Mengenal Beragam Sebutan Untuk Obeng Berbentuk Pipih yang Punya Banyak Nama



Perkakas adalah suatu benda yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari, contohnya seperti alat bernama palu, tang, gergaji, cangkul, hingga ada obeng. Nah untuk obeng sendiri adalah suatu perkakas yang tentunya sangat umum ditemukan di beberapa sektor, seperti ada di bengkel, tempat servis elektronik, alat-alat rumah tangga, industri, hingga pabrik dan sebagainya.


Obeng tentunya tidak hanya terdiri dari 1 model saja, melainkan terdiri dari beberapa jenis obeng, dimana 2 yang paling sering ada yaitu obeng plus dan juga obeng pipih. Apa itu obeng pipih? Tentunya itu adalah salah satu jenis obeng yang terkenal dan paling banyak ada di berbagai tempat, selain itu obeng pipih juga memiliki banyak julukan nama seperti layaknya obeng plus, yang mana banyak namanya bisa anda semua ketahui di artikel ini!


Mengenal Beragam Sebutan Obeng Bentuk Pipih yang Perlu Anda Ketahui


Obeng pipih merupakan salah satu jenis obeng, yang mana itu paling banyak diketahui banyak orang serta banyak juga ada pada beberapa tempat atau sektor. Hal itu karena memang bentuknya yang tipis layaknya pipih, dimana itu bisa digunakan untuk mengencangkan, mengendurkan, melepas, hingga memasang baut, mur, dan juga sekrup yang sesuai. Namun obeng pipih tidak hanya dikenal sebagai pipih saja, melainkan ada juga sebutan nama lain yang bisa anda ketahui di bawah ini.


Obeng Minus

Obeng pipih dan obeng plus adalah 2 obeng yang cukup umum ditemukan saat ini. Jika obeng plus berbentuk plus atau tambah, maka pasti obeng pipih memiliki bentuk yang tidak jauh dari plus. Obeng pipih tentunya bisa dipanggil sebagai obeng minus, itu karena memang mata obeng pipih sangat menyerupai minus, tanda strip atau kurang. Menariknya lagi selain obeng pipih, nama obeng minus cenderung banyak diucapkan untuk obeng pipih daripada nama lain atau nama pipih sendiri, hal itu karena memang mata obeng pipih lebih condong ke bentuk minus.


Obeng Flathead

Flat head jika diartikan ke bahasa Indonesia, adalah kepala datar. Jadi dengan demikian jelas obeng flathead adalah obeng pipih. Nah obeng flathead adalah obeng yang dikenal juga di luar Indonesia, dimana itu adalah jenis obeng tertua diantara yang lain karena memang ia terbuat dari abad ke-15. Tentunya ini adalah obeng yang paling terkenal, karena obeng ini bisa digerakkan secara manual atau digerakkan dengan daya.


Obeng flathead sendiri juga dikenal dengan dua jenis, yang mana itu ada keystone dan juga kabinet. Untuk keystone ia memiliki ujung poros agak lebih luas dibandingkan dengan jenis kabinet, yang mana itu bisa membuatnya lebih berguna. Sedangkan untuk obeng kabinet, ia merupakan obeng pipih yang lebih banyak digunakan untuk membuat suatu perhiasan dan lainnya sebagainya yang sejenis.


Obeng Min

Obeng min kurang lebih sama dengan nama obeng minus, tetapi perbedaannya hanya penyebutannya saja. Min dalam obeng berarti minus, jadi dengan demikian min itu adalah singkatan dari kata minus. Nah maka dari itu, obeng pipih cenderung dipanggil dengan obeng minus, tetapi banyak yang memanggilnya dengan kalimat singkat, seperti obeng min.


Obeng Negatif

Karena mata obeng pipih menyerupai strip minus, maka jelas bentuk tersebut cukup mirip dengan tanda negatif. Jadi dengan begitu, maka obeng pipih bisa juga disebut sebagai obeng negatif, bukan karena sifatnya melainkan dari bentuk mata obeng tersebut.


Jadi itulah beberapa nama atau sebutan lain dari obeng pipih. Namun tentunya selain daripada itu, masih banyak sebutan untuk obeng pipih. Contohnya seperti obeng garis, obeng strip, obeng tajam, dan lain sebagainya yang serupa dengan mata obeng pipih tersebut. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya. Jika anda berniat ingin memiliki obeng pipih atau obeng lainnya, maka rekomendasi kami adalah produk perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com