top of page

Perkakas Tangan: Jenis dan Fungsinya untuk Pekerjaan di Rumah dan Bengkel



Untuk mempermudah pekerjaan yang biasanya berkaitan dengan fisik, maka sebagai manusia kita membutuhkan alat. Nah alat bisa dibilang juga sebagai perkakas, yaitu benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari dengan beberapa perkakas yang memiliki kegunaan serta fungsinya masing-masing. Perkakas paling umum digunakan di pekerjaan konstruksi, bengkel, tetapi ada juga yang ada di rumah.


Tentunya tiap rumah harus memiliki beberapa perkakas, itu karena ada kemungkinan perkakas dibutuhkan suatu saat, seperti untuk membetulkan genteng, tembok, dan lain sebagainya. Begitu juga sama dengan konstruksi, apalagi dengan pekerjaan yang ada di bengkel yang memang berkaitan dengan mesin atau alat yang harus menggunakan perkakas. Nah di artikel ini, kami akan jelaskan lebih jauh mengenai perkakas tangan yang memang terbaik.


Mengenal Perkakas Tangan yang Berfungsi untuk Pekerjaan di Rumah dan Bengkel

Seperti yang sudah disinggung diatas, perkakas memang alat yang bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari, sehingga dengan demikian maka dengan perkakas Anda dapat mempermudah pekerjaan Anda di rumah bahkan juga di bengkel. Itu karena dengan perkakas seperti perkakas tangan, Anda dapat memperbaiki masalah kerusakan pada rumah Anda, seperti genteng, tembok, lantai, serta lain sebagainya.


Kemudian untuk sektor bengkel sendiri juga pastinya membutuhkan perkakas, yakni itu berguna untuk membuka dan memasang komponen pada mesin atau part yang ada di kendaraan, serta lain sebagainya yang memang tidak bisa menggunakan tangan manusia saja. Namun baik di rumah atau di bengkel, keduanya adalah 2 sektor yang berbeda, yakni perkakas tangan yang dibutuhkan pun juga berbeda, mengingat rumah adalah tempat tinggal sementara bengkel adalah tempat reparasi untuk kendaraan atau mesin lainnya.


Jenis dan Fungsi Perkakas Tangan untuk Pekerjaan Rumah

Berikut adalah beberapa jenis perkakas tangan yang cocok untuk pekerjaan di rumah:


  • Palu: Nah palu penting ada di rumah Anda, karena palu dapat digunakan untuk memberikan momentum ketokan keras kepada benda yang biasa ada pada rumah, seperti untuk tembok, lantai, atau sebagainya yang memang membutuhkan tenaga ketokan dari palu. Selain itu, kegunaan umum palu di rumah dapat digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek.

  • Tang: Kemudian ada tang, Anda penting juga mempersiapkan tang di rumah Anda. Hal itu karena tang adalah perkakas tangan yang bisa berperan sebagai penjepit atau penahan benda kerja.

  • Obeng: Berikutnya ada obeng yang memang bisa digunakan untuk memasang atau melepas beberapa jenis baut atau sekrup, yang mana itu semua tergantung dari mata obeng itu sendiri.

  • Kuas: Nyatanya kuas yang biasa untuk mengecat merupakan perkakas tangan yang tepat untuk pekerjaan rumah, seperti memang untuk mengecat, hingga bisa digunakan membersihkan debu rumah.

  • Gergaji: Merupakan alat yang dapat digunakan untuk memotong besi ataupun kayu yang memang diperlukan dipotong di rumah. Nah untuk pekerjaan rumah, ada baiknya menggunakan gergaji kayu atau gergaji besi saja.


Jenis dan Fungsi Perkakas Tangan untuk Pekerjaan Bengkel

Inilah beberapa perkakas tangan yang memang tepat untuk pekerjaan yang ada di bengkel:

  • Kunci Pas: Merupakan kunci yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi krom atau nikel agar tidak mudah aus di mana fungsi kunci ini digunakan untuk memutar mur dari baut, yang mana itu memang ada di beberapa komponen mesin.

  • Kunci L: Adalah kunci yang berfungsi untuk mengencangkan maupun melepaskan kepala baut yang bulat dan mempunyai lubang segi enam dan sering dibilang kunci khusus karena fungsinya yang segmented.

  • Kunci Socket: Bisa juga disebut kunci sok, kunci yang berfungsi untuk melepaskan atau memasang baut ataupun mur yang ada di komponen kendaraan atau mesin. Cirinya kunci sok, yaitu bisa juga di kombinasikan dengan gagang torsi yang difungsikan untuk melepas baut agar bisa menjadi lebih ringan.


Itulah jenis perkakas tangan dan fungsinya yang memang bisa digunakan pada pekerjaan rumah dan bengkel. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas untuk rumah atau bengkel, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page