top of page

Perkakas Otomotif: Fungsi dan Jenis untuk Pemeliharaan Kendaraan Anda



Bidang otomotif merupakan bidang yang memang cukup digemari banyak orang, bahkan dianggap penting bagi banyak orang yang memang memiliki kendaraan. Itu karena memang otomotif kental hubungannya dengan kendaraan, baik itu motor, mobil, dan mesin sebagainya. Pada bidang otomotif, tentunya yang penting bukan hanya mengetahui pengertian dari otomotif saja, melainkan ada juga peralatan atau perkakas yang harus dipunyai.


Nah karena begitu besar peran atau kebutuhan adanya perkakas otomotif di suatu bengkel, maka para mekanik atau pekerja bengkel pun harus mempersiapkannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Itu penting, karena tanpa perkakas otomotif, maka para komponen atau part pada kendaraan otomotif tidak bisa dibongkar pasang guna service, reparasi, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai perkakas otomotif, maka Anda bisa simak artikel ini!


Informasi Mengenai Perkakas Otomotif yang Tepat untuk Pemeliharaan Kendaraan

Bilamana Anda memiliki perkakas listrik seperti solder, maka itu tidak akan bisa digunakan untuk membongkar pasang part pada kendaraan. Itu memang benar, karena perkakas sudah digolongkan pada beberapa golongan sesuai dengan pengerjaannya, yang mana untuk kelistrikan ada perkakas listrik, begitu juga dengan bidang otomotif. Jadi perkakas otomotif itu penting bagi kendaraan, karena perkakas berperan membantu merawat, memperbaiki, dan lain sebagai pada kendaraan yang ada.


Inilah Jenis dan Fungsi dari Perkakas Otomotif

Berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi dari perkakas otomotif yang memang tepat untuk pemeliharaan kendaraan yang ada:

  • Kunci Ring: Kunci ini merupakan kunci bengkel yang sangat berguna untuk membuka dan mengencangkan baut, yakni dengan cara pengerjaannya yang bisa diputar searah jarum jam. Nah perlu Anda ketahui lagi, bahwa kunci ring bisa dipergunakan ketika baut memang berada di area yang sempit. Hal itu karena memang bentuk ujungnya seperti ring dengan gagang yang lebih panjang dibanding kunci pas.

  • Kunci Pas: Berikutnya ada kunci pas, yaitu kunci otomotif yang memiliki banyak ukuran, yang mana memang kunci pas sangat berguna untuk membuka atau mengencangkan baut yang berbentuk segi enam. Lalu bentuk kunci pas sendiri umumnya seperti garpu dengan kegunaannya di dua ujung kunci.

  • Kunci Busi: Layaknya namanya, kunci ini memang dikhususkan untuk komponen busi pada kendaraan. Nah jadi guna dari perkakas ini yaitu sangat berguna untuk mengencangkan busi kendaraan jika renggang. Nah kunci busi hanya dibuat menyesuaikan dengan jenis kendaraannya, jadi ada perbedaan pada jenis kendaraan dengan businya.

  • Kunci Inggris: Adalah kunci perkakas yang sangat berguna untuk digunakan dalam mengencangkan atau merenggangkan baut pada mesin. Ciri khas dari kunci inggris, yakni memiliki bentuk yang mirip dengan kunci pas, tetapi memiliki pengatur untuk menyesuaikan ukuran baut.

  • Kunci Nepel: Sama tetapi berbeda dengan kunci pas, kunci ini bisa merenggangkan ataupun mengencangkan baut yang bentuknya hexagonal. Perbedaan antara kunci nepel dengan kunci pas bisa dilihat di bagian tiap ujungnya.

  • Kunci Shock: Merupakan perkakas otomotif yang bisa digunakan untuk melepas atau mengencangkan baut. Namun kunci ini bisa digunakan apabila pekerja tak menemukan baut yang sesuai dengan kunci pas, sehingga kunci ini bisa dianggap sebagai kunci alternatif yang tepat.

  • Kunci L: Kunci yang ciri jelasnya memiliki bentuk huruf “L”, yaitu dengan kegunaan melepaskan atau mengencangkan baut yang berbeda dengan baut pada umumnya.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai perkakas otomotif yang memang tepat untuk pemeliharaan kendaraan Anda dan yang lainnya. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas yang terbaik dan berkualitas untuk otomotif atau bidang lainnya, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page