Simak Berapa Ukuran yang Diperlukan Untuk Ruangan Penyimpanan Genset



Genset menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai alternatif untuk mendapatkan pasokan listrik, dimana biasanya sering digunakan pada industri dan juga pada rumah-rumah. Tentunya Genset harus diletakan pada tempat khusus, yaitu dengan ukuran luas, lebar dan tinggi yang sesuai dengan Genset-nya. Karena jika tidak begitu, maka sirkulasi Genset saat dioperasikan bisa menimbulkan kerusakan dan masalah-masalah baru.


Masih banyak pemilik Genset saat ini yang tidak menempatkan Genset pada ruangan dengan ukuran yang tepat, sehingga banyak juga kerusakan pada Genset ketika dioperasikan. Oleh karena itu, kami akan bantu anda untuk memberikan ukuran ruangan yang tepat bagi Genset anda, dimana anda bisa menyimak artikel ini selengkapnya!

Ukuran yang Biasa Diperlukan Untuk Ruangan Penyimpanan Genset

Ruang penyimpanan pada Genset harus anda sesuaikan dengan Genset, dan biasanya ukuran yang dibutuhkan untuk ruang Genset atau rumah Genset dan area sekitarnya harus disesuaikan dan diberi jarak. Nah untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasannya di bawah ini!

Inilah Ukuran Ruang Genset yang Diperlukan

  • Daya Genset 20-60 kVA: L(m) 5.0; B(m) 4.0; H(m) 3.0; B(m) 1.5; h(m) 2.0.

  • Daya Genset 100-200 kVA: L(m) 6.0; B(m) 4.5; H(m) 3.5; B(m) 1.5; h(m) 2.0.

  • Daya Genset 250-550 kVA: L(m) 7.0; B(m) 5.0; H(m) 4.0; B(m) 2.2; h(m) 2.0.

  • Daya Genset 650-1500 kVA: L(m) 10; B(m) 5.0; H(m) 4.0; B(m) 2.2; h(m) 2.0.

Jadi itulah beberapa ukuran rekomendasi untuk ruang Genset yang anda perlukan, dimana pastikan Genset-nya harus disesuaikan dengan ruangan, karena tidak semua Genset berukuran sama satu sama lain.

Tips Menaruh Genset di Tempat yang Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui

Perlu kalian ketahui, ukuran ruang yang Genset perlukan hanyalah bagian awal dari penempatan Genset yang benar, karena kenyataannya ada lagi yang perlu kalian lakukan. Yaitu penempatan Genset pada lokasi yang tepat dan sesuai dengan Genset itu sendiri. Nah tips menaruh Genset di tempat terbaik, bisa kalian ikuti rekomendasi kami di bawah ini!

Inilah Tips Menaruh Genset di Tempat yang Terbaik

  • Tempat Genset yang baik bukan hanya ukuran ruangan yang cocok, melainkan adanya ventilasi udara yang tepat. Karena seperti yang anda tahu, Genset saat beroperasi akan mengeluarkan zat-zat pembuangan yang tidak baik. Selain itu Genset biasanya akan cepat panas, dan ketika tidak ada ventilasi yang mana bisa reduce hawa panas secara alami, maka Genset bisa terkena overheat.

  • Genset jika ditaruh pada luar ruangan sebenarnya tidak masalah, tetapi pastikan kalian tidak menaruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena jika demikian, maka Genset akan cepat panas, apalagi terkena hujan maka pasti akan cepat korosi atau karat.

  • Jika bukan Genset Silent, maka jangan taruh Genset di tempat yang ramai penduduk, karena Genset memiliki suara bising yang bisa mengganggu pendengaran anda dan juga orang lain.

  • Jangan taruh Genset bersebelahan dengan panel listrik, karena bisa berpotensi terjadinya cipratan listrik sehingga akan bisa menimbulkan kebakaran, apalagi suhu Genset yang panas.

  • Apabila Genset di taruh dalam ruang bawah tanah, maka gunakan juga ventilasi udara agar Genset tidak panas dan mendapat pasokan oksigen.

  • Jangan dekatkan Genset pada elektronik atau benda lain yang mudah terbakar, jika itu dibiarkan maka panas dari Genset ataupun saat pengoperasian terjadi cipratan listrik, maka akan terjadi kebakaran.

Jadi begitulah ukuran ruang untuk penyimpanan Genset, begitu juga dengan penempatan Genset yang benar dan tepat. Jika anda berniat mengganti Genset atau memiliki Genset terbaik, maka kami rekomendasikan Genset terbaik merk Tenka. Untuk Genset Tenka sendiri, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.