Selang Air Berlumut? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya


Selang Air Berlumut, Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Kehadiran selang sangat membantu aktivitas, terutama ketika hendak melakukan pembersihan yang menggunakan air. Alat ini sangat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Karena alat tersebut bisa mengalirkan air dari suatu sumber ketempat yang diinginkan.


Tentu ini merupakan kemudahan, untuk memindahkannya tidak perlu lagi mengangkutnya berat-berat. Maka dari itu banyak digunakan, hampir seluruh rumah memiliki alat satu ini. Namun jika terlalu lama digunakan ia akan menjadi berlumut.


Selang berlumut tentu tidak direkomendasikan untuk digunakan, karena bisa menyebabkan air menjadi kotor. Sedangkan air banyak digunakan untuk aktivitas memasak. Maka penting melakukan pembersihan.


Cara Membersihkan Selang Air Berlumut


Sebenarnya kedatangan lumut merupakan hal yang wajar, karena terus menerus mengaliri air. Sehingga bagian didalamnya menjadi lembab dan terciptalah lumut didalamnya. Meskipun sebuah kewajaran, tapi bukan hal wajar jika dibiarkan begitu saja.


Karena efeknya seperti yang telah dijelaskan tadi. Maka dari melakukan pembersihan wajib dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dipilih sebagai upaya untuk membersihkan selang dari lumut dan kotoran. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan.


Jemur Dibawah Sinar Matahari


Cara pertama ini paling mudah dilakukan. Yakni cukup menjemurnya dibawah sinar matahari. Penjemuran ini dilakukan agar permukaan lembab didalamnya menjadi kering.


Mula-mula jemur selang selama 3-4 hari, setelah dipastikan lumut didalamnya kering. Kemudian injak-injak sampai lumut terlepas, lakukan langkah tersebut berulang sampai benar-benar terlepas semua lumut didalamnya.


Buat Aliran Air Yang Deras


Car lain yakni dengan membuat aliran air sangat deras. Dengan aliran yang deras tersebut bisa membuat lumut yang menempel menjadi terbawa arus dan keluar.


Cara ini dilakukan jika memiliki banyak air dan memiliki penampungan air tentunya. Karena jika tidak bisa membuat hunian tempat tinggal menjadi banjir akibat aliran air yang deras tadi.


Tambahkan Batu Kerikil


Cara lain untuk membersihkan lumut yang menempel, yakni dengan menambahkan batu kerikil didalamnya. Batu kerikil ini digunakan untuk membantu lumut menjadi keluar.


Cara penggunaannya dengan memasukkan batu kerikil secukupnya ke dalam selang. Jika sudah masuk kemudian alirkan air, maka batu kerikil bisa mendorong lumut keluar bersamanya.


Cara ini bisa dijadikan pilihan untuk membersihkan lumut, namun pastikan batu kerikil tidak mudah larut dalam air. Karena jika mudah larut tidak akan bisa membantu pembersihan lumut.


Gunakan Potongan Sponge


Jika tidak bisa menggunakan cara-cara sebelumnya, cara ini bisa dijadikan pilihan. Yakni menggunakan sponge yang dipotong dengan ukuran kecil-kecil.


Apabila sponge telah dipotong ke dalam ukuran kecil, kemudian masukkan ke dalam selang. Agar lebih bersih, bisa menambahkan sabun didalamnya. Ketika semuanya sudah siap alirkan air.


Dengan begitu maka tidak hanya lumut yang hilang, namun juga menjadi lebih bersih dan higenis. Namun jangan lupa untuk mengalirkan air dalam jumlah banyak, agar sabun tidak tertinggal didalamnya.


Pakai Rating Pohon Atau Batang Bambu


Cara terakhir yakni dengan memasukkan rating pohon atau batang bambu. Cara ini paling umum digunakan para ibu untuk membersihkan lumut yang menempel.

Lapisi ranting pohon atau batang bambu dengan kain yang diikat, kemudian masukkan dan dorong. Pastikan seluruh bagian terkena lalu alirkan air, dengan begitu lumut akan menghilang.


Berbagai cara tadi bisa dilakukan apabila ingin membersihkan lumut agar kualitas air tetap terjaga dengan baik. Akan lebih baik lagi jika dari awal telah memilih selang yang berkualitas, karena sudah pasti terjamin sehingga dalam membersihkan lumut akan jadi lebih mudah.