa memperbaiki atau mengatasi kendaraan, yaitu adalah seorang mekanik. Tetapi sehebat apapun para mekanik, tetapi jika tidak memiliki perkakas, maka itu semua akan sia-sia saja. Oleh karena itu, mekanik yang ada di bengkel sangat penting memiliki perkakas, yaitu dapat berguna dalam membantu mekanik untuk membongkar pasang part pada kendaraan, atau sebagainya yang ada di artikel ini!


Inilah Pengertian Lengkap dari Perkakas Mekanis yang Memang Tepat Bagi Mekanik

Perkakas mekanik tentunya adalah perkakas yang memang dikhususkan bagi para mekanik, sehingga dengan begitu perkakas tersebut umumnya dapat ditemukan di bengkel-bengkel, baik itu bengkel kendaraan roda 2 atau 4, ataupun bengkel yang resmi atau tidak resmi. Nah kegunaan dari perkakas bagi mekanik layaknya suatu pasangan yang tidak bisa atau tidak boleh terpisahkan, karena mekanik tanpa perkakas adalah seseorang yang tidak ada gunanya. Namun perlu diperhatikan, tidak semua perkakas yang ada tepat bagi seorang mekanik, karena hanya diketahui perkakas bengkel yang memang tepat bagi seorang mekanik.


Inilah Jenis dan Fungsi Serta Cara Menggunakan Beberapa Perkakas Mekanik

Berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi dari perkakas mekanik, begitu juga dengan cara menggunakan atau cara kerjanya yang perlu Anda ketahui agar Anda mengerti semua:

  • Kunci Ring: Merupakan perkakas atau kunci yang berguna untuk membuka dan mengencangkan baut, yakni dengan cara diputar searah jarum jam. Nah kunci ring tentunya bisa dipergunakan ketika baut memang berada di area yang sempit. Hal itu karena memang bentuk ujungnya seperti ring dengan gagang yang lebih panjang dibanding kunci pas.

  • Kunci Pas: Adalah kunci yang pengerjaannya sama dengan kunci ring. Kunci ini juga memiliki banyak ukuran, yang mana memang kunci pas sangat berguna untuk membuka atau mengencangkan baut yang berbentuk segi enam. Bentuk kunci pas ini sendiri seperti garpu dengan kegunaannya di dua ujung kunci.

  • Kunci Nepel: Mirip dengan kunci pas, tetapi fungsinya adalah untuk merenggangkan ataupun mengencangkan baut yang bentuknya hexagonal. Perbedaan antara kunci nepel dengan kunci pas bisa dilihat di bagian tiap ujungnya.

  • Kunci Busi: Seperti namanya, kunci ini dikhususkan untuk busi. Gunanya, ia sangat berguna untuk mengencangkan busi kendaraan jika renggang. Nah kunci busi hanya dibuat menyesuaikan dengan jenis kendaraannya, jadi ada perbedaan pada jenis kendaraan dengan businya.

  • Kunci Inggris: Cara menggunakan kunci ini pun juga diputar. Kemudian kunci perkakas satu ini sangat berguna untuk mengencangkan atau merenggangkan baut pada mesin. Ciri khas dari kunci inggris, yakni memiliki bentuk yang mirip dengan kunci pas, tetapi memiliki pengatur untuk menyesuaikan ukuran baut.

  • Kunci Shock: Perkakas untuk mekanik ini adalah perkakas yang bisa digunakan untuk melepas atau mengencangkan baut. Namun kunci soket digunakan apabila mekanik tak menemukan baut yang sesuai dengan kunci pas, sehingga kunci ini adalah alternatif yang tepat.

  • Kunci L: Kunci yang memang berbentuk “L”, yaitu dengan kegunaan melepaskan atau mengencangkan baut yang berbeda dengan baut pada umumnya. Nah cara penggunaannya sendiri, masih sama dengan perkakas diatas, yakni setelah disesuaikan barulah kunci bisa diputar.


Sekian artikel dari kami, yaitu artikel yang membahas mengenai perkakas mekanik, baik itu fungsi dan jenisnya, hingga cara menggunakannya yang benar. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas bahkan untuk mekanik, maka Anda bisa mendapatkan yang terbaik serta berkualitas di perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page