Inilah yang Dimaksud Sambungan Flensa yang Diperuntukan Untuk Selang Industri



Selang adalah salah satu jenis sambungan yang memang tentunya bisa berguna bagi pompa, karena pompa tanpa selang atau sambungan lain maka pompa tidak akan bisa berguna secara maksimal. Oleh karena itu, baik pompa atau mesin yang berguna untuk mengalirkan fluida atau udara, maka jelas dibutuhkan sambungan, seperti salah satunya adalah selang.


Selang juga bukan semata-mata alat sambungan yang begitu saja disambungkan pada pompa atau mesin lainnya, karena dibutuhkan beberapa komponen yang dapat menguatkan sambungan selang pada suatu mesin yang digunakan. Nah salah satu komponen tersebut adalah topik utama artikel ini, yaitu sambungan bernama flensa. Mengenai apa itu sambungan flensa dan sebagainya, semuanya bisa anda ketahui di artikel ini!


Apa Itu Sambungan Flensa?

Flensa dalam bahasa icelandic berarti adalah flu, tetapi itu bukan pengertian sebenarnya di Indonesia begitu juga dengan pengertian pada dunia teknik. Flensa dalam dunia perkeretaapian adalah fitur pelindung yang terdapat pada roda berbentuk tonjolan di bagian dalam, yang dimana itu untuk menghindari keluarnya roda dari jalurnya, baik jalur lurus maupun jalur persimpangan. Tetapi dalam pengertian selang, flensa itu adalah sambungan atau alat penguat yang memang dibuat untuk menghubungkan pipa, tabung, dan bahkan selang ke suatu sistem.


Fungsi Serta Kegunaan Sambungan Flensa Pada Selang Industri

Flensa sebenarnya adalah alat penguat yang dibuat untuk menghubungkan pipa, tabung, dan selang ke suatu sistem, sehingga dengan begitu maka bisa disimpulkan bahwa sambungan flensa dapat memudahkan pembersihan, perawatan, dan penggantian bagian sistem yang rusak. Perlu anda ketahui, terdapat dua metode pengencangan sambungan flensa, yaitu yang pertama adalah pengelasan, lalu yang kedua dengan cara kerja menggunakan sekrup.


Nah beberapa jenis flensa tersebut, pada dasarnya sudah diproduksi dengan standar yang berbeda-beda, yaitu standar yang banyak digunakan untuk tekanan tinggi seperti standar SAE J518. Lalu ada juga flensa yang dapat digunakan untuk saling menggantikan, tetapi dengan desain yang berbeda serta memiliki standar penggunaan tersendirinya sendiri.


Tipe Koneksi Flensa Pada Selang Industrial

Untuk semakin memperjelas anda dalam mengetahui flensa yang diperuntukan untuk selang industri, maka anda perlu mengetahui beberapa tipe koneksi flensa yang ada di bawah ini.


  • Flensa las, yang mana flensa itu akan dilas pada pipa dan juga bisa pada ujung selang, hal itu agar sesuai dengan satu penetrasi penuh. Selain itu, flensa dilas banyak digunakan pada proyek industri yang menggunakan selang industrial. Tentunya flensa yang dilas terdiri dari beberapa jenis dengan beberapa kegunaannya pada selang industri, seperti Weld Neck Flens yang digunakan untuk memberikan tingkat integritas. Lalu ada juga Slip-on, Socket-weld, Lap-joint, dengan beberapa kegunaannya sendiri.

  • Selanjutnya ada juga flensa berulir, yaitu flensa yang dapat digunakan untuk keadaan khusus dengan keuntungan utama dapat dilekatkan pada pipa tanpa pengelasan. Flensa yang sudah terpotong paling sering digunakan pada aplikasi bertekanan rendah dan juga bisa pada selang yang lebih kecil.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai sambungan flensa yang diperuntukan untuk selang industri. Semoga jadi manfaat untuk anda, dan juga bisa di share kepada yang lainnya yang memang membutuhkan. Jika anda tertarik dengan selang yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi terbaik kami untuk anda adalah selang Toyox. Mengenai selang Toyox, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.