Plus Minus Container Crane, Alat Berat untuk Industri


Plus Minus Container Crane, Alat Berat untuk Industri

Alat berat yang biasa dipakai untuk mengangkat atau membawa beban cukup besar salah satunya ialah container crane. Menggunakan alat ini, maka Anda dapat melakukan beberapa hal dimana manusia tidak bisa.


Tentunya menggunakan hal itu bisa membuat produktifitas semakin meningkat dan lebih menghemat biaya operasional. Untuk derek ini sendiri jenisnya punya portal tinggi dan berkaki sebagai alat mengangkat barang.


Fungsi derek ini juga lebih lengkap karena dukungan hoist dimana pemasangannya pada troli hoist. Jadi benda tersebut nantinya akan bergerak horizontal di rel, membuat barangnya mudah dipindahkan.


Cara kerja dari container crane juga dibilang unik karena mempunyai ujung balok yang bisa mendukung. Balok tersebut bertumpu di kaki-kaki tebal dengan roda dan nantinya itulah yang berjalan di rel.


Sebab cara kerja dari derek kontainer ini cukup rumit serta komponennya juga banyak, maka pemasangannya memerlukan jasa dari tenaga ahli. Pemasangan yang benar nantinya bisa membuat konstruksinya lancar.


Karena juga pemasangannya tepat, maka bisa meminimalkan kecelakaan. Alat konstruksi ini biasanya dijumapai di pelabuhan atau proyek besar dengan memerlukan bantuan heavy lifting seperti pengerjaan jalan tol.


Kelebihan dari Alat Container Crane


Sebagai salah satu alat berat yang bisa disewa atau bahkan dibeli, kontainer derek ini punya kelebihannya sendiri. Oleh karena itu, pemakaiannya juga sering dijumpai di tempat konstruksi besar atau pelabuhan.


Efisien waktu


Menggunakan container crane ini memang lebih efisien karena bisa menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan. Apalagi jika harus mengangkut barang dalam jumlah besar serta banyak lebih cepat lagi.


Seperti dalam industri logistik biasanya terjadi di pelabuhan, karena barangnya besar dan berat maka memerlukan alat ini untuk mengangkatnya. Heavy lifting ini memang dipakai untuk mengerjakan pekerjaan berat.


Di mana manusia tidak mampu melakukannya, jadi memanfaatkan container crane ini dan hanya ada operator saja. Sehingga pastinya kerjanya semakin cepat serta tidak memerlukan banyak peralatan lainnya.


Kemampuannya bagus


Seperti pada alat berat derek pada umumnya, jenis kontrainer ini juga bisa bekerja memindahkan barang. Bahkan dengan berat yang cukup besar yakni puluhan ton hingga ratusan.


Karena kemampuan alat ini mengangkat barang ini sangat bagus, maka membuat waktu yang diperlukan juga tidak lama. Sekalipun mengangkat barang dalam jumlah banyak sekalipun tidak terbebani dan berjalan lancar.


Kekurangan dari Alat Container Crane


Namun selain kelebihan tersebut, pasti ada beberapa kekurangannya juga saat menggunakan heavy lifting ini. Kelemahan tersebut masih dapat dimaklumi karena ada manfaatnya yang lebih besar didapatkan pengguna.


Karena alat container crane ini besar, maka pastinya memerlukan lahan yang lebih luas lagi untuk bisa memasang relnya. Area sekitarnya juga tidak dapat dipakai untuk keperluan lain supaya semua aman.


Seperti pada pelabuhan yang punya space luas dan biasanya digunakan mengangkat barang-barang berat berton-ton. Area luas sangat dibutuhkan jika Anda mau memanfaatkan jenis mesin berat satu ini.


Selain itu juga harus ada pengawasan keamanan lebih ketat lagi, terutama ketika memasang dan menggunakannya. Jika kurang tepat penggunaan dan pemasangannya, maka bisa menyebabkan kecelakaan kerja serta membahayakan.


Jadi tidak heran jika diperlukan sistem keamanaan yang sangat bagus dan ketat. Ini juga termasuk pada bagian rel lintasannya di lantai, ketika ada orang melakukan kegiatan disekitarnya, maka membahayakan.


Selain itu juga alat tersebut memerlukan perawatan bagus dan rajin, jadi harus benar-benar dijaga supaya tetap bagus. Jadi pastikan sebelum menggunakan alat berat container crane ini, maka kenali kelebihan serta kekurangannya.