top of page

Prosedur Pengujian Selang Industri: Langkah demi Langkah



Setiap alat yang diperlukan dalam kebutuhan manusia untuk bekerja, merupakan peralatan yang pastinya memang sudah diuji, baik sistem keamanannya, atau fungsionalnya yang memang sudah sesuai. Nah salah satunya yang memang termasuk dalam alat yang harus melakukan prosedur pengujian adalah selang industri. Itu karena selang industri akan berkaitan langsung dengan proses yang ada di industri, yang mana itu penting dan menjadi utamanya.


Dengan melakukan proses pengujian pada selang industri, maka itu bisa memberikan hasil atau penilaian tentang selang industri yang diinginkan atau mau diandalkan. Sehingga dengan begitu maka bila ada masalah, selang industri tersebut pun akan diganti dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, agar Anda semakin memahaminya, kami di artikel ini akan jelaskan prosedur pengujian selang industri, yakni dari langkah ke langkah lainnya.


Prosedur Pengujian Selang Industri yang Dilakukan Langkah demi Langkah

Tidak perlu menggunakan mesin khusus atau para ahli, Anda masih bisa menguji sendiri selang industri Anda apakah itu baik atau tepat pada pengerjaan yang hendak akan digunakan bersamaan dengan selang industri tersebut. Prosedur pengujian selang industri tersebut, Anda bisa mengikuti langkah demi langkah ini, yakni antara lain:


  1. Memeriksa kondisi fisik selang industri. Proses ini adalah proses pertama yang perlu jadi pertimbangan Anda ketika hendak mau memilih atau membeli selang industri. Perhatikan apakah selang dalam keadaan baru atau tidak cacat kasar pada bagian luar selang. Kemudian apabila dirasa tercium bau tidak sedap, maka ada indikasi bahwa selang tersebut adalah selang bekas.

  2. Prosedur untuk menguji selang industri bisa dengan mencoba membanting selang industri yang dimaksud. Apabila terbuat dari bahan karet, maka selang industri pun akan membal sempurna. Namun jika tidak membal, atau dirasa selang industri terasa lemas, maka pengujian selang tersebut membuktikan bahwa selang industri tersebut tidak layak pakai.

  3. Mencoba mengalirkan cairan bening pada dalam diameter selang. Proses pengujian ini untuk membuktikan bahwa selang industri memang berada dalam kondisi baru atau belum digunakan. Atau bisa juga dengan cara ini, akan membuat Anda bisa dengan cepat mengetahui apakah selang industri tersebut mudah terkontaminasi atau tidak.

  4. Melakukan penekanan pada selang industri, yang mana apabila terbuat dari material tepat, maka umumnya selang industri karet akan dengan cepat kembali ke diameter semula atau sulit menjadi kempis. Begitu juga selang dengan material kuat dan padat lainnya.

  5. Melakukan pengujian selang industri pada pada suhu sekitar yang cukup ekstrim atau tinggi. Pengujian ini memang berlaku dari fasilitas pengujian, tapi Anda bisa mengujinya sendiri dengan apa adanya. Coba beberapa saat gunakan selang industri pada suhu tinggi, apabila mengalami perubahan tekstur selang, maka selang industri tersebut memang tidak tahan suhu ekstrim atau memang selang tersebut bukan selang industri.

  6. Pengujian selang industri berikutnya adalah membandingkan dengan selang industri lainnya. Jika Anda menemukan perbedaan yang sangat jauh dari produk selang industri terpercaya, maka bisa saja selang industri tersebut adalah selang industri yang salah.


Jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai prosedur pengujian selang industri yang bisa Anda lakukan langkah demi langkah. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Jika Anda ingin memiliki selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah selang Toyox. Untuk mendapatkan atau mengetahui lebih lanjut terkait produk selang Toyox, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page