top of page

Perkakas Pengeboran: Jenis dan Fungsinya dalam Konstruksi dan Pekerjaan Bengkel



Umumnya perkakas adalah alat yang bisa digunakan oleh tangan secara manual, yang mana itu disebut sebagai perkakas tangan. Namun seiring perkembangan zaman, perkakas pun kian berkembang hingga kini telah memiliki beberapa jenis yang bisa dioperasikan dengan mesin melalui tenaga dari daya listrik. Nah salah satunya adalah alat yang sudah tidak memerlukan palu dan paku, yakni bisa mengandalkan mesin bor.


Pastinya Anda semua sudah tahu mengenai mesin bor, yaitu mesin yang memang bisa digunakan secara otomatis dalam memutar drill atau mata bor tersebut. Sehingga dari putaran otomatis tersebut, maka gerakan tersebut akan membuat lubang khusus dan presisi pada suatu objek, baik itu kayu maupun besi. Nah di artikel ini, kami akan perkenalkan kepada Anda lebih jauh mengenai mesin atau perkakas pengeboran, baik itu jenis dan fungsinya.


Perkakas Pengeboran yang Memang Tepat untuk Konstruksi dan Bengkel

Perkakas pengeboran pastinya adalah mesin bor, yaitu alat yang memiliki sebuah mesin dengan gerakan berupa memutarkan alat pemotong, yang mana itu dengan arah pemakaiannya mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut. Nah mesin bor tentunya dapat digunakan untuk mengebor atau membuat lubang berbentuk bulat dalam lembaran kerja. Perlu Anda ketahui, mesin bor pun kini telah memiliki beberapa jenis, yang mana tiap jenisnya memiliki fungsinya masing-masing.


Inilah Jenis dan Fungsi Perkakas Pengeboran untuk Konstruksi dan Bengkel

Berikut adalah beberapa jenis dan fungsi dari beberapa perkakas pengeboran yang ada, yang mana perkakas tersebut memang perkakas pengeboran yang tepat untuk sektor konstruksi dan juga sektor bengkel:

  • Mesin Bor Tangan: Merupakan mesin bor yang memiliki sub jenis didalamnya yang ditentukan oleh ukuran dari mata bornya. Nah mesin bor dapat digunakan untuk mengebor besi maupun kayu, dimana itu tergantung dengan mata bor yang digunakan. Selain itu, perkakas pengeboran ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut, yakni dengan cara penggunaannya yang menggunakan tangan dengan menekan tombol yang berada pada pegangannya.

  • Mesin Bor SDS +: Perkakas bor ini mempunyai ciri khusus pada mode penggunaan yang dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti pada mode putaran saja atau mode putaran yang disertai dengan getaran (impact). Lalu umumnya jenis mesin bor ini hanya memiliki dua mode, tetapi ada juga yang memiliki tiga mode penggunaan. Perlu Anda tahu, bahwa mesin bor ini tidak perlu mengunci mata bornya saat ingin digunakan, yaitu cukup dengan dicolokkan saja.

  • Mesin Bor Cordless: Jika perkakas bor menggunakan kabel untuk bisa dioperasikan, maka bor cordless tidaklah demikian. Bor ini adalah perkakas tanpa kabel, yaitu menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Nah dengan tenaga tersebut, maka pekerjaan yang bisa dilakukannya hanyalah pekerjaan ringan, itu memang sejalan dengan kekuatan putaran bor yang cenderung lemah. Namun meski begitu, bor ini bisa digunakan sebagai obeng listrik, dengan cara memasangkan mata obeng.

  • Mesin Bor Core: Untuk perkakas pengeboran ini adalah perkakas yang hanya bisa difungsikan untuk melubangi lantai, atau juga bisa untuk mengukur ketebalan aspal di jalan atau digunakan dalam sebuah proyek pembangunan yang cukup besar. Ciri khas dari mesin bor ini, yaitu memiliki mata bor yang besar, dengan berbentuk seperti tabung.


Jadi itulah perkakas pengeboran yang perlu Anda ketahui, baik itu jenis maupun fungsinya yang memang berguna untuk konstruksi dan bengkel. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah jika Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page