Pertimbangan Dalam Memilih Monorail Hoist dengan Benar


Pertimbangan Dalam Memilih Monorail Hoist dengan Benar

Seperti yang kita tahu, monorail hoist banyak digunakan pada sebuah industry, konstruksi hingga pergudangan. Yang mana alat ini berfungsi untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lebih luas.


Tidak heran jika alat ini selalu digunakan pada industri yang membutuhkan alat angkat/angkut yang dapat memahami tata letak bangunan atau alur proses produksi yang berkesinambungan, misalnya pada industri pengecetan, baja dan lain sebagainya.


Karena keterbatasan konstruksi dan pergerakannya, biasanya kapasitas monorail juga tidak terlalu besar. Untuk mengatasi pergerakan tersebut, kini beberapa desain monorel sudah menggunakan hoist atau roda yang dapat berputar (swivel) mengikuti balok runway, bahkan sengaja diputar agar dapat membalikkan posisi benda yang diangkat.


Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Monorail Hoist


Sebelum Anda benar-benar membeli hoist untuk kepentingan industri, sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini:


1. Anggaran Atau Biaya


Pertimbangan utama sebelum membeli monorail hoist adalah faktor biaya. Ketersediaan dana pasti menjadi hal krusial bagi keberlangsungan sebuah proyek. Semakin besar barang dan peralatan atau area kerja yang harus ditangani, maka semakin tinggi juga biayanya.


Maka dari itu, pikirkan biaya yang efisien. Dimana harga yang ada harus sebanding dengan kualitas dari alat itu sendiri. Dengan mengeluarkan harga yang lebih tinggi, belum tentu juga Anda akan mendapatkan alat yang berkualitas baik.


Melihat hal ini, jangan melulu terpatok dengan harga, namun lihat kebutuhan dan fungsi didalamnya. Belum cukup sampai disana, mengoperasikan monorail hoist juga harus dengan seorang professional dan berpengalaman.


2. Kegunaan


Faktor kedua dalam memilih adalah kegunaan atau usability. Alat yang sesuai dengan peruntukannya pasti lebih efektif jika dibandingkan dengan alat lain yang kegunaannya terbatas.


Misalnya alat tersebut digunakan untuk pendistribusian peralatan besar atau barang yang beban nya sangat berat. Namun luas gedung yang cukup sempit, dengan berbagai mesin besar yang ada di lantai akan berbeda jika Anda menggunakan overhead travelling crane.

Tidak bisa dipungkiri, Forklift membutuhkan area yang relatif besar untuk bermanuver, sedangkan penggunaan overhead crane memungkinkan operator memindahkan barang dengan lebih leluasa hanya dengan bagian atas gedung.


Begitu juga dengan teknologi yang ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau justru sebaliknya? Misalnya monorail hoist digunakan untuk memindahkan produk tiang pancang yang panjangnya lebih dari 20 meter.


Maka dibutuhkan sepasang crane yang dapat beroperasi secara bersamaan, namun dengan satu kendali dan jarak yang tetap. Fitur operasi ini akan mengelola dua atau lebih crane hanya dengan satu kontrol, sehingga beberapa crane bisa dioperasikan secara bersamaan.


Fitur ini menggabungkan nirkabel tambahan antara derek, kemudian memastikan bahwa kedua derek akan berhenti berfungsi jika terjadi kegagalan pada salah satunya.


Selain itu, faktor swing yang terjadi pada beban juga perlu menjadi pertimbangan khusus karena dapat menyulitkan operator dalam pengoperasian alat tersebut.


3. Ada Garansi

Pastikan monorail hoist yang ada tidak hanya berkualitas, namun juga memiliki garansi didalamnya. Selain itu, testimoni juga dapat menjadi gambaran untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan.


4. Ketersediaan Suku Cadang

Mungkin beberapa industry kerap kali menerima keluhan dari para pengguna karena sulitnya mencari suku cadang pada produk yang mereka beli. Karenanya, pastikan mereka memiliki pengadaan komponen crane dan hoist dari berbagai merek. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan lagi jika ingin mengganti komponen yang ada.


5. Keamanan dan Keselamatan

Jangan disepelekan, factor keamanan dan keselamatan selalu menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Mulai dari proses pengiriman hingga proses instalasi dengan mengacu pada standar K3 yang telah ditentukan.


Fitur keselamatan tersebut dimulai dari perlindungan kelebihan beban dan sakelar batas yang dapat memberikan keamanan maksimal. Begitu juga fitur tambahan seperti alarm atau buzzer dan lampu putar yang menjadi peringatan tersendiri.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih spesifikasi monorail hoist yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda juga dapat mengambil keputusan secara tepat.