top of page

Perkakas Pemotongan: Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat untuk Pekerjaan di Bengkel atau Ruma



Manusia dalam melakukan pekerjaannya, tentunya tidak semua bisa dilakukan secara sendirian, begitu juga tidak bisa melakukannya tanpa alat bantu. Hal itu memang sudah menjadi kodrat manusia sedari dulu, sehingga kita tidak bisa menyangkal itu dan memang membutuhkan bantuan dalam pengerjaan. Salah satunya yang memang umum atau ada, yakni untuk memotong apapun, kita tentunya membutuhkan alat potong.


Alat potong yang biasa digunakan manusia dalam memotong, umumnya mereka menggunakan pisau, gunting, ataupun cutter. Nah alat potong tersebut memang benar, tetapi alat potong tersebut tidak efisien untuk memotong benda atau objek lain yang lebih keras. Untuk memotong benda atau objek yang lebih keras, maka itu dibutuhkan perkakas yang tepat untuk melakukan pemotongan, perkakas apa itu? Semuanya itu akan kami jelaskan di artikel ini!


Perkakas Pemotongan yang Memang Tepat untuk Pekerjaan Keras Bengkel atau Rumah

Perkakas pemotongan adalah perkakas yang memang tepat dalam memotong benda atau objek yang lebih keras, seperti kayu, besi, dan lain sebagainya yang memang tidak bisa dipotong dengan alat potong biasa. Tujuan penggunaan perkakas pemotongan, biasanya itu digunakan pada pabrik atau industri yang menghasilkan produk, yang mana ada bahan-bahan yang memang diperlukan ukuran yang tepat sehingga itu akan dipotong. Umumnya pengerjaan itu ada di bengkel juga, tetapi ada juga pengerjaan yang di rumah, yang mana itu diterapkan pada perbaikan atau pembangunan rumah.


Beberapa Perkakas Pemotongan yang Tepat untuk Pekerjaan Bengkel dan Rumah

Berikut adalah beberapa perkakas pemotongan yang memang tepat untuk Anda andalkan di pekerjaan bengkel atau rumah, atau bisa juga pada pabrik dan industri:

  • Gergaji: Gergaji merupakan benda yang terdiri dari sebilah besi tajam bergerigi, yang mana itu dapat digunakan untuk memotong kayu ataupun besi. Nah cara penggunaannya sendiri yaitu dengan menggesekan bagian tajam gerigi pada benda atau objek yang ingin dipotong, lakukan terus menerus sampai dalam sampai benda terpotong dengan sempurna. Nah alat atau perkakas ini pun terdiri dari beberapa model, bahkan ada yang bisa menggunakan mesin.

  • Mesin Pemotong Plat: Seperti namanya, mesin ini merupakan mesin perkakas yang mampu sekali digunakan untuk membelah atau memotong plat-plat baja yang memiliki ketebalan tertentu, dimana itu umum ditemukan di bengkel bahkan juga di rumah. Alat ini pun sebenarnya mampu memotong plat dengan panjang tertentu secara langsung dengan sekali proses kerja.

  • Gerinda: Gerinda merupakan salah satu perkakas yang juga berfungsi untuk memotong, meratakan, membuat alur, dan membentuk benda kerja. Nah alat tersebut bisa melakukannya, dikarenakan dalam melakukan proses kerjanya, perkakas tersebut memiliki mata gerinda yang beraneka ragam sesuai benda yang nantinya akan dikerjakannya. Contohnya seperti mata gerinda potong, mata gerinda asah, mata gerinda pengkilap, dan sebagainya.

  • Mesin Bubut: Merupakan mesin pemotongan yang memang bisa digunakan untuk memotong, membuat alur, membuat lubang, dan lain sebagainya yang penting pada pekerjaan bengkel dan rumah. Nah mesin ini bisa melakukannya, karena mesin bubut memiliki prinsip kerja berupa penyayatan pada benda kerja yang berputar, yang mana penyayatan tersebut dilakukan oleh mata pahat yang digesekan pada benda kerja sehingga terjadi pengikisan dan membentuk benda yang dikehendaki.

  • Kapak: Nah berikutnya ada kapak, yang mana ia juga adalah perkakas pemotongan yang biasa ada pada rumah, tetapi juga ada di beberapa bengkel, industri bahkan pabrik. Kegunaan alat ini jelas yakni bisa memotong bahkan lebih kuat dibandingkan dengan pisau. Cara penggunaannya, semakin mengayun lebih tinggi atau bertenaga, maka kapak pun memiliki momentum besar untuk memotong, baik itu kayu dan sebagainya.


Jadi itulah perkakas pemotongan yang perlu Anda ketahui, yakni fungsi hingga jenisnya. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Jika Anda mencari perkakas yang memang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page