top of page

Sistem Pulley Hoist: Otomatisasi Pengangkatan Beban dengan Efisiensi Maksimal



Pulley bisa disebut sebagai katrol, atau bisa juga dalam bahasa inggris adalah snatch block atau pulley block. Dia adalah sebuah roda di atas sebuah as roda atau penggerak roda yang dirancang untuk mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasangkan. Ini juga berguna untuk mentransfer kekuatan antara penggerak roda dan kabel atau juga pada sabuk.


Adapun sistem tersebut sering kita temukan pada alat lifting yang bernama hoist, yang mana sistem pulley hoist akan memberikan kemudahan serta otomatisasi pengangkatan beban yang memang cukup efisien dan maksimal. Alhasil banyak pekerjaan lifting yang bisa cepat selesai serta terstruktur dengan benar adanya. Nah peranannya yang memang dibutuhkan itu, membuat pulley hoist adalah alat andalan di berbagai industri atau pekerjaan berat lainnya.

Informasi Mengenai Sistem Pulley Hoist yang Bisa Mengangkat Beban Secara Efisien

Pulley hoist merupakan hoist dengan sistem katrol yang terdiri dari suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Hoist satu ini biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol.


Seperti sistem katrol, besarnya gaya yang ada memang dapat dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Nah adapun usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Jadi semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien hingga berdampak pada timbulnya lebih banyak gesekan antara tali dan roda pada pulley hoist tersebut.

Kegunaan Pulley Hoist yang Dapat Mengangkat Beban dengan Efisiensi Maksimal

Dengan sistem yang ada, maka kegunaan pulley hoist dapat berguna untuk mengangkat benda-benda yang lebih berat dari kemampuan. Prinsip kerjanya serupa dengan katrol, yakni mengubah arah gaya sehingga kerja yang dilakukan menjadi lebih mudah. Berdasarkan jumlah katrol yang digunakan, hoist tersebut dapat dibedakan menjadi sistem dengan katrol tunggal, sistem katrol ganda, dan sistem katrol banyak (takal).


Selain itu, sistem yang ada juga dapat dibedakan berdasarkan geraknya, yaitu sistem hoist dengan katrol tetap dan katrol bebas. Pada hoist sistem katrol tetap, katrol tidak dapat bergerak naik-turun, tetapi hanya berputar pada porosnya. Sedangkan pada hoist pulley sistem katrol bebas, selain berputar pada porosnya katrol yang ada pun dapat memungkinkan untuk bergerak secara naik dan turun.

Perawatan Sistem Pulley Hoist agar Semakin Efisien dalam Mengangkat Beban

Perawatan atau pemeriksaan dan pemeliharaan katrol pada sistem pulley hoist dapat diperkuat dari beberapa aspek yang memang berguna untuk mencegah kecelakaan. Adapun itu Anda bisa melakukan perawatan agar pulley hoist dapat semakin efisien dalam mengangkat beban secara maksimal.


Perawatan tersebut adalah memeriksa apakah ada celah di katrol. Itu juga bisa diamati melalui kaca pembesar. Jika ditemukan retakan, maka itu harus segera dibuang. Ini penting karena sangat dilarang untuk terus menggunakan retak pengelasan. Lalu Anda bisa periksa apakah ada gesekan yang parah antara alur katrol dan tali kawat, begitu juga tidak ada tali kawat grooving.


Tidak sampai disitu, Anda bisa juga periksa tingkat keausan katrol. Apabila ada melebihi rentang keausan yang diizinkan oleh desain, maka itu harus segera dibuang. Anda bisa ganti pulley baru untuk memastikan operasi yang aman. Selanjutnya periksa apakah poros pulley terhubung dengan benar, apakah rotasi pulley fleksibel, dan apakah ada noise abnormal. Ini harus diperbaiki sebulan sekali dan pulley harus dilumasi untuk memastikan kondisi kerja yang baik.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai sistem pulley hoist yang memang bisa mengangkat beban secara efisien dan maksimal. Kiranya bermanfaat untuk Anda semua. Nah Anda yang ingin memiliki atau mengganti hoist dan crane lama Anda ke yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page