Informasi Lengkap Tentang Apa Itu Pompa Dosing Serta Fungsi dan Kegunaannya



Pompa sudah menjadi andalan terbaik bagi banyak kebutuhan, terutama yang menyangkut dengan air atau cairan, seperti untuk menjadi alat memindahkan cairan ke suatu tempat, untuk menjadi pembantu dalam menyaring air pada kolam, ataupun berguna untuk memperindah suatu tempat dengan menjadikan pompa sebagai alat penghasil air terjun atau mancur. Nah pompa sendiri kini sudah banyak jenisnya, dimana bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.


Salah satu pompa yang cenderung masih asing di telinga banyak orang dan mungkin saja juga anda, yaitu ia adalah pompa yang bernama pompa dosing. Nah apa sih itu pompa dosing? Untuk mengetahuinya dan bahkan mengetahui fungsi dan kegunaannya, maka anda bisa simak artikel kami pada kesempatan kali ini, yang dimana akan kami jelaskan dengan mudah kepada anda semua.

Apa Itu Pompa Dosing?

Pompa dosing adalah salah satu jenis pompa yang memang dirancang untuk memompa laju aliran bahan kimia ke dalam aliran air, maka dari itu terkadang pompa dosing lebih dikenal dengan nama pompa kimia. Nah pompa dosing sendiri akan menghasilkan laju aliran kimia dengan sejumlah metode yang berbeda-beda, tetapi umumnya melakukan penarikan sejumlah bahan kimia di dalam tangki kimia dan langsung menyuntikkan sejumlah volume kimia tertentu ke dalam pipa atau tangki yang sudah diberi dosis.


Dosing Pump atau pompa dosing juga akan digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari pertanian, industri, manufaktur hingga juga bisa untuk obat-obatan. Chemical Dosing Pump ini umumnya akan ditenagai oleh motor listrik kecil atau penggerak udara. Selain itu, pompa dosing juga akan dikontrol oleh sistem kontrol eksternal atau lebih umumnya yaitu pengontrol pompa internal yang dapat mengubah laju aliran, dimana dengan fungsi on/off dan juga hal-hal seperti alarm dan lain sebagainya.

Fungsi dan Kegunaan Pompa Dosing yang Perlu Anda Ketahui Semuanya

Berikut ini kami akan jelaskan fungsi dan kegunaan pompa dosing, yang dimana semua itu tergantung dari jenis dari pompa dosing.

Diaphragm Type Constant Injection

Pompa dosing ini memakai ruangan pompa yang diisi serta dikosongkan oleh piston serta diafragma dan katup pada bagian inlet serta outletnya. Piston yang bergerak akan mengisi ruangan pompa dan cairan kimia dengan volume tertentu akan disuntikkan ke bahan pelarut pada kecepatan tertentu. Pompa jenis ini dapat menyuntikkan bahan kimia secara terus menerus dengan presisi serta dosis yang akurat dengan volume cairan per jamnya, yaitu antara 6 sampai 250 liter.

Diaphragm Type Pulse Injection

Cukup sama dengan yang diatas tetapi ada beberapa perbedaan, seperti cairan kimia yang disemprotkan akan diatur dengan frekuensi tertentu dan mempunyai jarak waktu antara satu semprotan dengan semprotan berikutnya. Nah semprotannya sendiri akan disemprotkan secara kontinyu dengan tempo yang tertib. Lalu perlu anda ketahui, tipe pompa ini cenderung memiliki biayanya yang lebih murah, tetapi kurang sesuai bila digunakan untuk kebutuhan industri.

Lobe Type Pumps

Untuk jenis pompa dosing ini tidak begitu universal, hal itu karena ia digunakan dengan memiliki tingkatan akurasinya yang kurang sesuai, ditambah lagi ia akan lebih susah dalam mengendalikan takaran volume cairan yang disemprotkan. Jadi dengan demikian, pompa dosing ini akan lebih rendah dari settingan yang sebenarnya.

Peristaltic Pumps

Peristaltic pumps mempunyai tingkatan akurasi yang sangat besar dibanding pompa dosing lain. Itu karena pompa dosing jenis ini memiliki mekanisme metode kerjanya yang dapat mengaitkan tabung berupa U yang membuat cairan kimia yang disemprotkan menjadi lebih sesuai takarannya. Penyebabnya juga bisa dari tingkatan akurasinya yang besar, jadi pompa dosing ini akan cenderung lebih banyak digunakan untuk keperluan industri kesehatan, sebab ia mudah untuk disterilisasi, ditambah pompanya yang mudah untuk ditukar bila terdapat kehancuran.


Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa jadi manfaat untuk anda dalam mengenal pompa dosing. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, baik menggunakan media yang ada dan tersedia saat ini. Bilamana anda ingin memiliki pompa lain seperti pompa celup, maka pompa celup Tsurumi adalah yang terbaik dan untuk mengetahui lebih lengkapnya, maka anda bisa kunjungi di halaman produk pada link berikut ini.