top of page

Mengenal Apa Itu PLN Online dan Apa Saja Fungsinya yang Wajib Diketahui



Ketika berada di suatu wilayah tanpa adanya sumber listrik atau sedang mati lampu, maka salah satu cara ampuh untuk mendapatkan pasokan listrik adalah dengan mengandalkan atau menggunakan Genset. Hal itu karena Genset adalah mesin yang dapat menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam, dimana biasanya digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat.


Nah umumnya, Genset paling diandalkan di kota-kota karena memang PLN bisa saja memutuskan daya listrik mereka. Dari kejadian tersebut, terkadang membuat banyak orang merasa kesal dengan tindakan PLN tersebut. Nah bicara PLN, tentunya perlu Anda ketahui bahwa perusahaan listrik besar itu ternyata memiliki layanan online, alias PLN online. Bagi Anda yang ingin tahu apa itu PLN online dan fungsinya, maka Anda bisa simak di artikel ini.


Apa Itu PLN Online?

Sebelum mengenal PLN online, tentunya Anda perlu tahu dulu apa itu PLN? Nah PLN merupakan Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang mana ia memiliki nama resminya sebagai “PT PLN (Persero)” sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di negara Indonesia. Jadi itulah pemahaman mengenai PLN, jadi apakah PLN online adalah adalah PLN yang bertugas di sektor online? Tentunya bukan, PLN online lebih ke arah suatu pelayanan dari PLN yang bersifat online. Yang mana itu tentunya memiliki tujuan dan fungsi bagi para rakyat Indonesia dalam menggunakan tenaga listrik dari PLN.


Fungsi dari PLN Online

Dalam pelayanan pendistribusian kelistrikan PLN, mereka telah membagi-bagi fungsi unit induknya kedalam beberapa unit induk berdasarkan pada sistem tenaga listrik yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Tidak hanya itu, ada juga unit induk atau pusat-pusat lain sebagai penunjang keberlangsungan perusahaan. Hal itu karena luasnya berupa cakupan wilayah kerja PLN, sehingga PLN memiliki unit-unit di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan unit induknya.


Nah berbeda dengan fungsi dari PLN online, karena seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, PLN online adalah suatu layanan bukan dari pendistribusiannya. PLN online merupakan sebuah layanan dari PLN yang memberi semua informasi terkini untuk membantu Anda melakukan transaksi listrik PLN dengan lebih efisien. Jadi Anda dapat memilih untuk pasang listrik baru, melakukan perubahan daya, dan melakukan sambungan listrik sementara maupun pengaduan gangguan dan layanan listrik lainnya. Tentunya semua itu dilakukan demi mendapat transaksi listrik PLN dengan proses yang mudah dengan segala sesuatu di bawah satu atap.


Adapun beberapa layanan dari PLN online, adalah sebagai berikut:

  • Penyambungan Baru: Layanan permohonan penyambungan baru listrik secara online yang cepat, mudah, nyaman, dan aman serta dapat dimonitor prosesnya.

  • Perubahan Daya atau Migrasi: Layanan permohonan perubahan daya dan migrasi listrik secara online yang cepat, mudah, nyaman, dan aman serta dapat dimonitor prosesnya.

  • Penyambungan Sementara: Layanan permohonan penyambungan listrik sementara secara online yang cepat, mudah, nyaman, dan aman serta dapat dimonitor prosesnya.

  • Pascabayar

  • Informasi: Berupa mendapat informasi seperti status permohonan pelanggan, Entri Kode Konfirmasi, hingga Info Bank.

Jadi itulah segalanya yang perlu Anda semua ketahui mengenai PLN online, baik itu pemahamannya hingga fungsinya. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah apabila Anda ingin memiliki Genset, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


コメント


bottom of page