top of page

Tower Crane: Prinsip Kerja dan Aplikasinya dalam Proyek Konstruksi Besar



Membangun sebuah konstruksi bukanlah sebuah hal yang bisa dilakukan begitu saja, karena terdapat banyak sekali aspek dan bagian penting dalam konstruksi bangunan yang harus diperhitungkan secara matang. Tentunya dalam proses konstruksi bangunan, terdapat banyak sekali komponen penting yang perlu Anda ketahui dan perhatikan. Seperti pengenalan komponen konstruksi, hingga penggunaan alat berat seperti crane yang bisa diandalkan.


Ada banyak jenis crane yang memang bisa diandalkan dalam bidang konstruksi, tapi yang paling umum atau sering digunakan pada konstruksi besar adalah tower crane. Nah tower crane memang bisa diandalkan di konstruksi besar, dikarenakan tower crane memiliki prinsip kerja dan aplikasinya yang sangat sesuai untuk konstruksi besar. Anda bisa mengetahui prinsip kerja dan aplikasi tower crane tersebut hanya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Inilah Aplikasi Tower Crane di Proyek Konstruksi Besar

Tower crane adalah salah satu jenis crane atau alat pengangkat beban yang memang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan konstruksi pada gedung-gedung tinggi. Nah sebagai alat yang memiliki jangkauan luas dan tinggi yang dapat disesuaikan dengan bangunan yang sedang dibangun , tower crane jelas dapat mengangkat atau memindahkan alat-alat material dengan lebih mudah.


Selain itu, tower crane dapat menyesuaikan tinggi hingga mencapai lebih dari 100 meter bahkan lebih. Peranannya tersebut membuat crane satu ini sangat penting kehadirannya di konstruksi tinggi besar, karena jika tidak demikian maka proyek konstruksi tersebut akan sulit dilakukan. Hal itu disebabkan karena adanya kesulitan saat memindahkan material ke ketinggian.


Adapun aplikasi kerja tower crane sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, seperti dapat berperan sebagai trolleying yang bisa digunakan untuk memindahkan trolley secara horizontal. Kemudian dapat berperan menjadi slewing untuk gerakan rotasi poros pada slewing machine, hingga lifting yaitu mengangkat material atau muatan dari bawah ke atas atau ke ketinggian konstruksi tertentu.

Inilah Prinsip Kerja dari Tower Crane yang Perlu Anda Pahami

Seperti crane pada umumnya, tower crane memang diciptakan untuk membantu mengangkat dan memindahkan material ke bawah maupun ke atas. Jadi, dalam pembangunan sebuah proyek konstruksi tinggi dan besar, maka crane ini sangat berperan penting dalam kesuksesan pembangunan, baik dari awal hingga pada akhirnya. Ini memang wajar, karena untuk membangun bangunan tinggi atau besar memang membutuhkan alat yang mampu mengangkat dan memindahkan material ke bagian tertentu seperti pada ketinggian.


Nah sebelum tower crane dibentuk sebagaimana yang diketahui, maka dalam tahapannya sendiri untuk merangkai tower crane ialah diawali dengan penanaman base station lalu pengecoran. Jika coran sudah kering tahap selanjutnya adalah merangkai section mast yang disesuaikan ke tinggian yang diinginkan. Selanjutnya ialah memasang kabin control, counter jib crane, slewing, trolley dan lain sebagainya sampai pada finishing yang menjadikan tower crane utuh seutuhnya.

Prinsip Kerja Tower Crane dengan Mekanisme Pengangkat

Prinsip kerja tower crane ini digunakan untuk mengangkat atau menurunkan beban yang dikehendaki. Adapun prinsip kerjanya adalah dari motor penggerak menggerakkan atau memutar drum penggulung kabel baja yang bekerja menarik atau mengulur kabel baja.


Kemudian dari drum penggulung tersebut diteruskan ke sistem puli. Setelah itu kabel baja tersebut pada ujungnya dipasang kait, yang fungsinya untuk menaruh muatan yang akan dipindahkan. Apabila mau melakukan pengangkatan atau penurunan muatan maka tinggal menghidupkan motor penggerak yang akan memutar drum penggulung kabel baja tersebut.

Prinsip Kerja Tower Crane dengan Mekanisme Penjalan

Adalah prinsip kerja tower crane yang digunakan untuk memindahkan muatan sepanjang lengan crane secara horizontal. Nah cara kerja mekanisme gerak berjalan (trolley) pada tower crane adalah motor penggerak yang dihubungkan lengan drum penggulung kabel baja pada mekanisme berjalan.


Lalu kemudian mekanisme berjalan tersebut akan bekerja menarik atau mengulur kabel baja yang dihubungkan dengan sistem puli, dimana itu pada ujung kabel baja tersebut yang memang disambungkan dengan trolley. Alhasil cara kerja tersebut dapat bergerak sepanjang lengan pengangkat tersebut.

Prinsip Kerja Tower Crane dengan Mekanisme Pemutar

Prinsip untuk memindahkan beban sejauh radius lengan pengangkatannya. Ini dari motor penggerak pada mekanisme pemutar dihubungkan dengan sistem roda gigi akan menurunkan putaran yang dihasilkan motor penggerak. Dari putaran yang masih tinggi dari motor penggerak menjadi putaran yang diinginkan. Roda gigi tersebut dihubungkan dengan meja putar yang ada pada bagian sambungan antara menara atau tiang utama dengan lengan.


Sekian artikel dari kami mengenai prinsip kerja dan aplikasi tower crane di proyek konstruksi besar. Semoga jadi manfaat bagi semuanya. Untuk hoist dan crane terbaik, maka kami rekomendasikan produk Elephant Hoist and Crane, yang mana itu bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page