top of page

Inilah Rahasia di Balik Presisi Kunci Dinamometrik yang Jarang Diketahui Orang



Kunci dinamometrik merupakan salah satu alat bantu pada kendaraan yang memang dapat berfungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Kunci satu ini memang begitu banyak digunakan, mengingat setiap baut atau mur yang ada di kendaraan itu memiliki nilai torsi yang berbeda-beda. Hal ini berarti tidak semua mur atau baut yang dipasang dengan begitu kencang dapat berdampak baik.


Kunci dinamometrik sendiri memiliki kekuatan presisi yang memang sama dengan kunci torsi atau momen, sehingga dengan begitu peranannya juga memang dibutuhkan di banyak pekerjaan, terutama otomotif. Tentu Anda mungkin pernah penasaran akan kekuatan kunci dinamometrik yang memang presisi, sehingga penggunaannya menjadi lebih akurat. Nah Anda yang penasaran akan hal tersebut, bisa mengetahuinya dengan menyimak di bawah ini!

Inilah Rahasia di Balik Presisi Kunci Dinamometrik yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kunci dinamometrik adalah kunci yang dapat digunakan untuk mengontrol pengencangan dengan torsi tertentu ke pengikat seperti baut atau mur. Kunci seperti torsi ini biasa ada dalam dunia otomotif, yang mana itu biasa digunakan oleh mekanik untuk melakukan penggantian beberapa komponen tertentu. Sementara untuk dunia industri, kunci ini akan digunakan dalam proses perawatan dan perbaikan (maintenance).


Pada setiap jenis komponen seperti pada kendaraan akan memiliki spesifikasi torsi yang berbeda-beda, yang mana itu ditetapkan oleh pabrikan dan harus diperhatikan saat melakukan bongkar pasang. Untuk saat ini banyak sekali kunci dinamometrik dengan berbagai merek yang memang memiliki tingkat presisi tinggi dan built material yang baik. Hal ini berguna untuk menghindari adanya kecelakaan kerja.


Nah seiring berjalannya waktu pun, kebutuhan akan kunci dengan sistem dinamoterik pun akan begitu beragam sehingga dengan begitu maka produsen yang berkaitan seperti spare part otomotif akan menghadirkan berbagai jenis kunci serupa adanya. Ciri yang memang menandakan kunci satu ini ada pada penyetelan yang dapat disesuaikan dengan kekencangan yang dibutuhkan. Ukuran kekencangan pada kunci tersebut pun nantinya akan ditunjukkan dalam bentuk angka.


Lalu rahasia apa yang membuat kunci dinamometrik itu sangat presisi? Rahasianya ada pada komponen quick release button, yakni komponen yang memang dapat mengunci jepitan komponen sehingga kuat serta presisi adanya. Karena presisi, pengerjaan putaran pun akan semakin efisien serta terarah dengan benar. Namun presisi satu ini juga didukung dari adanya two-way dial button yang ada di bawah quick release button tersebut.


Pada bagian two-way dial button, itu bisa membantu membuat putaran kunci dinamometrik dapat diputar ke arah lain tapi tidak mengubah kepresisian kunci tersebut. Jadi penggunaannya tidak perlu memakan tempat karena kunci hanya perlu diputar ke arah yang diinginkan, lalu bisa memutar ke arah lawan untuk menciptakan traksi putaran yang selanjutnya akan dilanjutkan ke arah yang sama.


Jadi itulah rahasia mengapa kunci dinamometrik cukup presisi untuk digunakan. Yakni karena adanya torsi dan penguncian dari adanya komponen two-way dial button dan quick release button. Nah dengan presisi tersebut, maka tidak heran kunci satu ini memang fleksibel digunakan di banyak sektor pekerjaan yang ada. Bahkan bisa juga diandalkan untuk kebutuhan rumah atau kebutuhan sepele lainnya.


Nah jadi itulah artikel dari kami mengenai rahasia di balik presisi kunci dinamometrik yang memang jarang diketahui banyak orang. Sekian artikel ini, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Untuk perkakas yang memang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas dari Tenka. Mengenai perkakas dari Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page