top of page

Perkakas Tukang: Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat untuk Pekerjaan di Rumah



Sebelum jadi rumah yang Anda tempati saat ini, pastinya itu bermula dari petak kosong, yang kemudian dibangun menggunakan bahan-bahan bangunan yang ada, seperti semen, pasir, dan sebagainya. Nah yang mengerjakannya pun pastinya bukan orang sembarangan, melainkan adalah tukang dan mandor yang sangat ahli dan juga berpengalaman, sehingga dengan begitu maka jadilah rumah yang memang diinginkan.


Namun tak hanya mengandalkan tukang atau bahan bangunan saja dalam membangun rumah, melainkan ada juga perkakas tukang yang memang diperlukan. Tetapi perlu Anda ketahui, perkakas yang dimiliki oleh para tukang bangunan bukan hanya dibutuhkan saat mereka membangun rumah saja, melainkan Anda juga perlu memilikinya guna melakukan pekerjaan pada rumah Anda, seperti memperbaiki rumah yang bocor, atau lain sebagainya.


Mengenal Perkakas Tukang yang Memang Tepat untuk Pekerjaan di Rumah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, perkakas tukang bukan hanya dibutuhkan oleh para tukang bangunan saja, melainkan itu juga diperlukan bagi para pemilik rumah. Alasannya karena pekerjaan rumah notabene membutuhkan alat bantu seperti perkakas yang dipunyai oleh para tukang bangunan. Nah tetapi tidak semua perkakas tukang perlu Anda punyai, karena ada beberapa perkakas milik tukang yang memang tepat untuk pekerjaan rumah Anda.


Beberapa Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tukang yang Tepat untuk Pekerjaan Rumah

Berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi dari perkakas tukang yang kami rasa tepat untuk Anda miliki atau andalkan di pekerjaan rumah Anda:

  • Palu: Atau martil, merupakan perkakas tukang atau alat yang memang sangat diperlukan di pekerjaan rumah. Alasannya karena palu dapat digunakan untuk memberikan tumbukan pada benda. Kemudian selain itu, palu juga umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek yang memang umum ditemukan pada pekerjaan rumah. Ada beberapa jenis palu, yang mana memang semua palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan struktur.

  • Tang: Tang adalah peralatan atau perkakas tukang yang juga perlu untuk pekerjaan di rumah. Itu karena tang memiliki kegunaan yakni bisa digunakan untuk memegang, memotong, melepas, dan memasang bahan kerja. Nah karena ada banyak jenis tang yang bermacam-macam, maka semuanya itu bisa dipilih serta ditentukan sesuai dengan kegunaan pada pekerjaan rumah.

  • Kunci Pipa: Tiap rumah pastinya dilengkapi dengan pipa, baik untuk saluran di kamar mandi, ataupun sebagainya. Nah maka dari itu, alat atau perkakas tukang yang harus ada adalah kunci pipa. Kunci pipa merupakan perkakas tukang yang bisa membuka baut atau mur adalah kunci pipa. Bentuk khas dari kunci pipa, yakni ia bisa diatur lebarnya menyesuaikan dengan lebar pipa yang akan dibuka, begitu juga bisa digunakan untuk mencengkeram berbagai jenis tabung silinder.

  • Mesin Bor: Seperti yang Anda ketahui, mesin bor adalah alat yang dapat memutarkan mata drill bor, dimana itu dapat digunakan untuk membuat lubang khusus pada objek, seperti tembok atau besi.

  • Meteran: Alat ukur pun termasuk sebagai perkakas tukang, bahkan keberadaannya penting untuk pengerjaan rumah. Itu karena dengan meteran, maka Anda dapat mengukur kesesuaian konstruksi yang diinginkan.

  • Obeng: Banyak benda dan objek atau komponen yang saling terkait dengan baut ataupun sekrup, sehingga ada baiknya perkakas tukang ini Anda punyai, tetapi dengan set yang lengkap. Itu karena obeng dapat berguna memasang atau melepas baut atau sekrup.

  • Gergaji: Untuk memotong kayu atau besi yang ada di pengerjaan rumah, maka Anda perlu perkakas tukang, yakni gergaji dengan jenis yang bisa Anda pilih atau sesuaikan.


Tips Memilih Perkakas Tukang untuk Pekerjaan Rumah

Inilah tips dari kami untuk memilih perkakas tukang terbaik untuk pekerjaan rumah:

  • Pilih perkakas tukang yang memang berkualitas, bisa dilihat dari fisiknya yang bagus, alias tidak cacat atau rusak.

  • Cari perkakas tukang yang memang memiliki harga bersahabat, itu karena umumnya perkakas tukang adalah perkakas tangan yang tidak terlalu mahal.

  • Beli atau pilih perkakas tukang dari pembeli yang memang terpercaya sangat lama, sehingga Anda akan merasa aman karena mengetahui bahwa penjualnya adalah sosok yang sudah sangat berpengalaman.


Itulah artikel dari kami yang membahas segalanya mengenai perkakas tukang. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat untuk semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda semua adalah perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com


Σχόλια


bottom of page