top of page

Informasi Lengkap Tentang Apa Itu PLN Prabayar dan Bagaimana Sistemnya


Prabayar merupakan suatu istilah yang sangat lekat dengan koneksi internet, yang mana ia adalah suatu mekanisme pembayaran sebelum pengguna memakai pulsa ataupun data internet. Sedangkan untuk pascabayar, ia memiliki mekanisme pembayaran setelah pengguna memanfaatkan pulsa serta data internet. Namun tidak hanya dalam hal data internet, prabayar dan pascabayar juga merupakan sistem yang ada pada layanan PLN.


PLN pascabayar dan PLN prabayar, pada dasarnya memiliki perbedaan, yang mana itu juga termasuk dalam sistem-sistemnya. Nah melalui artikel ini, kami akan jelaskan mengenai PLN prabayar agar Anda tahu bedanya dengan pascabayar. Tidak hanya itu, di artikel ini juga kami akan jelaskan sistem PLN prabayar agar Anda semakin mengerti. Nah maka dari itu, silahkan Anda semua simak artikel ini selengkapnya agar Anda mengenal PLN prabayar!


Informasi Lengkap Mengenai PLN Prabayar dan Juga Sistemnya

Definisi PLN Prabayar dan Juga Sistemnya

Apa itu PLN prabayar? Nah itu merupakan layanan dari PLN yang mana akan memberikan Anda daya listrik prabayar, yaitu sebuah mekanisme yang menggunakan sistem pulsa melalui suatu voucher. Dikutip dari website resmi PLN, listrik pintar yang merupakan nama lain dari listrik prabayar sendiri bisa memungkinkan Anda sebagai pelanggan untuk mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan yang Anda mau.


Nah sistemnya sendiri dari PLN prabayar, yaitu adalah dengan menggunakan cara penggunaannya yang sangat dikenal cukup mudah bagi banyak orang. Caranya yaitu Anda atau sebagai pelanggan hanya perlu memasukkan nomor token dari voucher yang telah dibeli ke alat meteran Anda semua, hal itu agar nantinya token akan terisi dan kemudian listrik pun dapat digunakan oleh Anda dan yang lainnya yang berada di tempat tersebut.


Kelebihan dari PLN Prabayar

PLN prabayar ternyata memiliki kelebihan yang dapat sangat bermanfaat bagi para pelangganya, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Pelanggan dapat menentukan sendiri budget pengeluaran untuk listrik.

  • Pelanggan dapat juga mengontrol sendiri pemakaian listrik yang ingin digunakan.

  • Cara pengisian token listrik yang sangat mudah layaknya mengisi pulsa di ponsel.

  • PLN prabayar tidak ada denda keterlambatan untuk pembayaran.


Kekurangan dari PLN Prabayar

Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, begitu juga dengan PLN prabayar. Apa saja kekurangan dari PLN prabayar? Untuk mengetahuinya Anda bisa ketahui di berikut ini:


  • Pelanggan harus rajin mengontrol sisa token, karena token habis akan langsung membuat semua yang menggunakan listrik di tempat tersebut akan mati.

  • Sebelum benar-benar mati, pastinya dari MCB terdapat alarm meteran yang akan berisik ketika kuota atau token listrik tersisa 5 kWh.

  • Baik melalui aplikasi pembelian online atau melalui minimarket atau sebagainya, sayangnya pembelian PLN prabayar tidak dapat melakukan isi ulang token listrik di jam 23.00-01.00.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai PLN prabayar, begitu juga dengan sistemnya. Kiranya jadi manfaat untuk Anda semua, terutama untuk mengerti PLN prabayar. Apabila ada kendala dari PLN prabayar, maka Anda dapat mengandalkan Genset untuk memberikan daya listrik. Nah Genset terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Untuk memiliki Genset Tenka atau ketahui lebih lanjut, maka Anda bisa kunjungi hanya di IndahJaya.com


bottom of page